Ini Cara Menciptakan First Impression yang Baik

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Desember 2023

“Menciptakan first impression yang baik penting untuk memperluas jaringan dan meningkatkan peluang. Untuk menciptakan kesan awal yang baik, cobalah untuk melakukan kontak mata dan tersenyum saat pertama kali bertemu dengan orang lain.”

Ini Cara Menciptakan First Impression yang BaikIni Cara Menciptakan First Impression yang Baik

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu First Impression?
  2. Cara Menciptakan First Impression yang Baik

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa melihat wajah seseorang secara sekilas saja sudah cukup untuk membentuk first impression? First impression adalah kesan awal seseorang terhadap orang lain yang bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti bentuk wajah, perubahan nada suara, daya tarik dan keadaan emosi secara umum.

Meskipun kamu tidak bisa menilai seseorang hanya berdasarkan kesan awalnya saja, menciptakan first impression yang baik tetap penting. Dengan memberi kesan awal yang baik, orang tentu akan tertarik untuk mengenal atau berhubungan dengan kamu lebih lanjut.

Yuk simak cara menciptakan first impression yang baik di sini!

Apa Itu First Impression? 

First impression adalah opini awal yang terbentuk saat pertama kali seseorang bertemu dengan orang lain.

Penilaian tersebut terjadi dengan sangat cepat dan berdasarkan pada informasi yang ada secara langsung dan terbatas.

Seseorang seringkali membentuk kesan pertama berdasarkan pada pengamatan langsung terhadap karakteristik, seperti penampilan orang lain, cara bertindak, ucapannya, dan sikapnya secara umum.

Namun, orang juga bisa membawa pengalaman masa lalu, ekspektasi, bias, dan kesalahpahaman mereka sendiri ke dalam situasi saat membentuk kesan. 

Itulah mengapa first impression bisa saja salah. Jadi, penting untuk melihat informasi lain di luar persepsi awal kamu ketika membuat penilaian tentang orang lain.

Meski begitu, menciptakan first impression yang baik tetap penting. Karena entah akurat atau tidak, biasanya kesan awal tersebut bertahan lebih lama dan perlu waktu dan upaya untuk mengubah kesan tersebut.

Hal itu karena orang cenderung melihat dunia dan orang lain melalui serangkaian filter mereka sendiri dan membuat keputusan berdasarkan filter tersebut.

Semua hubungan kamu dipengaruhi oleh first impression yang kamu buat.

Jika kesan pertama orang terhadap kamu adalah kamu ramah, kompeten, dan dapat dipercaya, kemungkinan besar mereka akan merasa nyaman berada di dekat kamu. 

Mereka kemudian cenderung menganggap kamu sebagai teman dan terbuka kepada kamu.

Kesan pertama yang baik juga cenderung memberikan peluang. Pasalnya, orang yang kamu temui bisa mengingat kamu dan merekomendasikan kamu kepada teman dan rekan kerja mereka. 

Oleh karena itu, membuat kesan pertama yang baik itu penting, karena akan berdampak pada jaringan kamu.

Selain itu, simak juga Penjelasan Psikologis Tentang First Impression yang Baik.

Cara Menciptakan First Impression yang Baik

Nah, agar kamu bisa meninggalkan first impression yang baik pada orang lain, coba tips berikut:

1. Lakukan kontak mata

Kontak mata adalah bentuk komunikasi nonverbal. Melakukan hal ini dianggap sebagai bentuk kejujuran dan cara menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara. 

Mempertahankan kontak mata juga menunjukkan bahwa kamu memerhatikan orang lain dan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Jadi, cobalah untuk melakukan kontak mata sebelum kamu mulai berbicara, dan pertahankan secara teratur selama percakapan. 

Jika kamu merasa canggung jika melihat langsung kedua bola mata lawan bicara, 

2. Senyum

Senyuman yang tulus membuat orang merasa nyaman dan merasa diterima. 

Senyuman yang tulus terlihat dari mata kamu dan menimbulkan kesan kepercayaan dan ketulusan. Hal ini juga  akan terlihat dari mata meski kamu memakai masker.

Jadi, jangan lupa tersenyum untuk menciptakan kesan yang baik saat bertemu orang.

3. Berpakaian sesuai acara

Baju yang kamu kenakan juga memiliki pengaruh besar terhadap first impression kamu.

Contohnya, berpakaian terlalu santai saat wawancara kerja kemungkinan besar akan menimbulkan kesan bahwa kamu tidak serius dengan pekerjaan tersebut.

Jadi pastikan pakaian yang kamu kenakan sesuai dengan acara saat itu. 

Berpakaian yang tidak rapi atau tidak sopan juga perlu kamu hindari saat ingin bertemu dengan lawan jenis saat kencan pertama.

Selain itu, Hindari 6 Hal Ini agar Kencan Pertama Sukses

4. Jadilah otentik

Orang bisa dengan cepat menyadari ketidaktulusan, jadi jadilah diri sendiri.

Khawatir terus menerus tentang apa yang kamu katakan atau apakah kamu melakukan hal yang benar juga bisa terkesan tidak tulus.

Menjadi otentik berarti mengetahui kekuatan dan kelemahan kamu, serta mengkomunikasikannya dengan cara yang penuh perhatian.

5. Jadilah komunikator yang baik

Seorang komunikator yang baik lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. 

Mendengarkan lebih banyak menunjukkan bahwa kamu penuh perhatian dan membuat orang lain merasa didengarkan.

Itulah penjelasan mengenai first impression. Bila kamu memiliki masalah dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain, kamu bisa konsultasikan dengan psikolog di Halodoc.✔️ 

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan dari ahlinya dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Better Up. Diakses pada 2023. Make a good first impression: Expert tips for showing up at your best.
Verywell Mind. Diakses pada 2023. First Impressions: Everything You Need to Make a Good Introduction.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan