Ini Berbagai Manfaat Vaksin HPV yang Perlu Diketahui

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Mei 2024

“Beberapa di antara manfaat vaksin HPV adalah mencegah kanker serviks dan kutil kelamin. Jika kamu hendak melakukannya, hubungi dokter di Halodoc terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai vaksin HPV.”

Ini Berbagai Manfaat Vaksin HPV yang Perlu DiketahuiIni Berbagai Manfaat Vaksin HPV yang Perlu Diketahui

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Vaksin HPV
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Info seputar Vaksin HPV
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG
    3. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG
    5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Human Papillomavirus atau HPV merupakan virus yang dapat menginfeksi dan menular melalui hubungan seks. Virus ini dapat berdampak pada beberapa bagian tubuh, seperti organ reproduksi, tenggorokan, dan mulut.

Virus ini dapat menyebar kepada orang lain, tanpa menimbulkan gejala apa pun sehingga orang yang terinfeksi sulit terdeteksi. 

Karena itu, World Health Organization (WHO) menyarankan agar vaksinasi HPV dimasukkan ke dalam program imunisasi wajib karena dapat membantu mencegah serta mengurangi kasus kanker genital, khususnya kanker serviks.

Manfaat Vaksin HPV

Dengan melakukan vaksinasi HPV, kamu dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Berbagai manfaat vaksin HPV tersebut adalah mencegah berbagai penyakit, seperti:

  • Kanker penis pada pria.
  • Kanker vagina, serviks, dan vulva pada wanita.
  • Kanker anus.
  • Kutil kelamin.

Beberapa jenis virus akibat infeksi HPV juga dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan sehingga vaksin ini bisa mencegah kondisi tersebut.

Selain itu, vaksin HPV tidak hanya memberikan perlindungan kepada individu yang mendapatkan vaksin, tetapi juga membantu melindungi orang di sekitar mereka melalui efek kekebalan kelompok (herd immunity).

Kondisi ini terjadi ketika sebagian besar populasi telah menjadi kebal terhadap suatu penyakit sehingga individu lain yang rentan atau tidak dapat divaksinasi ikut terlindungi.

Itulah berbagai manfaat vaksin HPV yang perlu kamu ketahui. Karena itu, vaksinasi HPV sangat penting dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat dari infeksi HPV.

Hubungi Dokter Ini untuk Info seputar Vaksin HPV

Apabila kamu atau orang terdekat membutuhkan informasi seputar vaksin HPV, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat saran dan informasi yang tepat terkait vaksin HPV. 

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Kamu bisa menghubungi dokter Marsell Phang Sp.OG, yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, dia berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan merupakan anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman kerja selama 12 tahun, dokter Marsell Phang Sp.OG dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc mengenai informasi lengkap terkait vaksin HPV.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Effendy Gunawan Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Dokter Effendy Gunawan Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 16 tahun yang beliau miliki, dr. Effendy Gunawan Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai informasi mengenai vaksin HPV.

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Catat, Ini Syarat Vaksin HPV yang Wajib Diketahui.

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Rekomendasi berikutnya, terdapat dokter Lucia Leonie Sp.OG yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Maranatha pada tahun 2011 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2017. 

Saat ini, dokter Lucia Leonie Sp.OG berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan juga merupakan anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 13 tahun dalam bidangnya, dokter Lucia Leonie Sp.OG menyediakan layanan konsultasi melalui Halodoc jika kamu membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai vaksin HPV.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dokter Fitria Angela Umar Sp.OG. Beliau merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2015 dan 2022. 

Saat ini, dokter Fitria Angela Umar Sp.OG berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan turut menjadi anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman praktik selama 8 tahun, dokter Fitria Angela Umar Sp.OG menyediakan layanan konsultasi melalui platform Halodoc terkait vaksin HPV. 

Selain itu, beliau juga dapat memberikan konsultasi mengenai program hamil, kesuburan, serta keluarga berencana.

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan vaksin HPV.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi jika kamu membutuhkan informasi atau akan melakukan vaksin HPV. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar informasi yang kamu dapat tepat dan akurat. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cancer. Diakses pada 2024. Human Papillomavirus (HPV) Vaccines.
CDC. Diakses pada 2024. Human Papillomavirus (HPV) Vaccination: What Everyone Should Know.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. HPV Vaccine; HPV vaccine: Who needs it, how it works
Healthline. Diakses pada 2024. Is the HPV Vaccine Safe for Kids?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. HPV (Human Papillomavirus).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan