Ini Cara Membuat Piscok Lumer Renyah untuk Teman Minum Teh

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 Juli 2023

“Piscok lumer memang merupakan camilan yang enak, apalagi bila mengonsumsinya bersama segelas teh hangat. Namun, mengingat jumlah kalori camilan satu ini cukup tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsinya terlalu banyak.”

Ini Cara Membuat Piscok Lumer Renyah untuk Teman Minum TehIni Cara Membuat Piscok Lumer Renyah untuk Teman Minum Teh

Halodoc, Jakarta – Pisang merupakan buah yang sering diolah menjadi berbagai macam hidangan penutup maupun camilan. Salah satu camilan berbahan dasar pisang yang enak dan populer adalah pisang coklat atau piscok lumer.

Rasanya yang manis dan renyah membuat camilan ini menjadi favorit banyak orang. Nah, daripada beli di luar, kenapa tidak bikin piscok lumer sendiri di rumah sebagai teman minum teh. Cara membuatnya tidak terlalu sulit kok, yuk intip resepnya di sini!

Cara Membuat Piscok Lumer

Berikut resep piscok lumer yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah:

Waktu pembuatan: 30 menit

Untuk 10 buah piscok.

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang uli.
  • 10 lembar kulit lumpia.
  • 100 gram mentega.
  • Keju parut secukupnya.
  • 250 gram cokelat batang.

Cara membuatnya:

  1. Pertama-tama, kupas pisang lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian, lelehkan mentega di atas teflon, lalu panggang pisang.
  2. Setelah itu, lumerkan cokelat batang untuk isian pisang. Caranya, potong cokelat batang menjadi kecil-kecil, lalu taruh pada sebuah wadah stainless. Kemudian, rebus air sebanyak kira-kira seperempat panci hingga mendidih. Lalu, kecilkan api dan letakkan wadah berisi cokelat di atas panci. Aduk-aduk cokelat hingga meleleh.
  3. Setelah itu, ambil satu lembar kulit lumpia, lalu letakkan pisang dan cokelat lumer sesuai selera. Kemudian, gulung dan rekatkan dengan menggunakan sedikit air. Lakukan cara ini pada kulit dan pisang yang masih tersisa.
  4. Kemudian goreng pisang cokelat dengan minyak panas dan api sedang. Goreng hingga pisang berwarna kuning keemasan.
  5. Bila sudah matang, angkat dan tiriskan. Sajikan piscok lumer dengan segelas teh hangat.

Selain resep piscok lumer di atas, coba juga beberapa olahan pisang berikut:

Kalori Piscok Lumer

Pisang sebenarnya merupakan buah yang sehat, bernutrisi dan rendah kalori. Kandungan kalori dalam satu buah pisang berukuran sedang adalah sebanyak 105 kalori.

Buah yang rasanya manis ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik, mulai dari karbohidrat, serat, kalsium, kalium dan fosfor.

Itulah mengapa manfaat pisang untuk kesehatan juga banyak, seperti membantu menjaga kesehatan pencernaan, memberikan energi pada tubuh, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi. 

Namun, cara pengolahan buah tersebut perlu kamu perhatikan. Pasalnya, mengolah pisang dengan cara yang tidak sehat justru bisa meningkatkan jumlah kalori dan memengaruhi manfaatnya untuk kesehatan.

Nah, karena cara pengolahan piscok lumer adalah digoreng dengan mentega, belum lagi tambahan cokelat di dalamnya yang berlimpah, camilan satu ini memiliki kalori yang tinggi. Satu buah piscok biasanya mengandung 179 kalori. 

Itulah mengapa kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsi makanan ini agar jangan sampai berlebihan.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi tidak hanya bisa meningkatkan berat badan, tapi juga meningkatkan risiko kamu mengalami obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Bila kamu ingin menikmati piscok lumer tanpa khawatir berat badan naik, kamu bisa mengubah cara mengolahnya dengan cara memanggang atau dengan menggunakan air fryer yang tidak menggunakan minyak. Dengan begitu, kandungan kalorinya pun bisa lebih rendah.

Itulah cara membuat piscok lumer untuk teman minum teh. Bila kamu punya pertanyaan lain tentang nutrisi dan jenis camilan untuk diet, hubungi ahli gizi di Halodoc! Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Piscok lumer di mulut.
Fat Secret Indonesia. Diakses pada 2023. Piscok.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan