Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Fimosis

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Juli 2024

“Fimosis atau kondisi saat kulup penis tak bisa ditarik kembali biasanya terjadi pada anak-anak. Jika gejala fimosis muncul, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat penanganan tepat.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan FimosisIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Fimosis

DAFTAR ISI:

  1. Apa Saja Gejala Fimosis?
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Membantu Mengatasi Gejala Fimosis
    1. dr. Devid Ruru Sp.B
    2. dr. Julcrithno Irawan Sp.B
    3. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B
    4. dr. Ngurah Rai Sp.B
    5. dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B

Halodoc, Jakarta – Fimosis adalah kondisi medis saat kulup penis (kulit yang menutupi kepala penis) tidak dapat ditarik kembali melewati kepala penis. Ini biasanya terjadi pada anak-anak dan bisa menjadi masalah jika berlanjut hingga dewasa.

Fimosis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk infeksi, peradangan, atau jaringan parut. Supaya tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan, ada baiknya segera hubungi dokter jika muncul gejala fimosis.

Apa Saja Gejala Fimosis?

Gejala fimosis dapat meliputi:

  • Kesulitan atau ketidakmampuan menarik kembali kulup: Ini adalah gejala utama di mana kulit kulup tidak bisa ditarik kembali untuk memperlihatkan kepala penis.
  • Pembengkakan pada ujung penis: Kulup yang ketat bisa menyebabkan pembengkakan di sekitar kepala penis.
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan: Anak atau orang dewasa yang mengalami fimosis mungkin merasa sakit saat berkemih atau berhubungan seksual.
  • Infeksi berulang: Fimosis dapat meningkatkan risiko infeksi seperti balanitis (infeksi pada kepala penis dan kulup).
  • Kesulitan berkemih: Pada beberapa kasus, lubang pada ujung kulup bisa sangat kecil sehingga mengganggu aliran urin, menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Apabila gejala fimosis muncul atau menyebabkan masalah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Perawatan bisa meliputi penggunaan krim steroid, peregangan manual yang diawasi oleh tenaga medis, atau dalam beberapa kasus, sirkumsisi (prosedur bedah untuk menghilangkan sebagian atau seluruh kulup).

Sementara itum untuk info lengkap mengenai, kamu bisa baca artikel ini: Fimosis – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya.

Hubungi Dokter Ini untuk Membantu Mengatasi Gejala Fimosis

Jika kamu atau orang terdekat butuh konsultasi dengan dokter bedah untuk mengatasi fimosis, gunakan Halodoc saja. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Dokter-dokter ini juga telah mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Devid Ruru Sp.B

Dokter Devid Ruru Sp.B merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2010 dan 20189.

Saat ini, ia sedang menjalani praktik di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 14 tahun, dr. Devid Ruru Sp.B mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah untuk mengatasi fimosis pada anak.

Chat dr. Devid Ruru Sp.B dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Julcrithno Irawan Sp.B

Pilihan dokter lain yang bisa dihubungi adalah dr. Julcrithno Irawan Sp.B. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2012 dan 2022.

Dokter Julcrithno Irawan Sp.B kini sedang menjalani praktik di Mamuju, Sulawesi Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Julcrithno Irawan Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang tindakan untuk mengatasi fimosis.

Chat dr. Julcrithno Irawan Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi selanjutnya, yaitu dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang tindakan bedah untuk menangani fimosis.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Ngurah Rai Sp.B

Kamu juga dapat menghubungi dr. Ngurah Rai Sp.B yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2015 dan Universitas Udayana pada 2023.

Dokter  Ngurah Rai Sp.B saat ini berpraktik di Gianyar, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 10 tahun, dr. Ngurah Rai Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai prosedur bedah, termasuk untuk mengatasi fimosis pada anak

Chat dr. Ngurah Rai Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B

Dokter Srigunda Arisya Fadilla Sp.B merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2014 dan 2023.

Saat ini, ia sedang berpraktik di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 10 tahun, dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang pembedahan untuk menangani fimosis.

Chat dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis bedah yang bisa kamu hubungi untuk konsultasi terkait penanganan fimosis melalui tindakan bedah.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Fimosis.
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Tight Foreskin (fimosis and parafimosis).
Medical News Today. Diakses pada 2024. What is Fimosis?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan