Ini Cara Tepat Menggunakan Fluticasone Semprot Hidung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juni 2023

“Fluticasone semprot hidung perlu digunakan secara tepat agar obat bisa bekerja maksimal. Gunakan obat ini sesuai anjuran dokter atau baca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat.”

Ini Cara Tepat Menggunakan Fluticasone Semprot HidungIni Cara Tepat Menggunakan Fluticasone Semprot Hidung

Halodoc, Jakarta – Fluticasone adalah obat semprot hidung yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati gejala rinitis alergi dan alergi serbuk bunga. Gejala tersebut termasuk bersin, hidung gatal dan berair, mata gatal dan berair, dan hidung tersumbat.

Rinitis alergi biasanya terjadi akibat iritan di udara, seperti serbuk sari, tungau, debu rumah dan bulu binatang. Nah, penggunaan fluticasone adalah cara efektif untuk meredakan gejala mengganggu yang bisa muncul akibat kondisi tersebut. Namun, obat semprot hidung ini perlu kamu gunakan secara tepat agar bisa bekerja dengan efektif.

Cara Menggunakan Fluticasone Semprot Hidung

Pastikan kamu menggunakan obat ini persis sesuai anjuran dokter. Hindari menggunakannya dalam dosis yang lebih banyak atau lebih sering dari yang disarankan dokter. Pasalnya, hal itu bisa meningkatkan risiko efek samping.

Untuk menggunakan obat semprot hidung ini, kamu bisa baca dan ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Tanyakan pada dokter atau apoteker bila ada yang tidak kamu mengerti.

Berikut cara menggunakan fluticasone semprot hidung secara tepat:

  1. Pertama-tama, cuci tangan terlebih dahulu dengan air dan sabun sebelum menggunakan obat.
  2. Kemudian, kocok botol sebelum digunakan dan buka tutup botol.
  3. Bila kamu baru pertama kali menggunakan obat semprotan hidung ini atau bila kamu sudah tidak menggunakannya dalam waktu cukup lama, kamu harus memompanya terlebih dahulu untuk memancing cairan naik ke atas.
  4. Tiup hidung kamu sampai lubang hidung bersih.
  5. Tutup satu lubang hidung dengan meletakkan jari kamu dengan lembut di sisi hidung, miringkan kepala sedikit ke depan dan, dengan menjaga botol tetap tegak, masukkan ujung semprotan ke lubang hidung yang terbuka. 
  6. Mulailah bernapas melalui hidung. Saat kamu bernapas, pompa botol semprotan untuk mengeluarkan cairan dari dalam botol. Tarik napas dengan lembut melalui lubang hidung dan tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan napas melalui mulut.
  7. Ulangi lagi langkah di atas pada lubang hidung lainnya.
  8. Bersihkan aplikator dengan tisu bersih dan pasang kembali tutup botol.

Selain menggunakan obat semprot hidung, Ketahui 4 Cara Mengendalikan Gejala Rinitis Alergi lainnya di artikel tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Obat Semprot Hidung

Fluticasone semprot hidung perlu digunakan secara teratur agar bisa bekerja dengan maksimal. Bila kamu menggunakan obat tersebut untuk meredakan gejala alergi, semprotkan fluticasone di setiap lubang hidung sekali sehari.

Bila digunakan untuk mengobati rinitis non-alergi, obat tersebut biasanya disemprotkan di setiap lubang hidung satu atau dua kali sehari. Untuk mengobati polip hidung, semprotkan obat di setiap lubang hidung dua kali sehari.

Fluticasone semprot hidung hanya untuk digunakan di hidung. Berhati-hatilah agar tidak menyemprotkannya ke mata atau mulut. Dan hindari berbagi semprotan hidung dengan orang lain karena bisa menyebarkan kuman.

Gejala alergi kamu mungkin akan mulai membaik 1-2 hari setelah menggunakan fluticasone, tapi bisa juga lebih lama. Segera hubungi dokter bila gejalamu memburuk atau tidak membaik setelah menggunakan obat semprot hidung tersebut selama satu minggu.

Sama seperti obat lain pada umumnya, fluticasone semprot hidung juga bisa menimbulkan efek samping. Segera hubungi dokter bila salah satu dari efek samping berikut tidak kunjung hilang atau memburuk:

  • Sakit kepala.
  • Kekeringan, sensasi menyengat, terbakar, atau iritasi di hidung.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Diare.
  • Keluar darah dari hidung.

Kamu juga perlu menghindari menggunakan obat semprot hidung ini bila kamu memiliki alergi terhadap fluticasone atau bahan dalam kandungannya. Segera temui dokter bila kamu mengalami reaksi alergi setelah menggunakan obat tersebut.

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan fluticasone semprot hidung yang benar. Untuk mendapatkan obat atau suplemen vitamin yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi: 
Medline Plus. Diakses pada 2023. Fluticasone Nasal Spray.
National Health Service. Diakses pada 2023. How and when to use fluticasone nasal spray and drops.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan