Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Atasi Gejala Sakit Dada

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Agustus 2024

“Sakit dada tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi indikasi medis tertentu. Kamu bisa menghubungi dokter penyakit dalam di Halodoc jika sering merasakan sakit dada.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Atasi Gejala Sakit DadaIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Atasi Gejala Sakit Dada

DAFTAR ISI

  1. Apa Penyebab Sakit Dada?
  2. Rekomendasi Dokter di Halodoc untuk Menangani Sakit Dada

Halodoc, Jakarta – Sakit dada adalah keluhan yang sering dialami banyak orang. Sensasinya bisa bermacam-macam, mulai dari rasa sakit yang tajam dan menusuk hingga tekanan atau sesak di dada. 

Meskipun sering dikaitkan dengan masalah jantung, namun penyebab nyeri dada sangatlah beragam.

Sebab, dada adalah bagian tubuh yang kompleks. Di dalamnya terdapat organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, dan saluran pencernaan. 

Setiap organ ini memiliki saraf-saraf yang saling berhubungan. Itu sebabnya, ketika ada masalah pada salah satu organ, seringkali dirasakan sebagai nyeri dada.

Apa Penyebab Sakit Dada?

Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai kondisi medis, mulai dari yang ringan hingga yang serius. Berikut adalah beberapa penyebab umum nyeri dada:

1. Masalah jantung

  • Serangan jantung: Nyeri dada yang terasa seperti diremas, menyebar ke lengan, bahu, atau rahang.
  • Angina: Nyeri dada yang timbul saat aktivitas fisik dan berkurang saat istirahat.
  • Perikarditis: Peradangan pada lapisan luar jantung yang menyebabkan nyeri tajam dan menusuk.

2. Masalah Paru-paru

  • Emboli paru: Gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah di paru-paru, menyebabkan nyeri dada yang tajam dan sesak napas.
  • Pneumonia: Infeksi paru-paru yang menyebabkan nyeri dada saat batuk atau menarik napas dalam.
  • Pleuritis: Peradangan pada selaput yang melapisi paru-paru, menyebabkan nyeri tajam saat bernapas.

3. Masalah Pencernaan

  • Gastroesophageal reflux disease (GERD): Asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar di dada.
  • Ulkus lambung: Luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari, menyebabkan nyeri tumpul atau seperti terbakar di bagian atas perut.
  • Kolesistitis: Peradangan pada kantung empedu, menyebabkan nyeri tajam di bagian kanan atas perut yang menjalar ke punggung.

4. Masalah Otot dan Tulang

  • Kostokondritis: Peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada, menyebabkan nyeri tajam saat bernapas dalam atau menekan dada.
  • Cedera otot: Cedera pada otot dada akibat aktivitas fisik yang berlebihan atau trauma.
  • Herpes zoster: Infeksi virus yang menyebabkan ruam kulit dan nyeri saraf yang parah.

Jika kamu mengalami sakit dada, ini Penanganan Pertama saat Mengalami Nyeri Dada yang bisa kamu lakukan. 

Rekomendasi Dokter di Halodoc untuk Menangani Sakit Dada

Jika kamu atau orang terdekat mengalami sakit dada, jangan abaikan dan segera hubungi dokter penyakit dalam di Halodoc.

Mereka bisa membantu mengidentifikasi penyebabnya dan meresepkan obat yang kamu butuhkan. 

Berikut beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD

Dokter Ian Elnathan Himawan Sp.PD merupakan salah satu pilihan dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini ia menjalani praktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7111401422105298.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan sakit dada. 

Chat dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Novita Tanasal Sp.PD

Rekomendasi selanjutnya, yaitu dr. Novita Tanasal Sp.PD. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2014 dan 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Manado, Sulawesi Utara, dan masih tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7121401322154517.

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis penyakit dalam selama 10 tahun, dr. Novita Tanasal Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang cara menangani sakit dada.

Bukan hanya itu, ia juga bisa memberikan konsultasi seputar DBD dan penyakit tropis, kesehatan paru, gangguan pencernaan, fungsi ginjal, hipertensi, dan diabetes.

Chat dr. Novita Tanasal Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Hafiziani Sp.PD

Kamu dapat menghubungi dr. Hafiziani Sp.PD yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Wijaya Andalas pada 2020 dan 2022.

Saat ini, dokter Hafiziani Sp.PD berpraktik di Pasaman Barat, Sumatera Barat dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1321401422112839.

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Hafiziani Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan sakit dada.

Chat dr. Hafiziani Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM. Ia adalah lulusan Universitas Brawijaya pada 2010 dan 2018.

Saat ini, ia berpraktik di Tangerang Selatan dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR HN00000374979867.

Berbekal pengalaman selama 15 tahun, dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi sakit dada.

Chat dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Berikut Ini 5 Pilihan Obat Sakit Dada yang Efektif Redakan Nyeri untuk kamu coba. 

5. dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD

Dokter Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada 2015 dan 2021.

Saat ini, ia berpraktik di Medan, Sumatera Utara dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1221401321165555.

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis penyakit dalam selama 9 tahun, dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang penanganan sakit dada.

Chat dr. Karina Dwi Swastika M.Ked(PD), Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang perawatan sakit dada.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Chest Pain.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Chest Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan