Ini Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Nefritis Interstisial

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Juni 2024

“Nefritis interstisial merupakan gangguan ginjal akibat alergi parah. Kamu bisa menghubungi dokter penyakit dalam di Halodoc jika mengalami tanda-tanda nefritis interstisial.”

Ini Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Nefritis InterstisialIni Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Nefritis Interstisial

DAFTAR ISI

  1. Apa Penyebab Nefritis Interstisial?
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Menangani Nefritis Interstisial

Halodoc, Jakarta – Nefritis interstisial adalah suatu kondisi saat ginjal mengalami peradangan dan pembengkakan, khususnya di antara tubulus ginjal. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan membuang limbah dari tubuh. 

Sementara itu, tubulus ginjal berperan dalam menyerap kembali air dan zat organik penting dari darah yang telah disaring. Adanya peradangan bisa menghambat proses kerja tubulus ginjal.  Nefritis interstisial dapat bersifat akut atau kronis.

Apa Penyebab Nefritis Interstisial?

Nefritis interstisial dapat muncul akibat reaksi alergi parah. Selain itu, kondisi ini juga bisa dipicu oleh efek negatif penggunaan beberapa jenis obat, seperti antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid.

Orang yang berusia lanjut umumnya lebih rentan mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada ginjal.

Selain alergi parah, nefritis interstisial juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti:

  • Penyakit autoimun.
  • Kadar kalium dalam darah yang rendah.
  • Kadar kalsium dalam darah yang tinggi.
  • Infeksi pada bagian tertentu.

Ketika mengalami gejala di atas, dokter biasanya akan merekomendasikan Tes untuk Mendiagnosis Nefritis Interstisial berikut ini. 

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Menangani Nefritis Interstisial

Jika kamu mengalami tanda-tanda nefritis interstisial seperti di atas, segera hubungi dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc saja.

Dokter di Halodoc berikut ini telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dokter Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH. Ia merupakan dokter spesialis penyakit dalam ginjal dan hipertensi. 

Dokter  Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH mendapatkan gelar dokter umumnya di Universitas Kristen Indonesia pada 2011.

Setelah itu, ia melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Sumatra Utara pada 2019.

Saat ini, dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH berpraktik di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Ia juga termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun sebagai dokter spesialis penyakit dalam ginjal dan hipertensi, dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan nefritis interstisial.

Chat dr. Daniel Situmorang M.Ked(PD),Sp.PD,K-GH mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc.

Jika sudah terdiagnosis Mengidap Nefritis Interstisial, Ini Cara Pengobatan yang mungkin dokter rekomendasikan. 

2. dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH

Selanjutnya, kamu dapat menghubungi dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi pada 2003. 

Setelah mendapat gelar dokter umumnya,  dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH melanjutkan studi ke Universitas Sriwijaya dan mendapatkan gelar spesialisnya pada tahun 2014. 

Dokter Adhi Permana Sp.PD, KGH saat ini berpraktik di Palembang, Sumatera Selatan. Ia juga tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 21 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH di Halodoc terkait pengobatan nefritis interstisial.

Chat dr. Adhi Permana Sp.PD, KGH mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan terkait nefritis interstisial. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Interstitial Nephritis
Web MD. Diakses pada 2024. What Is Interstitial Nephritis?
National Kidney Federation. Diakses pada 2024. Interstitial Nephritis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan