Ini 7 Cara Mencegah agar Gejala Asam Urat Tidak Kumat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Januari 2024

“Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gejala asam urat agar tidak kambuh. Contohnya mulai dari menghindari asupan alkohol, hingga rutin mengonsumsi obat penyakit asam urat.”

Ini 7 Cara Mencegah agar Gejala Asam Urat Tidak KumatIni 7 Cara Mencegah agar Gejala Asam Urat Tidak Kumat

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi terjadi penumpukan kristal asam urat di beberapa bagian tubuh. Contohnya seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan yang paling sering terjadi adalah di jempol kaki. 

Rata-rata pengidap asam urat berusia 30 tahun ke atas dan lebih mudah menyerang pria. Namun bagi wanita, asam urat menyerang setelah masa menopause. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk asam urat dapat menyerang usia 20-an. 

Nah, pertanyaannya bagaimana cara mencegah gejala asam urat kambuh?

Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh

Di bawah ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah gejala asam urat agar tidak kumat

1.  Kurangi asupan alkohol

Konsumsi minuman beralkohol menjadi salah satu pemicu gejala asam urat. Alkohol adalah sumber purin yang cukup banyak. Purin adalah senyawa yang menghasilkan asam urat saat diuraikan oleh tubuh. Alkohol juga dapat meningkatkan metabolisme nukleotida. Ini adalah sumber purin tambahan yang dapat diubah menjadi asam urat.

Mau tahu obat-obatan alami dan medis untuk mengatasi gejala asam urat? Baca selengkapnya di artikel ini: “11 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping”.

2. Menurunkan berat badan

Pengidap obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terserangnya asam urat. Maka dari itu, ada baiknya melakukan diet untuk mengurangi berat badan yang berlebih, sehingga dapat mengurangi risiko terkena asam urat.

3. Berhenti merokok

Jika kamu perokok, sangat disarankan untuk berhenti merokok. Karena berhenti merokok merupakan salah satu pantangan yang harus dilakukan bagi pengidap asam urat.

4. Hindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi

Hindari konsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi berlebihan. Makanan dengan purin tinggi seperti jeroan, daging merah, dan seafood dapat memicu kambuhnya asam urat. Memangkas asupan makanan tersebut merupakan salah satu cara untuk mencegah gejala asam urat kambuh.

5. Konsumsi cairan yang cukup

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga merupakan langkah yang baik untuk mencegah gejala asam urat agar tidak kambuh.

6. Rutin berolahraga

Berolahraga dengan teratur juga merupakan upaya yang dapat dilakukan guna mencegah gejala asam urat kumat. Namun, sebaiknya hindarilah melakukan olahraga yang berat atau intens. Sebab, jenis olahraga ini dapat memberi banyak tekanan pada persendian.

7. Mengonsumsi obat asam urat secara teratur

Cara mencegah agar gejala asam urat tidak kambuh tentunya dapat dilakukan dengan rutin mengosumsi obat. Hal yang perlu ditegaskan, obat asam urat yang diminum harus berdasarkan saran dan anjuran dokter. 

Untuk langkah pengobatan secara medis, kamu dapat membaca selengkapnya di laman berikut: “Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Urat di Apotek yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Berbagai Gejala Asam Urat

Ada beberapa gejala gejala asam urat yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Merasakan sakit yang cukup hebat pada satu atau lebih bagian sendi
  • Sendi terasa panas dan terjadi pembengkakan pada area sendi yang terkena asam urat
  • Terjadi kemerahan pada sendi
  • Setelah gejala mereda dan bengkak mengempis, kulit pada area sendi yang terkena akan mengelupas

Gejala-gejala tersebut dapat berkembang dengan cepat selama beberapa jam dan biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 10 hari. Setelah waktu ini, rasa sakit akan hilang dan persendian akan kembali normal.

Faktor Pemicu Asam Urat

Terdapat faktor yang dapat meningkatkan seseorang terserang penyakit asam urat, antara lain: 

1. Faktor genetik

Faktor genetik dapat meningkatkan risiko mengidap asam urat. Riwayat keluarga yang mengidap asam urat dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk mengalami atau mengidap asam urat.

2. Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi

Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya asam urat. Makanan dengan purin tinggi antara lain adalah jeroan hewan, daging merah, dan beberapa jenis hidangan laut seperti sarden, teri, kerang, atau tuna. 

Ini juga menjadi salah satu faktor anak muda terserang asam urat. Baca juga penyebab lainnya di sini “Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

3. Cedera

Cedera fisik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya asam urat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat. Perlu dicatat bahwa hal ini bukan menjadi faktor utama terjadinya asam urat. Namun, juga didasari oleh pola makan, gaya hidup, dan kondisi medis pengidap.

4. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang membuat seseorang rentan terserang asam urat. Contohnya  pengidap penyakit jantung, obesitas, diabetes, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, hingga hipertensi.

Jika kamu merasakan gejala berkelanjutan, segera hubungi dokter melalui Halodoc dan segera download aplikasi Halodoc untuk informasi kesehatan lainnya.

Referensi
Kementerian Kesehatan. Diakses Pada 2023. Penyakit asam urat.
Cleveland Clinic. Diakses Pada 2023. Gout
NHS Inform. Diakses Pada 2023. Gout
NHS. Diakses Pada 2023. Gout
ARTHRITIS-health. Diakses Pada 2023. How to Prevent the Next Gout Attack
Halodoc. Diakses pada 2023. Benarkah Minuman Beralkohol Bisa Picu Asam Urat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan