Ini Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Amnesia

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Mei 2024

“Amnesia bisa sangat mengganggu kualitas hidup pengidapnya akibat hilang ingatan. Kamu bisa bertanya pada dokter spesialis saraf di Halodoc terkait perawatan amnesia.”

Ini Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan AmnesiaIni Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Perawatan Amnesia

DAFTAR ISI

  1. Dokter di Halodoc yang Paham Perawatan Amnesia
    1. dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S
    2. dr. Fitri Damayanti Sp.N
    3. dr. Wid Patria W. Sp.S
    4. dr. Lifea Sp.S

Halodoc, Jakarta – Amnesia adalah kondisi medis yang ditandai oleh hilangnya ingatan, baik sementara maupun permanen. Kondisi ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat informasi atau pengalaman masa lalu serta kesulitan dalam membentuk ingatan baru. 

Penyebab amnesia bervariasi, termasuk cedera otak, penyakit, penggunaan obat-obatan tertentu, atau trauma emosional. Perawatan bisa sangat membantu kualitas hidup pengidapnya sehari-hari.

Dokter di Halodoc yang Paham Perawatan Amnesia

Terdapat dua jenis utama amnesia, yakni amnesia retrograde dan anterograde. Pada amnesia retrograde, seseorang kehilangan ingatan tentang peristiwa sebelum kejadian yang memicu amnesia. 

Pengidapnya mungkin lupa tentang kejadian penting dalam hidupnya, seperti nama orang terdekat, tempat tinggal sebelumnya, atau pengalaman masa lalu lainnya.

Sementara itu, amnesia anterograde terjadi seseorang kesulitan membentuk ingatan baru setelah kejadian tersebut.

Dalam kondisi ini, pengidapnya mungkin tidak dapat mengingat hal-hal yang baru saja terjadi, seperti apa yang mereka makan untuk sarapan atau percakapan yang baru saja mereka lakukan. 

Kedua jenis amnesia ini dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, menghambat kemampuan seseorang untuk menjalani aktivitas normal dan mempertahankan hubungan sosial.

Itu sebabnya, perawatan sangatlah penting untuk membantu kualitas hidup pengidap amnesia.

Kamu bisa menghubungi dokter saraf di Halodoc apabila orang terdekat mengalami kondisi ini. Mereka bisa memberikan saran perawatan yang tepat sekaligus meresepkan obat. 

Berikut adalah beberapa dokter spesialis saraf yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun dan memiliki rating terbaik:

1. dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S

Pertama, kamu bisa menghubungi dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2000 dan  2016. 

Ia saat ini berpraktik di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Memiliki pengalaman selama 24 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan untuk pengidap amnesia. 

Chat dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Waspada, Inilah 12 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Amnesia yang perlu kamu tahu. 

2. dr. Fitri Damayanti Sp.N

Dokter Fitri Damayanti Sp.N adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2007 dan 2019.

Ia berpraktik di Pangkep, Sulawesi Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI)

Dengan pengalaman selama 17 tahun, Dr. Fitri Damayanti Sp.N memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait bagaimana cara menangani pengidap amnesia.

Chat dr. Fitri Damayanti Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Adapun 3 Cara Menyembuhkan Amnesia yang perlu kamu ketahui. 

3. dr. Wid Patria W. Sp.S

Kamu bisa menghubungi dr. Wid Patria W. Sp.S. Ia adalah lulusan Universitas Gadjah Mada pada 1988 dan Universitas Indonesia pada 1998.

Saat ini, ia berpraktik di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Berbekal pengalaman selama 37 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Wid Patria W. Sp.S di Halodoc terkait amnesia.

Dokter Wid Patria juga bisa memberikan konsultasi seputar nyeri sendi dan punggung, mati rasa dan kesemutan, nyeri otot, vertigo dan gangguan keseimbangan, serta stroke. 

Chat dr. Wid Patria W. Sp.S mulai dari Rp 175.000,- di Halodoc.

4. dr. Lifea Sp.S

Selain itu, kamu dapat menghubungi dr. Lifea Sp.S yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Udayana pada 1995. Ia kemudian melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar spesialis di Universitas Airlangga dan lulus pada 2004.

Saat ini, dokter Lifea berpraktik di Badung, Bali, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 28 tahun, dr. Lifea Sp.S bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan amnesia.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar stroke, vertigo dan gangguan keseimbangan, mati rasa dan kesemutan, nyeri sendi dan punggung, serta demensia. 

Chat dr. Lifea Sp.S mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis saraf yang bisa kamu hubungi untuk mengetahui perawatan amnesia.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Amnesia
WebMD. Diakses pada 2024. Amnesia

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan