Ini Fungsi Birthing Ball untuk Persiapan Melahirkan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Juni 2021
Ini Fungsi Birthing Ball untuk Persiapan MelahirkanIni Fungsi Birthing Ball untuk Persiapan Melahirkan

Penggunaan birthing ball bisa memberi manfaat bagi ibu hamil, salah satunya sebagai persiapan melahirkan. Dengan rutin menggunakan alat bantu ini, tubuh disebut akan lebih rileks saat menjelang persalinan. Lantas, bagaimana cara menggunakan bola yang satu ini?

Halodoc, Jakarta – Melahirkan atau persalinan menjadi momen paling menegangkan bagi calon ibu. Maka dari itu, penting untuk membuat proses persalinan menjadi lebih nyaman. Sebenarnya, persiapan untuk proses melahirkan yang nyaman bisa dimulai sejak masa kehamilan. Bahkan jika dilakukan dengan benar, ibu juga bisa tetap merasa nyaman setelah menjalani proses persalinan. 

Ada banyak cara dan persiapan melahirkan yang bisa dilakukan. Salah satu yang bisa dicoba adalah penggunaan birthing ball. apa itu? Cari tahu lebih lanjut seputar birthing ball dan apa saja manfaatnya untuk persiapan persalinan di artikel berikut ini! 

Mempersiapkan Proses Melahirkan yang Nyaman 

Birthing ball bisa dimasukkan ke dalam daftar persiapan proses persalinan yang nyaman. Sebab, alat bantu yang satu ini memang bisa diandalkan bahkan sejak masa kehamilan, pada saat persalinan, hingga setelah persalinan. Ibu hamil bisa menggunakan alat bantu ini untuk mempersiapkan diri dan merangsang proses melahirkan yang lebih mudah. 

Birthing ball sendiri merupakan gym ball alias bola besar yang terbuat dari bahan dasar lateks. Bola ini umumnya memiliki ukuran tinggi sekitar 65-75 cm. Bola khusus ini didesain agar tidak licin saat digunakan di lantai. Hal itu menjadikan birthing ball relatif aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Penggunaan bola ini disebut bisa membuat ibu hamil menjadi lebih siap dan rileks menjelang proses persalinan. 

Selama masa kehamilan, calon ibu bisa menggunakan bola ini pada saat memasuki trimester ketiga. Pasalnya, pada usia ini janin biasanya sudah semakin membesar dan bisa membuat ibu merasa tidak nyaman. Janin di dalam kandungan bisa menekan pembuluh darah dan saraf pada area panggul sampai ke sekitar punggung. Alhasil, ibu hamil sering merasakan nyeri dan rasa tidak nyaman di area tersebut. 

Nah, untuk meredakan hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk terus aktif bergerak dan berolahraga ringan. Birthing ball bisa digunakan untuk melakukan olahraga selama hamil. Biasanya, bola ini digunakan dengan cara diduduki atau dijadikan pengganti kursi untuk berolahraga. Duduk di atas bola pada saat kehamilan sudah membesar bisa memberi rasa nyaman. 

Selain itu, membiasakan diri untuk duduk di atas bola ini juga bisa membantu ibu hamil menjaga posisi duduk yang tegak. Dengan rutin melakukan posisi ini, otot perut dan punggung akan menjadi lebih kuat. Hal ini juga bisa memperbaiki postur tubuh. Tentu saja, dengan postur tubuh yang tepat ibu hamil bisa mengurangi risiko nyeri punggung serta tubuh akan lebih siap menjelang proses melahirkan. 

Selama hamil, ibu juga bisa melakukan gerakan mengayun-ayunkan panggual di birthing ball. Hal ini disebut bisa membantu mempertahankan posisi bayi di dalam kandungan. Bahkan, gerakan ini juga dipercaya bisa membantu memperbaiki posisi bayi sungsang. 

Meski memiliki banyak manfaat, ada hal yang perlu ibu ketahui, yaitu bola ini terbuat dari bahan lateks. Jika ibu memiliki riwayat alergi dengan bahan ini, sebaiknya lebih berhati-hati atau hindari penggunaan birthing ball

Sebagai gantinya, ibu hamil bisa melakukan jenis olahraga lain yang cukup aman. Jika butuh saran selama kehamilan atau ada pertanyaan menjelang proses melahirkan, ibu bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan tips menjaga kehamilan sehat dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi: 
Baby Center. Diakses pada 2021. Using a Birthing Ball.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is a Birthing Ball and Should I Use One?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan