Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Limfadenopati

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2024

“Limfadenopati merupakan kondisi ketika terjadi pembesaran kelenjar getah bening sebagai respons terhadap suatu penyakit atau infeksi. Hubungi dokter di Halodoc apabila limfadenopati tidak membaik dalam dua minggu.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan LimfadenopatiIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Limfadenopati

DAFTAR ISI

  1. Gejala Limfadenopati yang Harus Diketahui
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Limfadenopati
    1. dr. Siska Damayanti Sp.PD
    2. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD
    3. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD
    4. dr. Vera Bahar Sp.PD
    5. dr. Andrea Livina Sp.PD

Halodoc, Jakarta – Limfadenopati merupakan pembesaran kelenjar getah bening dengan ukuran lebih dari satu sentimeter sebagai reaksi alami terhadap suatu penyakit atau infeksi. Karena itu, limfadenopati bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan tanda atau gejala dari adanya gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh.

Munculnya limfadenopati bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi akibat virus dan bakteri, reaksi terhadap obat antibiotik, gangguan autoimun, serta penyakit kanker. Sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem imun yang akan menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening ketika mendeteksi adanya gangguan kesehatan, seperti infeksi.

Gejala Limfadenopati yang Harus Diketahui

Limfadenopati merupakan tanda dari adanya gangguan kesehatan pada pengidapnya. Hal ini membuat terjadinya pembesaran kelenjar getah bening sebagai reaksi terhadap adanya masalah kesehatan tersebut.

Namun, apabila limfadenopati tidak membaik dalam kurun waktu dua minggu, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Biasanya, terdapat beberapa hal yang diperhatikan dokter terkait limfadenopati yang kamu alami, seperti:

  • Tempat atau area terjadinya limfadenopati.
  • Rasa nyeri ketika disentuh.
  • Ukuran dari limfadenopati.
  • Konsistensi dari limfadenopati tersebut, dapat bergerak atau keras.

Selain itu, gejala limfadenopati juga biasanya disertai dengan:

  • Mengalami batuk.
  • Mudah lelah.
  • Demam.
  • Menggigil.
  • Hidung meler.
  • Mudah berkeringat.

Berbagai gejala tersebut bisa menjadi sebuah tanda adanya gangguan kesehatan serius lainnya yang sedang menyerang tubuh. 

Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mencari tahu penyakit atau masalah kesehatan yang menyebabkan munculnya limfadenopati tersebut.

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Limfadenopati

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami limfadenopati atau pembesaran kelenjar getah bening yang tak kunjung hilang, segera hubungi dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc. 

Tujuannya agar kamu bisa segera mendapatkan perawatan tepat.

Selain itu, penanganan dengan dokter juga bisa membuat kamu tahu penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening tersebut sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk menanganinya.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Siska Damayanti Sp.PD

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Siska Damayanti Sp.PD. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2010 dan 2018.

Saat ini ia menjalani praktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 3521401423118521.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Siska Damayanti Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait pengobatan limfadenopati. 

Chat dr. Siska Damayanti Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD

Selanjutnya, kamu dapat menghubungi dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019.

Saat ini, dokter Handoko Tejo Utomo Sp.PD berpraktik di Jebres, Surakarta, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR VM00000246867267.

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc jika kamu mengalami limfadenopati.

Chat dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD

Kamu juga bisa menghubungi dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD. Ia adalah lulusan Universitas Andalas pada 2010 dan 2020.

Saat ini, ia berpraktik di Agam, Sumatra Barat, dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1321401320109704.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi limfadenopati.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengannya terkait penyakit diabetes, fungsi ginjal, dbd dan penyakit tropis, gangguan pencernaan, kesehatan paru, serta hipertensi.

Chat dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

4. dr. Vera Bahar Sp.PD

Pilihan lainnya, kamu bisa menghubungi dr. Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7321401421106071.

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan terkait penanganan limfadenopati.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Andrea Livina Sp.PD

Kamu juga bisa menghubungi dr. Andrea Livina Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2016 dan 2023.

Dokter Andrea Livina Sp.PD kini berpraktik di Manado, Sulawesi Utara, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7121401323178596.

Dengan pengalaman selama 7 tahun, dr. Andrea Livina Sp.PD memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan limfadenopati.

Chat dr. Andrea Livina Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi untuk bantu pengobatan limfadenopati.

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter tersebut agar kondisi yang kamu alami dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Stat Pearls. Diakses pada 2024. Lymphadenopathy.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Swollen Lymph Nodes.
University of Rochester Medical Center. Diakses pada 2024. Lymphadenopathy in Children.
WebMD.com. Diakses pada 2024. Swollen Lymph Nodes & Glands: Causes, Diagnosis, and Treatments.
Healthline. Diakses pada 2024. What to know about Swollen Lymph Nodes (Lymphadenopathy/Adenopathy).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan