Ini Alasan dan 5 Tips Memilih Bidan yang Tepat untuk Persalinan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 September 2023

“Bidan kerap menjadi pilihan untuk layanan persalinan karena minim intervensi dan untuk persalinan yang lebih intim. Pastikan ibu dan ayah memilih bidan yang memiliki akreditasi baik, dengan pengalaman yang sudah tidak diragukan lagi.”

Ini Alasan dan 5 Tips Memilih Bidan yang Tepat untuk PersalinanIni Alasan dan 5 Tips Memilih Bidan yang Tepat untuk Persalinan

Halodoc, Jakarta – Persalinan dengan dibantu oleh seorang bidan adalah pilihan yang direkomendasikan dalam banyak kasus. Terutama untuk ibu hamil yang menginginkan perawatan yang personal dan holistik selama proses persalinan. 

Bidan memberikan perawatan yang sangat personal kepada ibu hamil. Mereka membangun hubungan yang kuat dengan pasien mereka, memahami kebutuhan dan preferensi pasangan.

Hal ini menciptakan rasa kepercayaan dan kenyamanan yang sangat penting selama persalinan. Meski begitu, perlu untuk memilih bidan yang tepat dan memahami bumil demi persalinan nyaman dan aman. 

Kriteria Memilih Bidan Andalan

Pastikan ibu dan ayah memilih bidan yang tepat untuk memberikan  edukasi dan membantu persalinan dengan baik. Berikut cara memilihnya:

1. Lisensi dan akreditasi

Pastikan bidan yang dipilih memiliki lisensi resmi dari otoritas kesehatan dan telah menyelesaikan pendidikan formal, di sekolah atau perguruan tinggi kebidanan yang terakreditasi.

Cari tahu juga mengenai reputasi profesional medis ini melalui ulasan dan testimoni dari pasien sebelumnya. Reputasi yang baik menunjukkan kepuasan pasien dengan pelayanan yang diberikan.

Jika memungkinkan, jadwalkan pertemuan sebelumnya untuk berdiskusi tentang perawatan yang diinginkan, dan mencari tahu apakah ibu dan ayah merasa sesuai dengan cara kerja bidan. 

2. Pengalaman

Periksa pengalaman bidan dalam merawat kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan. Profesional medis dengan pengalaman lebih dapat memberikan perawatan yang lebih baik, dan menghadapi berbagai situasi dengan lebih percaya diri.

Ini termasuk juga kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, kemampuan komunikasi dan caranya membangun interaksi dapat membantu dalam memahami kebutuhan dan kekhawatiran ibu dan ayah  dengan lebih baik.

Cari tahu apakah profesional medis yang hendak kamu pilih, mampu memberikan perhatian dan dukungan yang cukup selama perjalanan kehamilan dan persalinan? Sebab Perawatan yang penuh perhatian dan dukungan dapat membuat ibu merasa lebih nyaman dan yakin.

Mau tahu lebih jauh mengenai tugas dan peran bidan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Tugas dan Peran Bidan di Rumah Sakit“.

3. Lokasi praktik

Pilihlah bidan yang mudah diakses dan dekat dengan tempat tinggal. Tujuannya untuk menghindari mempermudah kontrol rutin atau tindakan darurat. Perjalanan jauh selama masa kehamilan dapat menimbulkan stres yang tidak perlu. 

Ketidaknyamanan dan kelelahan akibat perjalanan dapat berdampak negatif pada kesejahteraan ibu hamil. Dengan memilih lokasi praktik yang dekat, ibu hamil dapat menghindari stres tambahan ini. 

4. Pendekatan kesehatan

Pastikan tenaga medis ini memiliki pendekatan kesehatan yang sesuai dengan nilai dan preferensi pasangan. Beberapa bidan mungkin lebih mementingkan pendekatan alami, sementara yang lain lebih terfokus pada tindakan medis.

Ini termasuk juga kemungkinan kolaborasi dengan dokter. Pastikan bidan bersedia untuk bekerja sama dengan dokter kandungan jika diperlukan. Kolaborasi yang baik antara bidan dan dokter dapat meningkatkan perawatan yang komprehensif dan terkoordinasi.

5. Biaya dan asuransi

Pertimbangkan biaya perawatan dan apakah tenaga medis ini menerima asuransi kesehatan. Pastikan untuk membahas biaya perawatan dan pembayaran dengan jelas sebelum memutuskan untuk memilih bidan. 

Tarif melahirkan BPJS Kesehatan di bidan baik Puskesmas maupun FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) di rentang Rp 800 ribu sampai Rp 1,2 juta. Bidan hanya membantu persalinan normal. Jika ternyata ibu direkomendasikan untuk melakukan caesar maka bumil membutuhkan dokter kandungan.

Informasi lebih jelas mengenai persalinan dengan bidan bisa dibaca di artikel 10 Fakta Menarik Mengenai Bidan yang Perlu Diketahui.

Kapan Bumil Bisa Melahirkan dengan Dibantu Bidan?

Dalam beberapa situasi, persalinan dengan dibantu bidan adalah pilihan yang aman dan efektif. Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap kehamilan adalah hal yang kompleks, dan rekomendasi perawatan harus didasarkan pada kebutuhan bumil. 

Berikut adalah kondisi di mana bumil bisa melahirkan dibantu oleh profesional medis ini:

1. Kehamilan tidak berisiko tinggi

Dalam kehamilan yang normal dan sehat, bumil bisa memilih mendapatkan perawatan dari seorang bidan. Bidan dapat memberikan perawatan prenatal yang lengkap, mendampingi selama persalinan, dan memberikan perawatan pasca persalinan. 

2. Ketika persalinan normal menjadi pilihan

Ibu hamil yang menjalani persalinan yang normal, tanpa komplikasi, bisa  memilih untuk dibantu oleh seorang bidan. Tenaga medis pilihan ini dapat memberikan dukungan selama persalinan, memantau perkembangan janin, dan memberikan perawatan yang diperlukan tanpa intervensi medis yang berlebihan. 

Perawatan dengan dibantu bidan juga cenderung simpel dan rendah intervensi. Tertarik menjalani water birth, baca dulu faktanya di artikel Hal yang Perlu Ibu Ketahui Tentang Water Birth.

Itulah informasi mengenai cara memilih bidan. Kalau ibu punya pertanyaan seputar persalinan sehat, tanyakan saja ke dokter lewat Halodoc ya.✔️

Ibu juga bisa konsultasi langsung dengan bidan berpengalaman dan terpercaya melalui Layanan Bidan dari Halodoc.✔️ Bisa dari mana saja dengan biaya yang terjangkau.

Referensi: 
Kompas.com. Diakses pada 2023. 21 Penyakit dan Pelayanan Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan, Apa Saja?
Pop Mama. Diakses pada 2023. Alasan dan Tips Memilih Jasa Bidan untuk Persalinan.
Kompas. Diakses pada 2023. Mengenal Profesi dan Peran Bidan Menjaga Ibu saat Melahirkan.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan