Ini Jadwal dan 15 Daftar Imunisasi yang Wajib bagi Anak

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 September 2023

“Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan berbagai jenis imunisasi dasar untuk anak. Beberapa di antaranya adalah Imunisasi Hepatitis B, polio, rotavirus, influenza, HPV, dan dengue.”

Ini Jadwal dan 15 Daftar Imunisasi  yang Wajib bagi AnakIni Jadwal dan 15 Daftar Imunisasi  yang Wajib bagi Anak

Halodoc, Jakarta – Vaksinasi ataupun imunisasi anak tidak hanya melindungi anak dari penyakit mematikan, seperti polio, tetanus, dan difteri. Namun, juga menjaga penularan penyakit yang biasa menyebar dari satu anak ke anak lainnya.

Beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah dengan pemberian imunisasi pada anak adalah tuberkulosis, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, rubella, dan masih banyak lagi. Apa saja daftar imunisasi yang wajib bagi anak? Baca penjelasannya di sini!

Daftar dan Jadwal Imunisasi untuk Anak

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, imunisasi dasar lengkap untuk anak perlu dilakukan sesuai usianya. Berikut ini jadwal imunisasi anak yang perlu diketahui orang tua:

1. Imunisasi Hepatitis B 

Diberikan sebanyak 5 kali. Dimulai dari bayi yang usianya kurang dari 24 jam, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 18 bulan. Suntikan Hepatitis B biasanya menciptakan kekebalan jangka panjang. 

Vaksin ini dapat melindungi hepatitis B setelah masa kanak-kanak, hingga masa dewasanya. 

2. Vaksin Polio

Imunisasi polio diberikan sebanyak 5 kali. Ketika bayi berusia 0 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan  dan 18 bulan. Pemberian vaksin polio dapat menghasilkan antibodi dalam darah. Imunisasi anak ini dapat melindunginya dari kelumpuhan polio dengan mencegah penyebaran virus polio ke sistem saraf.

3. Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin)

Diberikan sekali, ketika anak baru lahir. Vaksin BCG membantu bayi mengembangkan perlindungan (kekebalan) terhadap penyakit tersebut tuberkulosis (TB). Vaksinasi BCG sangat efektif dalam melindungi bayi, dan anak kecil terhadap bentuk TBC parah yang jarang terjadi. Contohnya seperti meningitis TBC (pembengkakan selaput otak).

Baca lebih lanjut mengenai aturan pemberian vaksin ini di artikel Usia Berapa Bayi Sebaiknya Diberikan Imunisasi BCG?

4. Vaksin DTP (Difteri – Tetanus – Pertusis)

Diberikan sebanyak 6 kali di beberapa rentang usia. Dosis pertama kedua dan ketiga diberikan ketika anak menginjak usia dua, tiga, dan empat bulan. Sedang dosis selanjut di usia 18 bulan, rentang 5 – 7 tahun, dan 10 – 18 tahun. 

5. Imunisasi Hib

Merupakan imunisasi anak yang diberikan untuk mencegah infeksi Haemophilus influenzae tipe b. Imunisasi ini diberikan sebanyak empat kali, di usia 2, 3, 4, dan 18 bulan. 

6. Vaksin PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine)

Diberikan ketika anak menginjak usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan rentang 12 – 15 bulan. Imunisasi anak ini bekerja mencegah infeksi bakteri pneumokokus penyebab pneumonia dan meningitis. Pemberian vaksin ini akan merangsang kerja imun tubuh melawan bakteri pneumokokus.

7. Vaksin Rotavirus

Dosis imunisasi ini sebanyak tiga kali. Diberikan ketika anak berusia 2, 4 dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini dapat mencegah anak dari penyakit pencernaan. Beberapa gejala dari infeksi rotavirus adalah diare akut, muntah, sakit perut, dan demam.

8. Imunisasi Influenza

Mulai diberikan sejak anak usia 6 bulan yang diulang setiap tahun 18 tahun, untuk mencegah infeksi flu dan komplikasinya. Vaksin flu secara signifikan mengurangi risiko komplikasi akibat flu. 

9. Vaksin MR/MMR (Measles, Rubella)/ (Mumps, Measles, Rubella)

Urutannya adalah di usia 9 bulan anak mendapatkan imunisasi MR pertamanya. Kemudian di rentang 15 – 18 bulan mendapatkan dosis kedua MR/MMR, baru dosis ketiga di rentang 5 – 7 tahun. 

10. Imunisasi JE (Japanese Encephalitis)

Imunisasi anak ini diberikan sebanyak dua kali, di usia 9 bulan dan 24 bulan. JE adalah penyakit yang menyebabkan radang otak yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk. Gejalanya mirip flu biasa, namun lebih spesifik bisa menyebabkan kejang, leher kaku, tremor, dan ketidakmampuan berbicara.

11. Vaksin Varisela

Diberikan langsung sebanyak dua dosis di rentang usia 12 – 18 bulan. Tujuan utama dari pemberian vaksin ini adalah untuk mencegah cacar air. Cacar air pada anak bisa menyebabkan demam, sakit kepala, dan bercak kemerahan.

12. Imunisasi Hepatitis A

Imunisasi anak ini diberikan sebanyak dua dosis di rentang usia 12 – 24 bulan. Tujuannya untuk mencegah peradangan pada organ hati. Bila anak tidak diberi vaksin ini dan ternyata di kemudian hari terinfeksi, bukan tak mungkin bisa mengakibatkan komplikasi serius.

13. Vaksin Tifoid

Diberikan pertama kali di usia anak 24 bulan baru kemudian di usia 5 tahun diulang per tiga tahun pemberian satu dosisnya. Imunisasi ini diberikan untuk mencegah demam tifoid pada anak. 

14. Imunisasi HPV (Human papillomavirus)

Diberikan pada anak remaja perempuan dan laki-laki. Dengan dua dosis di usia 9 – 14 tahun. Dan pemberian tiga dosis di usia 15 – 18 tahun. Imunisasi anak ini dapat mencegah kutil kelamin, kanker vagina, dan kanker serviks.

15. Imunisasi Dengue

Vaksin ini terdiri dari dua jenis, CYD (Chimeric, Yellow Fever Dengue) dan TAK-003 (backbone-DEN2). CYD diberikan di usia 9-16 tahun sebanyak tiga dosis dengan interval 6 bulan. Sedangkan TAK-003 di usia 6-45 tahun sebanyak dua dosis dengan jarak interval 3 bulan.

Tujuan dan Manfaat Imunisasi anak

Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Salah satunya adalah memberikan imunisasi dasar anak. Lantas, apa saja tujuan dan manfaatnya? 

1. Melindungi anak dari infeksi penyakit tertentu

Anak dapat terlindungi dari lebih banyak penyakit dibandingkan sebelumnya. Contohnya, polio pernah menjadi penyakit yang paling ditakuti di dunia dan menyebabkan kematian dan kelumpuhan di seluruh negeri. Namun saat ini, berkat vaksinasi, jumlah polio pada anak sudah sangat kecil. 

2.  Mencegah penularan penyakit

Ada bayi yang mungkin tidak dapat menerima vaksinasi tertentu karena alergi parah atau kondisi kesehatan lainnya.Untuk membantu menjaga mereka tetap aman, penting bagi orang tua dan anak-anak yang dapat menerima vaksinasi, untuk mendapatkan imunisasi lengkap. 

Selengkapnya mengenai jadwal imunisasi dasar anak bisa dibaca di artikel Ini Jadwal Imunisasi Anak yang Perlu Diketahui.

Kini, ibu dan ayah juga bisa langsung melakukan berbagai vaksinasi anak dari rumah menggunakan layanan Homelab dari Halodoc. Klik gambar di bawah ini untuk melakukan pemesanan vaksin dari aplikasi.

vaksin anak homelab halodoc

Referensi:

Halodoc. Diakses pada 2023. Manfaat Vaksin Rotavirus untuk Anak.
Halodoc. Diakses pada 2023. Vaksin DTP-Hib.
WebMD. Diakses pada 2023. Polio Vaccine (IPV).
Halodoc. Diakses pada 2023. Waspada Japanese Encephalitis (Radang Otak) pada Anak.
Halodoc. Diakses pada 2023. Vaksin Varicella / Cacar.
Halodoc. Diakses pada 2023. Inilah Waktu yang Tepat untuk Memberikan Vaksinasi Tifoid.
Halodoc. Diakses pada 2023. HPV.Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2023. Jadwal Imunisasi Anak Umur 0-18 Tahun.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan