Ini Cara Merawat Anak Anjing Labrador Retriever

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   27 Oktober 2021
Ini Cara Merawat Anak Anjing Labrador RetrieverIni Cara Merawat Anak Anjing Labrador Retriever

“Labrador retriever merupakan salah satu ras anjing yang cukup banyak dipelihara. Untuk merawat anak anjing ini, kamu perlu memperhatikan makanan, kebutuhan latihan, dan ajari cara bersosialisasi dengan orang dan anjing lain.”

Halodoc, Jakarta – Membawa pulang anak anjing labrador retriever untuk dibesarkan dengan penuh kasih akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Anjing ini terkenal dengan sifatnya yang tenang dan lembut, serta ramah terhadap anak-anak. 

Labrador retriever adalah anjing yang aktif, tetapi juga tahu cara bersantai. Mereka bisa bersenang-senang dengan banyak hal, jarang menggigit, dan sangat mudah untuk dilatih. Lantas, bagaimana cara merawat anak anjing ini? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Begini Cara Melatih Anjing Labrador Retriever yang Bisa Dilakukan

Memberi Makan Anak Anjing Labrador Retriever

Anak anjing labrador retriever perlu diberi asupan makanan yang seimbang, berdasarkan usia, berat badan, dan kebutuhannya. Penting untuk mencari tahu alergi yang mungkin dialami, dan makanan apa yang paling sesuai dengan gaya hidup dan rutinitas kamu.

Ada banyak pilihan jenis makanan yang bisa diberikan. Beberapa yang populer adalah kibble, makanan basah, makanan mentah, dan makanan rumahan. 

Namun, pastikan kamu tidak memberi terlalu banyak makanan, untuk mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan untuk anjing jenis ini.

Alergi makanan sering terjadi pada anjing labrador retriever. Ini berarti mereka mungkin memerlukan makanan tanpa bahan-bahan tertentu. Mereka bisa alergi terhadap biji-bijian tertentu atau semua biji-bijian. 

Bahkan, beberapa anjing juga bisa alergi terhadap daging hewan tertentu, atau semua jenis daging. Makanan mana yang bisa menyebabkan alergi perlu dipelajari dan diamati. Cobalah beri satu persatu jenis makanan dan amati apakah ada reaksi alergi yang dialami atau tidak.

Baca juga: Begini Cara Merawat Anjing Bichon bagi Pemula

Berapa Banyak Latihan yang Diperlukan?

Setiap anjing perlu aktivitas fisik, tak terkecuali labrador retriever. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak anjing ini, yang sekaligus bisa melatih fisiknya. 

Di bulan-bulan pertama kehidupan anak anjing, kamu bisa mengajaknya bermain di halaman rumah. Bila ia sudah mendapatkan semua vaksinasi yang diperlukan, kamu bisa mengajaknya jogging atau berjalan-jalan santai. Anjing labrador retriever juga menyukai air dan berenang.

Melatih Kemampuan Sosialisasi Juga Penting

Meski pada dasarnya ramah pada semua orang, anjing labrador retriever perlu dilatih untuk bersosialisasi sejak kecil. Hal ini tak hanya dapat membuat ia menjadi terbuka, tetapi juga terbiasa dengan pengalaman baru. 

Jika anak anjing belum divaksinasi, sebaiknya jauhkan dari anjing lain yang mungkin belum divaksinasi, atau kotoran hewan lain yang bisa menyebabkan penyakit. Apabila ingin mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah, tempatkan mereka di kotak khusus atau ikat dengan tali.

Setelah anak anjing mendapatkan semua vaksinasi yang dibutuhkan, kamu bisa membawanya jalan-jalan dengan bebas. Biarkan ia menjelajahi lingkungan sekitar dan bertemu dengan anjing lain. 

Itulah pembahasan mengenai cara merawat anak anjing labrador retriever. Dapat diketahui bahwa merawat anak anjing labrador retriever membutuhkan komitmen waktu dan perhatian yang besar. Bagi banyak orang, ini adalah pengalaman yang berharga dan bahkan menyenangkan. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Anjing Newfoundland

Anjing yang bahagia dan mudah bergaul selalu merupakan hasil dari pelatihan yang konsisten. Melatih anjing adalah aspek penting dari tahun-tahun awal mereka. Ini sangat membantu jika kamu memiliki anak di rumah, karena mereka akan belajar bagaimana berinteraksi dan mendengarkan perintah.

Apabila butuh saran dari ahlinya soal perawatan anak anjing labrador retriever, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
The Labrador Site. Diakses pada 2021. Caring For Your Labrador Puppy.
Caring Pets. Diakses pada 2021. Labrador Retriever Puppy Dog Care.
Snowy Pines White Labs. Diakses pada 2021. How To Raise & Care For A Labrador Puppy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan