Ini 6 Jenis Kelas Kehamilan yang Bisa Ibu Hamil Ikuti

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Desember 2022

“Ada banyak pilihan kelas kehamilan yang bisa ibu hamil ikuti. Sebagai persiapan untuk menyambut persalinan dan fase menyusui.”

Ini 6 Jenis Kelas Kehamilan yang Bisa Ibu Hamil IkutiIni 6 Jenis Kelas Kehamilan yang Bisa Ibu Hamil Ikuti

Halodoc, Jakarta – Mengikuti kelas kehamilan adalah cara yang bagus untuk merasa lebih siap untuk menyambut kehadiran buah hati. Ini juga bisa jadi persiapan yang baik untuk ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan. 

Jenis kelas yang bisa Ibu ambil cukup beragam. Mulai dari persiapan melahirkan dengan lancar, yoga, hingga persiapan menyusui. Lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini!

Jenis-Jenis Kelas Kehamilan untuk Bumil

Berbagai kelas soal kehamilan dapat membantu Ibu mempersiapkan diri untuk melahirkan dan merawat bayi. Berikut ini beberapa kelas yang bisa Ibu ikuti:

1. Lamaze Class

Lamaze class adalah serangkaian kelas yang cukup populer di kalangan ibu hamil. Kelas ini pertama kali ada pada tahun 1950-an oleh seorang dokter Prancis. Fokusnya adalah pada teknik manajemen pernapasan dan nyeri, cara persalinan dengan atau tanpa obat-obatan.

Meski kelas khusus kehamilan ini sering jadi kelas anti anastesi persalinan, ini sebenarnya membahas pilihan pengobatan nyeri dan menjelaskan apa yang mungkin terjadi jika memutuskan untuk menggunakan pencegahan nyeri.

Kelas ini mungkin merupakan pilihan yang bagus, terutama jika berada di trimester kedua. Mengingat fokusnya pada ibu hamil dan ayah, kelas ini adalah cara yang baik untuk memastikan orang tua memiliki satu visi dalam hal persalinan.

2. Calmbirth Class

Kelas kehamilan ini menawarkan cara untuk membantu para ibu menemukan kembali kekuatan dan kegembiraan dari kehamilan dan persalinan. Oleh karena itu, program ini mengajarkan keyakinan bahwa kehamilan, persalinan, dan kelahiran adalah peristiwa kehidupan yang normal. 

Tujuan dari kelas ini adalah untuk memberdayakan orang tua, sehingga bisa mengambil kembali kendali atas pengalaman melahirkan. Dalam calmbirth, peran ayah atau pendamping persalinan sangat penting. Ayah atau pendamping akan belajar bagaimana mendukung ibu, dan menjadikan pengalaman itu sebagai kegembiraan bagi semua pihak.

3. Hypnobirthing Class

Filosofi di balik kelas hypnobirthing adalah menunjukkan rasa takut dan kecemasan sebagai penyebab rasa sakit. Jadi, ibu akan mempelajari teknik relaksasi mendalam yang dapat membantu mengurangi rasa takut dan membuat Ibu tetap nyaman selama persalinan. 

Kelas khusus kehamilan ini mengharapkan para Ibu bisa melahirkan dengan lancar, tanpa bantuan obat. Ini cocok untuk Ibu yang percaya pada kekuatan pikiran atas tubuh atau yang memiliki banyak kecemasan seputar persalinan. 

4. Aquanatal Class

Aquanatal class adalah kelas kehamilan yang berfokus pada senam di dalam air yang. Berbagai gerakannya memang khusus untuk ibu hamil, dengan panduan seorang fisioterapis. 

Kelas ini menawarkan kesempatan kepada ibu hamil untuk berolahraga dengan aman dan untuk efek maksimal dari minggu ke 20 – 40 kehamilan. Manfaatnya adalah membantu ibu hamil tetap bugar selama kehamilan, baik secara fisik maupun mental.

5. Antenatal Yoga Class

Sama seperti jenis kelas persiapan persalinan lainnya, yoga prenatal adalah pendekatan multifaset untuk latihan yang mendorong peregangan, pemusatan mental, dan pernapasan terfokus.

Kelas khusus ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayinya. Pasalnya, kelas ini dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kekuatan, kelenturan dan daya tahan otot yang Ibu butuhkan untuk melahirkan.

Selain itu, yoga prenatal juga dapat mengurangi nyeri punggung bawah, mual, sakit kepala, dan sesak napas. Ini juga dapat membantu Ibu bertemu dan menjalin ikatan dengan ibu hamil lainnya dan mempersiapkan diri menghadapi stres menjadi orang tua baru.

6. Kelas Persiapan Menyusui

Seperti namanya, kelas kehamilan ini akan mengajarkan Ibu semua yang perlu Ibu ketahui tentang menyusui. Termasuk cara mempersiapkan menyusui, cara terbaik untuk menyusui bayi baru lahir, posisi mana yang nyaman, dan cara mengatasi masalah umum seperti kelebihan pasokan ASI.

Itulah beberapa kelas kehamilan yang dapat ibu hamil ikuti. Selain mengikuti kelas, penting juga untuk memeriksakan kondisi kehamilan secara teratur. Agar mudah, Ibu bisa download Halodoc untuk membuat janji medis dan menjalani pemeriksaan.

Referensi:
Pregnancy Birth & Baby. Diakses pada 2022. Antenatal Classes.
The Bump. Diakses pada 2022. Your Comprehensive Guide to Childbirth Classes.
Pregnancy Birth & Beyond. Diakses pada 2022. Calmbirth.
Everymum. Diakses pada 2022. The Benefits Of Aquanatal Classes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Prenatal Yoga: What You Need To Know.
Mama Natural. Diakses pada 2022. Breastfeeding Classes: 6 Reasons to Sign Up Before Baby’s Born.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan