Ini Bahan Alami yang Cocok untuk Hand Cream

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Oktober 2022

“Penggunaan hand cream penting untuk menjaga kulit tangan tetap sehat dan lembab. Ada beberapa bahan alami yang cocok untuk dijadikan hand cream karena dianggap efektif untuk melembabkan kulit.”

Ini Bahan Alami yang Cocok untuk Hand CreamIni Bahan Alami yang Cocok untuk Hand Cream

Halodoc, Jakarta – Mencuci tangan secara rutin dan menggunakan hand sanitizer merupakan kebiasaan baik yang perlu dilakukan, untuk mencegah masuknya berbagai kuman penyakit ke dalam tubuh. Apalagi pandemi COVID-19 masih belum selesai. 

Sayangnya, masalahnya kebiasaan tersebut juga bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Nah, untuk mengatasinya, penggunaan hand cream bisa menjadi solusi yang baik dan praktis untuk dilakukan. 

Sekarang ini, sudah ada banyak produk hand cream yang bisa kamu temukan di toko-toko kecantikan dengan harga yang terjangkau. Kebanyakan dari mereka terbuat dari bahan alami yang efektif untuk melembabkan kulit tangan dan mengatasi kulit kering. Yuk, simak bahan alami apa saja yang cocok untuk hand cream di sini.

Pilihan Bahan Alami untuk Hand Cream

Berikut beberapa bahan alami yang cocok untuk hand cream:

1. Beeswax (lilin lebah)

Dikenal sebagai humektan alami, lilin lebah bisa menarik air dari udara ke kulit yang bisa membuat kulit tanganmu tetap lembab dalam waktu lama.

2. Essential oil

Minyak esensial yang populer untuk digunakan menjadi hand cream adalah lavender. Hal itu karena minyak tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang bisa memelihara kesehatan kulit tanganmu. 

3. Shea butter

Ini adalah pilihan bahan alami lainnya yang bisa membantu menjaga kulit tangan kamu tetap lembab dan segar, sehingga cocok untuk dijadikan bahan pembuat hand cream

Shea butter mengandung antioksidan yang larut dalam lemak seperti Vitamin E yang sangat regeneratif. Selain sifat antiinflamasinya, Vitamin A dan F sama-sama membantu memberikan kelegaan luar biasa untuk kondisi kulit kering.

Sebuah penelitian di National Library of Medicine menemukan 74% pasien dengan dermatitis (kulit kering yang parah), melaporkan perubahan yang signifikan dengan mengaplikasikan shea butter secara teratur.

4. Minyak kelapa

Menurut uji klinis yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology, minyak kelapa merupakan bahan alami yang efektif untuk kulit kering dan pecah-pecah. Minyak ini mengandung vitamin K dan E yang membantu memperbaiki kulit yang rusak. 

Selain itu, jumlah asam lemak yang tinggi dalam minyak kelapa, termasuk asam laurat, juga membantu mengatasi iritasi, gatal dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kulit kering. 

Sifat antijamur, antimikroba, antiinflamasi, dan antibakteri minyak kelapa juga terbukti bisa mengurangi gejala kulit kering dan rapuh yang sering ditemukan pada kulit yang rentan eksim. Itulah mengapa minyak kelapa cocok untuk dijadikan bahan hand cream.

5. Minyak vitamin E

Ketika dioleskan ke kulit, minyak vitamin E bisa membantu mengobati kulit kering. Soalnya, minyak tersebut meningkatkan pertumbuhan sel baru dengan mempercepat proses regenerasi sel. Minyak vitamin E juga melumasi membran sel yang mengembalikan kelembutan pada kulit yang kasar dan kering.

Manfaat Menggunakan Hand Cream

Kita hampir selalu menggunakan tangan kita sepanjang waktu untuk melakukan banyak hal, mulai dari mengangkat barang, menyentuh, mencuci, dan lain-lain. Apa pun yang kamu kerjakan, kulit tangan selalu terpapar pada berbagai macam benda secara terus menerus, apalagi bila kamu tidak mengenakan sarung tangan saat bekerja.

Bahkan ketika kamu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, deterjen dan berbagai sabun pembersih yang kamu gunakan untuk membersihkan rumah secara teratur, bisa membuat kulit tangan menjadi kering. 

Jangan sepelekan kulit tangan yang kering, karena kondisi tersebut tidak hanya bisa menyebabkan kulit tangan mengelupas, berdarah , tapi juga bisa menyebabkan peradangan pada kulit, jari melepuh dan buku-buku jari menjadi gelap. Itulah mengapa penting untuk menggunakan hand cream untuk menjaga kesehatan kulit tangan.

Sebelum menggunakan produk perawatan kulit tangan tersebut, kamu perlu mencuci tangan terlebih dahulu agar kuman dan kotoran yang ada di tangan hilang, dan nutrisi dari hand cream bisa terserap dengan baik.  

Gunakanlah hand cream segera setelah mandi. Setelah itu, jangan lupa gunakan kembali  setelah melakukan aktivitas atau pekerjaan rumah, seperti mencuci piring untuk memberikan kelembaban ekstra yang dibutuhkan oleh kulit tangan kamu.

Bila kamu mengalami masalah kulit yang parah, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Sekarang, kamu bisa berobat ke dokter dengan lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Caranya, tinggal buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
N Essentials. Diakses pada 2022. How To Make A Moisturising Hand Crean Using Natural Ingredients.
Life N Reflection. Diakses pada 2022. Homemade Hand Cream for Dry Hands: The Best Cracked Hands Remedy.
The Body Shop. Diakses pada 2022. Tips Menentukan Hand Cream yang Bagus Dan Cara Pakainya.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan