Ini Kandang Terbaik untuk Marmut Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 Juni 2021
Ini Kandang Terbaik untuk Marmut PeliharaanIni Kandang Terbaik untuk Marmut Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Marmut atau guinea pig adalah salah satu jenis hewan pengerat yang umum dijadikan hewan peliharaan. Tidak seperti tikus, marmut memiliki bentuk yang lebih lucu dan lebih bersih, sehingga banyak orang suka memelihara hewan yang satu ini.

Namun, ketika kamu memutuskan untuk memelihara marmut, kamu perlu mencarikan kandang marmut yang terbaik . Menempatkan marmut di dalam kandang yang baik memungkinkan marmut untuk berkembang lebih baik dan hidup bebas dari stres. Yuk, ketahui kriteria kandang terbaik untuk marmut peliharaan di sini.

Baca juga: Ini Cara Efektif Merawat Kandang Marmut agar Tetap Bersih

Kandang Harus Berukuran Besar

Ketika kamu mencari kandang yang terbaik untuk marmut, salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran kandang. Pasalnya, bila kandang tidak cukup besar, kesehatan marmut bisa terganggu.

Dibandingkan dengan hewan pengerat lain yang juga umum dipelihara, marmut terbilang berukuran sangat besar. Coba bandingkan saja dengan gerbil. Hewan-hewan kecil ini memiliki panjang 20 sentimeter dan berat hanya 2 ons.

Sedangkan marmut memiliki ukuran yang bisa dua kali lebih panjang dari gerbil, yaitu 20 sentimeter, belum termasuk ekor. Itu belum seberapa. Seekor marmut dewasa bisa memiliki berat 1 kilogram, di mana berat tersebut 15 kali lebih berat dari gerbil dewasa.

Jadi, tidak mungkin untuk memasukkan marmut dewasa yang besar ke dalam kandang gerbil yang relatif kecil. Sayangnya, sebagian besar kandang yang dijual untuk marmut berukuran hampir sama dengan kandang gerbil yang kecil.

Lantas, kandang berukuran berapa yang paling baik untuk marmut?

Seekor marmut membutuhkan ruang minimal 7,5 kaki persegi untuk hidup. Artinya, kamu perlu mencari kandang yang panjangnya sekitar 91,4 sentimeter dan lebar setidaknya 76,2 sentimeter. 

Namun, marmut adalah hewan sosial. Jadi, kamu disarankan untuk memelihara dua atau lebih marmut secara bersamaan. Nah, memiliki tiga marmut berarti kamu perlu mencari kandang yang lebih besar lagi, kira-kira seluas 13 kaki persegi atau lebih. Semakin banyak jumlah marmut, ukuran kandangnya harus semakin besar.

Manfaat Memilih Kandang Besar

Menyediakan ruang yang cukup luas untuk marmut bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan hewan kesayangan kamu tersebut. Salah satunya adalah kandang yang lebih besar memungkinkan marmut kamu untuk berolahraga.

Dengan begitu, risiko marmut mengalami masalah kesehatan, seperti diabetes, bumble foot, atau penyakit jantung akan berkurang. Kamu juga tidak perlu meluangkan waktu untuk melatih marmut, karena marmut bisa berolahraga dengan sendirinya di dalam kandang yang besar.

Tidak hanya memberi manfaat kesehatan untuk marmut, kandang yang besar juga lebih mudah dibersihkan. Kotoran tidak akan menumpuk, sehingga kamu akan lebih mudah membersihkannya. Selain itu, marmut biasanya akan buang air di satu area saja, sehingga kamu bisa membersihkan hanya area yang kotor saja.

Manfaat lainnya menempatkan marmut dalam kandang besar adalah kepribadian marmut akan lebih kelihatan. Mereka akan memiliki lebih banyak ruang untuk mengekspresikan perilaku alami mereka.

Baca juga: Khusus Pemula, Ini Tips Merawat Hamster

Jenis Kandang Terbaik untuk Marmut

Nah, setelah mengetahui ukuran kandang yang tepat untuk marmut, sekarang saatnya untuk mempersempit pilihan dan memilih satu kandang terbaik untuk dibeli. Pastikan ukuran kandang pas dengan marmut dan ruang yang kamu ukur. Kemudian, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal lain, seperti harga, bahan pembuat kandang, dan review dari orang lain yang sudah membeli kandang tersebut.

Kandang yang terbuat dari kotak penyimpanan kubus dan Coroplast, sejenis plastik bergelombang adalah standar kandang terbaik untuk marmut. Kandang tersebut memberikan marmut banyak ruang untuk berkeliaran. Alaskan dengan kain kempa daripada menggunakan tempat tidur, untuk permukaan yang lebih lembut dan pembersihan yang lebih mudah. Kamu juga memerlukan penutup kandang bila memiliki hewan peliharaan lain seperti kucing

Selain menggunakan kotak penyimpanan kubus dan coroplast, kamu juga bisa berkreasi dan membuat kandang sendiri dengan menggunakan bahan lain. Misalnya, kolam renang anak yang sudah tidak dipakai bisa menjadi tempat bermain tempat bermain yang baik untuk marmut selama sisi-sisinya cukup tinggi, sehingga mereka tidak bisa melompat keluar.

Baca juga: Inilah Jenis Hamster yang Umum untuk Dipelihara

Itulah penjelasan mengenai kriteria kandang terbaik untuk marmut peliharaan. Bila hewan peliharaan kamu sakit, kamu bisa membeli obat yang diresepkan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal order obat yang kamu butuhkan lewat aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Pet Keen. Diakses pada 2021. How to Choose the Right Cage Size for Guinea Pigs.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 4 Types of Guinea Pig Cages.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan