Ini Dokter Jantung yang BIsa Bantu Penanganan Angina Pectoris

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juli 2024

“Angina pectoris umumnya muncul saat aktivitas fisik dan bisa kambuh kapan saja. Kamu bisa menghubungi dokter spesialis jantung di Halodoc terkait penanganannya.”

Ini Dokter Jantung yang BIsa Bantu Penanganan Angina PectorisIni Dokter Jantung yang BIsa Bantu Penanganan Angina Pectoris

DAFTAR ISI

  1. Apa Tanda-Tanda Angina Pectoris?
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Menangani Angina Pectoris
    1. dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP
    2. dr. Taufik Hidayat M.M, M.Ked, Sp.JP, FIHA
    3. dr. Prayoga Setiawan Sp.JP, FIHA
    4. dr. Andi Armina Sp.JP
    5. dr. Giovanni Gerry Tampi Sp.JP, FIHA, AIFO-K

Halodoc, Jakarta – Angina adalah nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah menuju jantung, sehingga otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Terdapat beberapa jenis angina, salah satunya yang paling umum dikenal adalah angina pectoris atau stable angina

Kondisi ini ditandai dengan nyeri atau ketidaknyamanan di dada yang sering kali muncul akibat aktivitas fisik atau stres emosional. Angina pectoris memiliki pola nyeri dada yang dapat diprediksi.

Dengan kata lain, pengidapnya bisa mengidentifikasi pola berdasarkan aktivitas yang dilakukan saat mengalami nyeri di dada. Memahami pola ini dapat membantu pengidap mengelola gejalanya dengan lebih baik.

Apa Tanda-Tanda Angina Pectoris?

Nyeri dada yang terasa seperti beban berat di dada merupakan gejala utama dari angina pectoris. Rasa nyeri ini dapat menjalar dari dada ke leher, lengan, dan bahu.

Selain itu, selama gejalanya kambuh, pengidapnya juga bisa mengalami:

  • Sesak napas
  • Mual
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Berkeringat banyak
  • Kecemasan

Pada sebagian besar kasus, gejalanya bersifat sementara dan biasanya berlangsung hingga 15 menit.

Pengidapnya juga dapat mengalami episode kambuh kapan saja sepanjang hari, tetapi kekambuhan gejala lebih sering terjadi di pagi hari.

Meski polanya bisa dipahami, kamu tetap perlu Waspada Komplikasi Angina Pectoris yang Dapat Terjadi berikut ini. 

Dokter di Halodoc yang Bisa Menangani Angina Pectoris

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami tanda-tanda angina pectoris seperti di atas, sebaiknya hubungi dokter di Halodoc.

Berikut ini rekomendasi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang bisa memberikan informasi lebih dalam terkait penanganan angina.

Mereka sudah memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun dan memiliki rating bagus dari pasien-pasien yang mereka tangani:

1. dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP

Dokter Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2014 dan Universitas Sebelas Maret pada 2020.

Saat ini, ia melakukan praktik di Buleleng, Bali dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Dengan pengalaman selama 10 sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP bisa memberikan konsultasi tentang perawatan angina pectoris di Halodoc. 

Chat dr. Ida Bagus Komang Arjawa Sp.JP mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Taufik Hidayat M.M, M.Ked, Sp.JP, FIHA

Kamu bisa menghubungi dr. Taufik Hidayat M.M, M.Ked, Sp.JP, FIHA yang merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2009 dan Universitas Sumatera Utara pada 2023.  

Dokter Taufik Hidayat M.M, M.Ked, Sp.JP, FIHA juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau. 

Dengan pengalaman sebagai dokter jantung selama 15 tahun, dr. Taufik Hidayat M.M, M.Ked, Sp.JP, FIHA mampu memberikan konsultasi seputar angina pectoris.

Chat dr. Taufik Hidayat M.M, M.Ked, Sp.JP, FIHA mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

3. dr. Prayoga Setiawan Sp.JP, FIHA

Dokter Prayoga Setiawan Sp.JP, FIHA adalah pilihan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah lain yang bisa kamu hubungi. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2014 dan 2023.

Saat ini, dr. Prayoga Setiawan Sp.JP, FIHA berpraktik di Denpasar, Bali, dan juga menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Ia memiliki pengalaman selama 10 tahun, sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk bertanya seputar penangan angina pectoris di Halodoc. 

Chat dr. Prayoga Setiawan Sp.JP, FIHA mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Andi Armina Sp.JP

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah lainnya yang bisa kamu hubungi adalah dr. Andi Armina Sp.JP.

Ia mendapatkan gelar dokternya di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2012 dan 2023 

Dokter Andi Armina Sp.JP juga salah satu anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dan saat ini menjalani praktik di Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Hingga saat ini, dr. Andi Armina Sp.JP sudah memiliki pengalaman selama 12 tahun sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.

Itu sebabnya, kamu bisa bertanya seputar cara menangani angina pectoris di Halodoc dengan dr. Andi Armina Sp.JP. 

Chat dr. Andi Armina Sp.JP mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Selain mengonsumsi obat yang dokter resepkan, ini Gaya Hidup Sehat bagi Pengidap Angina Pectoris yang perlu dijalani. 

5. dr. Giovanni Gerry Tampi Sp.JP, FIHA, AIFO-K

Kemudian, ada dr. Giovanni Gerry Tampi Sp.JP, FIHA, AIFO-K yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2013 dan 2023.

Saat ini, ia melakukan praktik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Berbekal pengalaman selama 10 tahun sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Giovanni Gerry Tampi Sp.JP, FIHA, AIFO-K bisa memberikan konsultasi tentang angina pectoris di Halodoc. 

Chat dr. Giovanni Gerry Tampi Sp.JP, FIHA, AIFO-K mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jadi, itulah dokter spesialis jantung yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi seputar penanganan angina pectoris.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Stable Angina.
Medline Plus. Diakses pada 2024. Stable angina. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Stable Angina.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan