Ini Berbagai Profesi Dokter Spesialis yang Paling Banyak Diminati

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Oktober 2023

“Setelah seseorang menjadi dokter umum, ia memiliki pilihan untuk melanjutkan menjadi spesialis ke bidang tertentu. Ada beberapa profesi dokter spesialis yang lebih banyak diminati bagi para mahasiswa kedokteran dan dokter umum untuk melanjutkan studinya.”

Ini Berbagai Profesi Dokter Spesialis yang Paling Banyak DiminatiIni Berbagai Profesi Dokter Spesialis yang Paling Banyak Diminati

Halodoc, Jakarta – Menjadi dokter spesialis adalah impian banyak mahasiswa kedokteran. Setiap tahunnya, ada beribu-ribu dokter yang bersaing untuk memasuki profesi dokter spesialis tertentu. Tidak jarang juga ada bidang-bidang tertentu yang sangat mereka minati sehingga persaingannya semakin sulit.

Nah, jika kamu berencana ingin menjadi dokter atau melanjutkan pendidikan spesialis, sebaiknya ketahui dahulu apa saja bidang spesialis yang paling banyak diminati berikut ini!

Profesi Dokter Spesialis dengan Minat Tertinggi

Ada cukup banyak spesialisasi yang tersedia saat ini untuk menjadi pendidikan lanjutan para dokter umum. Namun, beberapa profesi ternyata lebih diminati daripada yang lain. Beberapa bidang dengan minat spesialisasi tertinggi antara lain:

1. Dokter keluarga primer

Profesi dokter spesialis keluarga primer fokus terhadap perawatan keluarga secara keseluruhan. Seringkali dokter spesialis di bidang ini juga bekerja bersama komunitas, tidak hanya pasien.

Maka dari itu, banyak sekali yang meminati bidang ini karena interaksinya dengan orang banyak. Bahkan penelitian tentang kesehatan dokter menyatakan bahwa spesialis bidang ini tergolong salah satu yang paling bahagia.

Melihat dari segi fleksibilitas, profesi ini memiliki waktu kerja yang normal sehingga bisa memiliki waktu bersama keluarga. Selain itu, terdapat pilihan untuk bekerja di rumah sakit ataupun membuka praktik tersendiri agar lebih fleksibel.

2. Bedah otak

Neurosurgery atau bedah otak bekerja sama dengan dokter spesialis neurologi untuk melakukan prosedur medis terkait masalah kesehatan otak. Ini adalah salah satu profesi yang paling orang minati.

Meskipun pembelajarannya cukup sulit dan mendetail, gaji dari dokter bedah otak termasuk yang tertinggi di dunia kedokteran. Selain itu, pasiennya juga cenderung lebih sedikit daripada beberapa jenis dokter lain seperti dokter anak atau dokter kulit.

3. Ortopedi

Dokter spesialis ortopedi akan berfokus pada masalah tulang, sendi, ligamen, dan otot. Permintaan terhadap dokter ortopedi rata-rata tidak menurun jauh dari tahun ke tahun.

Oleh karena itu, profesi ini termasuk salah satu yang dokter minati karena terus orang butuhkan setiap tahunnya. Selain itu, mereka juga bisa lebih memfokuskan spesialisasi kepada bagian tubuh tertentu. 

4. Bedah plastik

Selain bedah otak, profesi dokter spesialis bedah plastik juga menjadi salah satu profesi dengan pemasukan tertinggi per pasien. Umumnya, dokter bedah plastik juga bisa membuka praktik skala besar tersendiri. Tidak hanya itu, waktunya sangat fleksibel karena bisa menjadwalkan pasien sesuai dengan waktu yang dokter tersebut miliki.

5. Dermatologi

Dokter kulit atau dermatologi akan bertugas untuk menangani masalah kulit dan kesehatan yang berkaitan dengan kulit. Spesialisasi ini, seperti dokter keluarga, menawarkan waktu kerja yang tetap sehingga dokter tidak perlu bekerja dalam waktu yang panjang. Selain work-life balance yang baik, dokter kulit juga memiliki gaji yang substansial sehingga menarik minat banyak orang.

6. THT

Dokter THT atau telinga, hidung, dan tenggorokan juga menjadi salah satu profesi dokter spesialis yang menjanjikan.

Banyak yang tertarik untuk mengambil spesialisasi ini karena cukup banyak kondisi kesehatan yang berdampak pada kesehatan bagian telinga, hidung, dan tenggorokan.

Meskipun begitu, dokter THT juga memiliki waktu kerja yang relatif stabil. Untuk informasi lebih lanjut tentang spesialisasi sini, kamu juga bisa mencari tahu Hal-Hal Penting Tentang Profesi Dokter THT.

Itulah berbagai bidang dokter spesialis yang paling diminati. Nah, kalau kamu mengalami gejala penyakit apapun, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter spesialis melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis apa saja dengan praktis. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Medschool Insiders. Updated 2022: Top 10 Most Competitive Specialties in Medicine
Dr.Bill. Diakses pada 2023. 10 Physician Specialities With Low-Stress and More Flexibility
Fierce Healthcare. Diakses pada 2023. Here are the 20 highest paid specialties in 2022 as average physician pay drops 2.4%: Doximity

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan