Ini Cara Sederhana Membuat Kue Kacang Tanah Gurih dan Renyah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Agustus 2023

“Kue kacang merupakan kue kering yang banyak disukai oleh masyarakat. Untuk membuatnya pun tidak perlu repot, kamu dapat menikmati makanan ini hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.”

Ini Cara Sederhana Membuat Kue Kacang Tanah Gurih dan RenyahIni Cara Sederhana Membuat Kue Kacang Tanah Gurih dan Renyah

Halodoc, Jakarta – Kue kacang adalah salah satu jenis camilan yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari kacang yang dihaluskan, dan menggunakan berbagai campuran hingga menjadi adonan terasa gurih, manis, dan lezat.

Kue ini akan sering kamu lihat saat memasuki bulan puasa Idul Fitri. Namun, tidak perlu menunggu momen tersebut, kini kamu bisa membuat kue kering ini di rumah dengan resep yang sederhana dan praktis.

Resep Kue Kacang Tanah

Kue kacang memiliki citarasa yang gurih dan manis. Selain itu, kue ini juga memiliki tekstur yang renyah dan lembut. Bahkan, kamu bisa menemukan berbagai bentuk khas dari kue ini, mulai dari bentuk pipih, bulat, hingga lonjong.

Resep kue kacang dapat berbeda dari daerah satu dengan yang lain atau modifikasi dengan tambahan bahan lain. Contohnya, kacang mete, wijen, hingga cokelat.

Nah, mau tahu cara membuat kue kacang tanah yang lezat dan gurih?

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu.
  • 125 gram kacang tanah kupas yang telah dihaluskan kasar.
  • 125 ml minyak goreng.
  • ¼ sdt vanili bubuk.
  • 125 gram gula halus.
  • ⅛ sdt garam.
  • Wijen secukupnya.

Bahan olesan:

  • Kuning telur.

Cara membuatnya:

  1. Siapkan wadah yang besar, masukkan tepung terigu, minyak goreng, dan kacang tanah kupas.
  2. Setelah semuanya tercampur rata, masukkan gula halus, garam, dan vanili bubuk.
  3. Aduk kembali hingga semua adonan rata. 
  4. Setelah itu, pipihkan adonan hingga 0,5 cm. Kemudian, adonan siap dibentuk menggunakan cetakan.
  5. Setelah adonan dibentuk, kamu bisa oleskan kuning telur pada permukaan adonan bagian atas. 
  6. Kemudian, taburkan wijen secukupnya pada tiap permukaan adonan.
  7. Letakkan pada loyang yang telah diolesi margarin.
  8. Panggang selama 30 menit dengan suhu 100-120 derajat Celsius.

Agar permukaan kue semakin menarik, kamu bisa mengoleskan kuning telur beberapa kali sebelum kue melalui proses pemanggangan.

Selain itu, kamu bisa mencoba untuk membuat resep kue untuk keluarga, seperti:

Waspada Jika Memiliki Riwayat Alergi Kacang

Kue ini terbuat menggunakan bahan dasar kacang. Untuk itu, jika kerabat, keluarga, atau bahkan kamu sendiri pernah memiliki riwayat alergi kacang, sebaiknya jangan mengonsumsinya.

Mengonsumsinya dalam jumlah kecil pun meningkatkan risiko munculnya gejala alergi. Sebaiknya jangan abaikan gejala alergi yang muncul setelah mengonsumsi kue kacang tanah. Kondisi yang terabaikan bisa menyebabkan kesehatan memburuk.

Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, pastikan kamu tidak mengonsumsi kue ini berlebihan. Mengonsumsi kue kacang dalam jumlah yang tinggi bisa membuat berat badan meningkat. 

Bahkan, berlebihan mengonsumsi kacang menyebabkan gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan diare. Hal ini karena kacang mengandung serat tinggi untuk itu sebaiknya perhatikan jumlah asupan serat dalam tubuh setiap harinya.

Mau tahu apa saja manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “9 Manfaat Kacang Kedelai yang Kaya Isoflavone untuk Kesehatan Tubuh

Itulah berbagai tips dan alternatif sehat mengonsumsi kue kacang. Pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan agar keluhan kesehatan yang kamu rasakan bisa diatasi dengan lebih dini. Klik gambar di bawah ini untuk chat dengan dokter spesialis di Halodoc.✔️

banner chat dokter halodoc
Referensi:
Briliofood. Diakses pada 2023. Resep Kue Kacang Jadul, Enak, Renyah, Manis, dan Antigagal.
Livestrong. Diakses pada 2023. 5 Side Effects of Eating Too Many Peanuts.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan