Ini Ahli Medis yang Bisa Bantu Pengobatan Sindrom Tourette

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Juni 2024

“Sindrom tourette adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami dorongan untuk mengeluarkan suara dan melakukan gerakan tak disengaja, yang disebut tics. Segera hubungi dokter saraf di Halodoc untuk konsultasi terkait masalah sindrom tourette.”

Ini Ahli Medis yang Bisa Bantu Pengobatan Sindrom TouretteIni Ahli Medis yang Bisa Bantu Pengobatan Sindrom Tourette

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Sindrom Tourette adalah suatu kondisi neurologis yang menyebabkan seseorang mengalami dorongan untuk mengeluarkan suara dan melakukan gerakan-gerakan tertentu yang tidak disengaja. 

Gejala-gejala ini dikenal dengan istilah tics, yang bisa berupa gerakan motorik atau vokal. Tics dapat bervariasi dari yang sederhana, seperti berkedip atau mengangkat bahu, hingga yang lebih kompleks, seperti mengulang kata-kata atau frasa tertentu.

Kondisi ini biasanya mulai muncul pada masa kanak-kanak, seringkali antara usia lima dan tujuh tahun. Pada awalnya, sindrom Tourette mungkin sangat mengganggu dan menonjol, tetapi seiring berjalannya waktu, tics dan gejala lainnya cenderung membaik. 

Dalam beberapa kasus, tics bisa hilang sama sekali saat seseorang mencapai usia dewasa. Meskipun hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan sindrom Tourette, berbagai jenis pengobatan dan terapi dapat membantu mengelola gejala-gejalanya. 

Hubungi Dokter Ini Untuk Bantu Atasi Sindrom Tourette

Jika kamu atau orang terdekatmu mengalami gejala gangguan sindrom tourette dan kondisinya semakin memburuk, jangan ragu untuk segera hubungi dokter.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis saraf di Halodoc untuk konsultasi dan perawatan untuk mengatasi penyakit gangguan neurologis, seperti sindrom tourette.

Berikut adalah dokter saraf di Halodoc telah berpengalaman dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan serta mendapat ulasan positif dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S

Kamu dapat segera menghubungi dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S, yang merupakan dokter saraf alumni Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada tahun 2000 dan 2016. 

Kini, ia aktif berpraktik di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dan menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 24 tahun, ia dapat memberikan konsultasi melalui Halodoc terkait dengan masalah gangguan saraf, seperti sindrom tourette. 

Chat dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Mengalami masalah saraf kejepit? Kamu Perlu Tahu, Ini 4 Ciri-Ciri Saraf Kejepit dan Cara Mengatasinya.

2. dr. Fitri Damayanti Sp.N

Selanjutnya, kamu juga dapat menghubungi dr. Fitri Damayanti Sp.N. Ia merupakan dokter saraf lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada tahun 2007 dan 2019. 

Saat ini, ia berpraktik di Pangkep, Sulawesi Selatan, dan aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman 17 tahun, Dr. Fitri Damayanti Sp.N menyediakan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit saraf, termasuk sindrom tourette.

Chat dr. Fitri Damayanti Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Kamu perlu Kenali Fungsi Saraf Kranial pada Otak, Ini Penjelasannya.

3. dr. Lifea Sp.S

Kamu dapat menghubungi dr. Lifea Sp.S yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Udayana pada 1995. Ia kemudian melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar spesialis di Universitas Airlangga dan lulus pada 2004.

Saat ini, dokter Lifea berpraktik di Badung, Bali, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR 3521605421057492.

Dengan pengalaman selama 28 tahun, dr. Lifea Sp.S bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan sindrom tourette.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar stroke, vertigo dan gangguan keseimbangan, mati rasa dan kesemutan, nyeri sendi dan punggung, serta demensia. 

Chat dr. Lifea Sp.S mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

4. dr. Wid Patria W. Sp.S

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi dr. Wid Patria W. Sp.S. Ia adalah lulusan Universitas Gadjah Mada pada 1988 dan Universitas Indonesia pada 1998.

Saat ini, ia berpraktik di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dengan nomor STR HK00000114325575.

Berbekal pengalaman selama 37 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengan dr. Wid Patria W. Sp.S di Halodoc terkait nyeri sindrom tourette.

Dokter Wid Patria W. Sp.S juga bisa memberikan konsultasi seputar nyeri sendi dan punggung, mati rasa dan kesemutan, nyeri otot, vertigo dan gangguan keseimbangan, serta stroke.

Chat dr. Wid Patria W. Sp.S mulai dari Rp 175.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai rekomendasi dokter saraf yang dapat dihubungi melalui Halodoc untuk mendapatkan pengobatan dan pengobatan sindrom tourette.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Yuk, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2024. Tourette’s syndrome.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Tourette syndrome – Symptoms and causes.
WebMD. Diakses pada 2024. Tourette’s Syndrome: Causes, Symptoms, and Treatment.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan