Ini Aturan Penggunaan Fluocinolone Acetonide yang Aman

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Mei 2023

“Ada beberapa aturan penggunaan fluocinolone acetonide yang perlu diketahui. Penting untuk mengetahui cara memakainya dan perhatian sebelum menggunakan obat.”

Ini Aturan Penggunaan Fluocinolone Acetonide yang AmanIni Aturan Penggunaan Fluocinolone Acetonide yang Aman

Halodoc, Jakarta – Masalah kulit seperti gatal, kemerahan, kering, perdagangan, hingga kulit dapat diobati dengan fluocinolone acetonide. Obat yang termasuk dalam golongan kortikosteroid ini harus kamu gunakan sesuai arahan dari dokter. 

Jika menggunakan fluocinolone acetonide terlalu banyak, terlalu sering, dan lebih lama dari yang dokter sarankan, maka bisa menyebabkan efek samping, seperti iritasi kulit. Pastikan juga untuk menggunakannya hanya pada kulit. Hindari paparan obat pada mata, luka, goresan, atau luka bakar. 

Agar lebih hati-hati dalam menggunakan fluocinolone  acetonide, simak mengenai aturan pemakaian yang aman!

Bagaimana Cara Aman Menggunakan Fluocinolone Acetonide?

Untuk menghindari risiko atau efek samping, ikuti cara penggunaan fluocinolone acetonide ini dengan cermat:

  • Gunakan obat hanya pada kulit. Namun, hindari menggunakan fluocinolone acetonide pada wajah, selangkangan, atau ketiak, kecuali dokter memang mengarahkan sebaliknya. Jika kamu mengalami gatal pada selangkangan, berikut pilihan 5 Jenis Obat Gatal Selangkangan yang Ampuh dan Aman.
  • Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat.
  • Cukup oleskan obat dengan lapisan tipis di atas kulit yang bermasalah. Hindari menutupnya dengan perban atau membalutnya, kecuali dokter mengarahkan sebaliknya. 
  • Jangan mengoleskan obat pada kulit yang sehat atau area kulit yang luas. Hindari juga jangan sampai obat masuk ke mata. Jika terkena mata secara tidak sengaja, segera bilas dengan air bersih mengalir.
  • Ingat, jangan gunakan obat lebih dari yang diresepkan. Pastikan untuk tidak menggunakannya lebih dari 14 hari. 
  • Sebelum memberikan obat ini pada anak, tanyakan terlebih dulu pada dokter spesialis anak. Kemungkinan perlu perawatan khusus.
  • Meskipun dapat digunakan pada anak berusia 2 tahun untuk kondisi tertentu, sebaiknya tetap lakukan tindakan pencegahan.
  • Apabila mengoleskan obat ke area popok anak, jangan menutupnya terlalu ketat. Sebab, hal tersebut dapat meningkatkan jumlah obat yang terkena kulit dan meningkatkan risiko efek samping serius. 
  • Pada orang yang lebih tua, sebaiknya gunakan obat ini dalam waktu singkat dan jarang. Sebab, orang lanjut usia atau lansia cenderung mengalami kerusakan kulit akibat penuaan, sehingga dapat meningkatkan efek samping dari fluocinolone acetonide.
  • Apabila merasa telah menggunakan obat ini terlalu banyak, segera hubungi dokter atau kunjungi unit gawat darurat (UGD).

Perhatian sebelum Menggunakan Fluocinolone Acetonide

Sebelum menggunakannya, ada risiko yang harus kamu pertimbangkan. Keputusan tersebut seharusnya dibuat oleh dokter dan setiap individu.

Di antaranya adalah:

1. Alergi

Beritahu dokter jika kamu pernah mengalami reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat lain. Beri tahu juga jika kamu memiliki jenis alergi lain, seperti makanan, bahan pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non resep, baca label atau bahan kemasan dengan cermat.

2. Ibu menyusui

Hingga saat ini belum ada penelitian memadai pada wanita untuk menentukan risiko pada bayi saat menggunakan fluocinolone acetonide selama menyusui. Pertimbangkan manfaat potensial terhadap potensi risiko sebelum menggunakan obat ini selama menyusui.

3. Interaksi dengan obat-obatan

Meskipun obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan secara bersamaan, dalam kasus lain ada dua obat berbeda yang dapat digunakan secara bersamaan meskipun interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus tersebut, dokter mungkin ingin mengubah dosisnya, atau memberikan tindakan pencegahan lain. Penting untuk memberi tahu dokter jika kamu sedang mengonsumsi obat resep atau tanpa resep lainnya.

Itulah yang perlu kamu cermati tentang aturan penggunaan fluocinolone acetonide yang aman. Pastikan untuk menggunakan obat secara hati-hati sesuai dengan petunjuk dokter atau label pada kemasan.

Referensi:
Medline. Diakses pada 2023. Fluocinolone Topical.
Healthline. Diakses pada 2023. Fluocinolone, Topical Cream.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Fluocinolone skin cream, ointment, or topical solution.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan