Ini 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat yang Ampuh untuk Dewasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Juni 2024

“Sensasi gatal dan perih akibat biang keringat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa rekomendasi obat biang keringat untuk dewasa dan anak-anak, yaitu Caladine Adult Caring Powder, Sriti Krim, dan Konicare.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat yang Ampuh untuk DewasaIni 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat yang Ampuh untuk Dewasa

DAFTAR ISI

Obat Biang Keringat untuk Dewasa 


Halodoc, Jakarta – Biang keringat atau yang bisa juga disebut dengan miliaria adalah ruam kulit akibat keringat yang terperangkap di bawah kulit. Masalah ini rentan terjadi di area beriklim lembap dan hangat.

Biang keringat terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat. Gejala biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, ada beberapa obat biang keringat yang bisa membantu untuk meredakan masalah ini. Mau tahu apa saja rekomendasinya? Berikut ulasannya!

Obat Biang Keringat untuk Dewasa 

Biang keringat adalah penyakit yang ditandai dengan bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit, dan terasa rasa gatal serta perih. Bintik kecil tersebut berwarna kemerahan, coklat, atau berubah menjadi kehitaman.

Biang keringat umumnya terjadi pada anak-anak, tapi juga bisa dialami oleh orang dewasa. Ada beberapa rekomendasi obat biang keringat yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Caladine Adult Caring Powder 100 g

Caladine Adult Caring Powder adalah bedak tabur yang dapat digunakan oleh orang dewasa untuk mengatasi biang keringat dan bau badan. Tidak hanya itu, bedak tabur ini juga dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Untuk penggunaanya, kamu bisa menaburkan bedak ini sesuai dengan kebutuhan tiap habis mandi.

Rentang harga: Rp18.900 – Rp26.200 per botol. 

Dapatkan Caladine Adult Caring Powder 100 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Konicare Pengurang Gatal Gel 30 ml

Rekomendasi selanjutnya adalah Konicare Pengurang Gatal yang efektif membantu mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat, gigitan nyamuk atau serangga, alergi, dan iritasi ringan. Obat biang keringat dewasa dan anak-anak ini mengandung:

Dengan komposisi ekstrak bunga Hammamelis dan aloe vera, minyak ini dapat digunakan dengan cara dioleskan secara merata pada area kulit yang gatal sesuai dengan kebutuhan.

Rentang harga: Rp8.100 – Rp13.400 per botol. 

Dapatkan Konicare Pengurang Gatal Gel 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Sriti Cream 10 g

Sriti Cream 10 g adalah salep antigatal yang mengandung benzethonium chlorida. Kandungan dalam salep ini berguna sebagai antibakteri yang dapat mengatasi masalah kulit seperti jamur, kadas, kurap, kudis, hingga biang keringat.  

Cara menggunakan salep ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan salep ini secara tipis di area kulit yang terinfeksi sebanyak 2-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp8.300 – Rp22.400 per tube.

Dapatkan Sriti Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Orphen 4 mg 10 Kaplet

Orphen merupakan obat kaplet yang berisi 10 kaplet per stripnya. Obat ini mengandung chlorpheniramine maleate 4 mg yang memiliki fungsi sebagai antihistamin untuk mengatasi gejala alergi.

Selain mengatasi alergi, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi pilek, gatal-gatal, dan biduran.

Dosis penggunaannya adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 kaplet. Untuk anak-anak 6-12 tahun, cukup konsumsi sebanyak ½ kaplet saja.

Rentang harga: Rp3.900 per strip.

Dapatkan Orphen 4 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Caladine Lotion

Rekomendasi obat biang keringat dewasa dan anak-anak adalah merek Caladine Lotion 60 ml. Di dalamnya mengandung 5% calamine, 10% zinc oxyde, dan 2% diphenhydramine HCL. 

Caladine otion tak hanya mampu mengatasi biang keringat saja, tapi juga dapat digunakan sebagai antialergi, antiseptik, dan penyejuk kulit. Penggunaannya 2-4 kali sehari sesuai kebutuhan.

Rentang harga: Rp20.900 – Rp21.000 per botol.

Dapatkan Caladine Lotion 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Selain dengan obat-obatan, pengidap biang keringat juga perlu menjaga kulit tetap sejuk agar tidak berkeringat dan menyebabkan iritasi pada ruam. Caranya dengan memakai pakaian dari bahan katun, mandi air dingin, dan banyak minum air putih.

Segera tanyakan dokter spesialis kulit jika gejala dan rasa sakitnya masih berlanjut. Semua obat di atas bisa kamu dapatkan di Toko Kesehatan Halodoc. Obat yang kamu pesan akan dikirimkan ke rumahmu di hari yang sama.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2023. Heat rash (prickly heat).
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Prickly Heat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan