Ini 6 Kondisi Kulit yang Bisa Diatasi dengan Dermal Filler

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Oktober 2022

“Dermal filler merupakan perawatan kecantikan yang digunakan untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan pada wajah. Perawatan ini bekerja dengan cara mengisi volume yang hilang pada garis-garis halus pada wajah, sehingga tekstur kulit rata kembali dan wajah terlihat mulus dan awet muda.”

Ini 6 Kondisi Kulit yang Bisa Diatasi dengan Dermal FillerIni 6 Kondisi Kulit yang Bisa Diatasi dengan Dermal Filler

Halodoc, Jakarta – Dermal filler merupakan salah satu perawatan yang cukup populer di dunia kecantikan. Suntikan ini bisa mengembalikan kolagen yang hilang seiring bertambahnya usia, menciptakan efek yang menyamarkan kerutan, dan menambah volume di area wajah yang diinginkan. Hasilnya, kulit wajah tampak halus dan awet muda.

Dermal filler juga tidak memerlukan pemulihan dan bisa memberikan hasil pada wajah secara langsung. Itulah mengapa perawatan kecantikan ini diminati banyak orang. Yuk, simak kondisi wajah apa saja yang bisa diatasi dengan dermal filler di sini.

Manfaat Dermal Filler untuk Kecantikan Wajah

Wajah kita terbentuk dari empat komponen struktural utama, yaitu kulit, lemak, otot dan tulang. Nah, seiring bertambahnya usia, tubuh mulai kehilangan kolagen. Ini adalah zat penting yang ada di seluruh tubuh, termasuk kulit, otot, tulang, dan jaringan ikat. 

Penurunan jumlah kolagen akan menyebabkan kulit wajah mengendur dan kehilangan volume. Kulit pun menjadi lebih tipis, kehilangan elastisitasnya, dan mulai melorot.

Seiring waktu, pengeroposan tulang di wajah terkait usia juga bisa menyebabkan retraksi garis rahang, penurunan hidung, dan hilangnya tulang pipi yang tinggi. 

Otot-otot wajah juga menurun dalam volume dan elastisitasnya, dan pengempisan dan pergerakan lemak wajah semakin menonjolkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kendur dan lainnya. Akibatnya, wajah akan terlihat lebih tua.

Nah, dermal filler bisa membantu mengembalikan volume yang hilang, dan menghaluskan kembali garis-garis di wajah, sehingga memulihkan penampilan wajah menjadi muda kembali.

Berikut beberapa kondisi wajah yang bisa diatasi dermal filler:

1. Mengembalikan volume pipi tirus

Pipi adalah area yang cenderung mengalami penurunan volume seiring bertambahnya usia,  terutama bagi para pelari & mereka yang terbiasa melakukan olahraga high impact. Pipi yang terlalu kurus bisa membuat wajah seseorang terlihat lebih tua. 

Nah, dermal filler bisa mengembalikan volume ke pipi tanpa efek “pembekuan wajah” yang didapatkan dari suntik Botox. Hasilnya, wajah akan tampak lebih segar dan lebih muda secara keseluruhan.

2. Memperhalus garis dahi

Tidak seperti botox yang melumpuhkan otot sementara untuk menghilangkan gerakan yang menyebabkan kerutan tertentu, dermal filler mengurangi munculnya garis statis yang terlihat di dahi bahkan saat wajah sedang istirahat. Suntikan ini benar-benar menghilangkan garis dengan mengisinya dengan asam hialuronat, komponen kulit yang sudah ada secara alami.

3. Menghilangkan garis marionette dan lipatan nasolabial

Garis-garis marionette adalah garis di bawah setiap sudut mulut yang secara signifikan bisa membuat wajah seseorang tampak lebih tua. Garis-garis tersebut mirip seperti garis-garis mulut pada boneka Marionette, sehingga disebut garis marionette

Nah, dermal filler bisa dengan mudah mengisi volume yang hilang di garis-garis tersebut, sehingga secara instan menghilangkan garis tersebut dari wajah dan mengembalikan keseimbangan dengan bagian wajah lainnya.

Sementara lipatan nasolabial sering disebut juga garis senyum, karena garis tersebut terlihat dari sisi hidung hingga ke sisi mulut. Area ini juga bisa dengan mudah dikoreksi dengan dermal filler untuk menciptakan tampilan wajah yang lebih lembut, awet muda tapi alami.

4. Mengurangi penampilan bekas luka

Bekas luka bisa membuat lekukan dan tekstur pada kulit tidak rata, serta mengganggu penampilan wajah. Bahkan, sekalipun itu tidak terlihat oleh orang lain, bekas luka di wajah tentu bisa mengurangi rasa percaya diri orang yang memilikinya. Kabar baiknya, dermal filler bisa digunakan untuk mengurangi penampilan bekas luka dan meratakan tekstur di sekitarnya.

5. Membentuk kembali dagu atau hidung

Dermal filler juga bisa menjadi pilihan cara non-bedah untuk memperbaiki atau membentuk kembali bagian wajah, seperti dagu, garis rahang atau hidung yang kurang sempurna. 

6. Mengisi volume bibir

Ini mungkin menjadi manfaat dermal filler yang paling dikenal, berkat beberapa selebriti Hollywood. Meskipun identik dengan bibir seksi yang terlihat tebal berlebih, pada dasarnya filler bibir dilakukan untuk meningkatkan bentuk bibir alami, dan meratakan tekstur dengan mengisi garis dan menciptakan simetri.

Itulah berbagai kondisi pada wajah yang bisa diatasi oleh dermal filler. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai prosedur perawatan kecantikan ini, hubungi saja ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Fresh Medical Aesthetics. Diakses pada 2022. 6 Areas Where Dermal Fillers Can Improve Your Face.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Dermal Fillers

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan