Ini 5 Pilihan Obat Pereda Sakit Lutut yang Ampuh di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2024

“Penggunaan obat sakit lutut berguna untuk meringankan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Beberapa rekomendasinya yaitu Mediflex Cream, Counterpain Cream, Osteor-C Cream, Blood Kneeheat, dan Neo Rheumacyl Tablet yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini 5 Pilihan Obat Pereda Sakit Lutut yang Ampuh di ApotekIni 5 Pilihan Obat Pereda Sakit Lutut yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Sakit lutut adalah sensasi rasa tidak nyaman yang terjadi di dalam atau di sekitar sendi lutut. Lutut merupakan sendi terbesar di tubuh dan berfungsi untuk menopang banyak beban saat bergerak.

Nyeri lutut bisa menjadi masalah yang rentan terjadi dan dapat membaik dalam beberapa hari. Namun, kondisi ini  juga bisa menjadi masalah kronis (jangka panjang) yang memerlukan pengobatan. 

Mau tahu apa saja obat sakit lutut yang ampuh mengatasinya? Ini rekomendasinya!

Rekomendasi Obat Pereda Sakit Lutut yang Ampuh

Inilah beberapa rekomendasi obat sakit lutut yang bisa kamu mengonsumsi untuk mengatasinya, di antaranya:

1. Mediflex 10% Cream 30 g

Untuk meredakan lutut, kamu bisa gunakan sediaan topikal seperti krim Mediflex 10%. Obat sakit lutut ini dapat membantu mengurangi nyeri akibat rematik, osteoarthritis, dan gangguan persendian lainnya, mulai dari nyeri sendi, kaku, dan bengkak. 

Sediaan ini mengandung zat aktif Glucosamine sulfate yang juga dapat digunakan sebagai pereda nyeri pada punggung, leher, lutut, tungkai, jari tangan, dan pergelangan tangan. Cukup oleskan 1-2 kali sehari pada bagian sendi yang sakit. 

Apabila kamu masih merasakan nyeri pada sendi, sebaiknya hindari juga pantangan makanan ini untuk mempercepat penyembuhan: “Waspadai 7 Jenis Makanan yang Bisa Picu Nyeri Sendi”.

Kisaran harga: Rp111.500 per tube.

Dapatkan Mediflex 10% Cream 30 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Counterpain Cream 15 g

Counterpain cream adalah krim pereda nyeri yang dapat meringankan rasa sakit pada otot akibat keseleo, nyeri sendi, dan encok. 

Gunakan krim atau obat sakit lutut ini pada bagian yang sakit sebanyak 1-3 kali sehari. Perlu digarisbawahi, krim ini hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar saja. 

Jika nyeri sendi tidak berkurang hingga 10 hari atau muncul kemerahan di kulit, segera konsultasikan pada dokter. 

Kisaran harga: Rp33.800 per tube. 

Dapatkan Counterpain Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Osteor-C Cream 60 g

Obat sakit lutut ini mengandung zat aktif glucosamine, chondroitin, ekstrak capsicum, methyl salisilat, dan camphora. Kandungan tersebut dapat membantu meringankan nyeri sendi dan nyeri otot. 

Kamu juga bisa menggunakannya untuk meredakan nyeri pada punggung, leher, bahu, pergelangan, dan jari tangan serta mengurangi pembengkakan dan peradangan sendi

Sebelum kamu mengoleskan krim ini, cuci bersih kulit dan keringkan. Lalu, oleskan pada bagian sendi yang sakit dan pijat sampai krim tidak terlihat. Gunakan setiap hari selama minimal 2 minggu. 

Rentang harga: Rp126.900 – Rp259.300 per tube.

Dapatkan Osteor-C Cream 60 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Blood Kneeheat Sachet

Blood Kneeheat Sachet adalah produk pad dengan perekat elastis yang mempunyai fungsi 2 in 1, yaitu meredakan nyeri dan menghangatkan sendi. 

Perekat ini akan otomatis menghasilkan panas yang optimal dalam waktu 5-10 menit setelah kontak dengan udara. Kamu bisa tempelkan pad ini di area lutut lalu rekatkan. 

Jika sakit lutut kamu tidak kunjung membaik, bisa jadi kamu mengidap asam urat. Ini gejala lain yang akan kamu rasakan: “Sakit Lutut Tiba-Tiba, Waspada Terjangkit Asam Urat”.

Kisaran harga: Rp21.700 per sachet.

Dapatkan Blood Kneeheat Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Neo Rheumacyl 20 Tablet

Selai menggunakan krim dan pad, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang diminum, seperti Neo Rheumacyl 20 Tablet. Obat ini mengandung parasetamol dan ibuprofen. 

Kamu bisa mengonsumsinya untuk membantu meredakan nyeri sendi, otot, haid, dan pegal linu sebanyak 1 tablet 3-4 kali sehari sesudah makan. 

Perlu diketahui, pengidap ulkus peptikum berat, gangguan hati dan ginjal, serta ibu hamil trimester 3 harus lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.  

Kisaran harga: Rp10.500 per strip.

Dapatkan Neo Rheumacyl 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit lutut yang bisa kamu konsumsi. Sekarang, kamu bisa dapatkan obat-obatan di atas melalui Toko Kesehatan Halodoc kapan saja. Produknya dikirim dari apotek tepercaya dan 100% asli. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Knee Pain.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Knee pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan