Ini 5 Obat Dermatitis untuk Mengatasi Gatal dan Ruam Merah

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Juli 2024

“Dermatitis bisa membuat kulit kering dan ruam, dan semakin parah jika digaruk. Atasi dengan obat-obatan seperti Hydrocortison Cream, Protocort, Zensoderm, Orsaderm dan Benoson yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Obat Dermatitis untuk Mengatasi Gatal dan Ruam MerahIni 5 Obat Dermatitis untuk Mengatasi Gatal dan Ruam Merah

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Dermatitis yang Bisa Ditemukan di Apotek


Halodoc, Jakarta – Munculnya rasa gatal, ruam merah, dan kulit kering bisa jadi pertanda seseorang terkena dermatitis. Penyebabnya beragam, mulai dari faktor genetik, infeksi, alergi, iritasi zat, atau sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. 

Dermatitis memiliki varian yang beragam, seperti dermatitis atopik (eksim), dermatitis kontak, dan dermatitis seboroik (ketombe). Meskipun tidak menular, dermatitis bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, yang jika digaruk akan merusak kulit dan menyebabkan luka terbuka. 

Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini, misalnya dengan menggunakan pelembap atau obat-obatan. Mau tahu apa saja rekomendasi obat dermatitis di apotek? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Pilihan Obat Dermatitis yang Bisa Ditemukan di Apotek

Berikut beberapa obat yang ampuh untuk atasi dermatitis dan mudah dicari:

1. Hydrocortisone Cream 2.5% 5 g

Rekomendasi obat dermatitis yang pertama adalah Hydrocortisone. Obat  satu ini berjenis adrenokortikal steroid berbentuk krim yang mempunyai sifat anti peradangan, anti alergi, dan anti pruritus pada jaringan kulit. 

Hydrocortison bisa digunakan untuk mengatasi dermatitis atopik (eksim), inflamasi, kemerahan, dan gatal-gatal.

Tak hanya eksim, jenis dermatitis lainnya seperti dermatitis alergi, dermatitis kontak, pruritus anogenital, dan neurodermatitis juga bisa diobati dengan obat ini. 

Untuk pemakaiannya, oleskan Hydrocortison secara tipis pada area kulit yang membutuhkan.

Hal penting lain yang harus diingat, obat ini tergolong obat keras jadi pastikan kamu  membawa resep dokter untuk membelinya. 

Kisaran harga: Rp11.000 per tube. 

Dapatkan Hydrocortison Cream 2.5% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Pelajari fakta-fakta lain seputar dermatitis atopik di sini: “Tak Hanya Gatal, Dermatitis Atopik Berisiko Turunkan Kualitas Hidup Pengidapnya”. 

2. Protocort 0.05% Cream 10 g 

Obat dermatitis berikutnya yaitu Protocort 0.05% Cream 10 g. Di dalamnya mengandung betamethasone dipropionate 0.05%, obat yang termasuk golongan kortikosteroid untuk dapat mengatasi penyakit kulit seperti eksim dan dermatitis. 

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Biasanya diberikan dengan cara dioles pada bagian yang sakit atau meradang, 1-2 kali sehari. 

Saat menggunakannya, waspadai efek samping berupa rasa panas terbakar, nyeri tersengat, gatal, serta perubahan pada kulit. Sebaiknya segera hentikan pemakaian dan konsultasikan diri ke dokter jika mengalami efek samping tersebut. 

Rentang harga: Rp32.400 – Rp42.900 per tube.

Dapatkan Protocort 0.05% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Pelajari fakta-fakta lain seputar dermatitis atopik di sini: “Tak Hanya Gatal, Dermatitis Atopik Berisiko Turunkan Kualitas Hidup Pengidapnya”. 

3. Zensoderm Cream 10 g 

Zensoderm Cream merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi kulit termasuk eksim dan dermatitis. Obat ini mengandung betamethasone valerate 0.1% dan Gentamicin sulfate 0,1%. 

Zensoderm Cream bisa digunakan dengan cara mengoleskannya ke area kulit yang mengalami infeksi, sebanyak 2-3 kali sehari. 

Karena masuk dalam kategori obat keras, Zensoderm Cream harus digunakan dengan resep dokter. Obat dermatitis ini bisa menimbulkan efek samping berupa rasa terbakar, kulit kering, iritasi, gatal, hingga atrofi kulit. 

Kisaran harga: Rp7.1000

Dapatkan Zensoderm Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Orsaderm Cream 5 gr 

Orsaderm Cream jadi pilihan obat dermatitis berikutnya yang bisa kamu gunakan. Ini bisa jadi pilihan obat jangka pendek untuk penyakit kulit yang resisten seperti psoriasis, eksim, lichen, serta gatal-gatal. 

Kamu bisa menggunakannya dengan cara dioles ke area kulit yang mengalami peradangan, sebanyak 2-3 kali sehari. Tentu aturan ini harus disesuaikan kembali dengan resep atau petunjuk dokter. 

Penting untuk diperhatikan, obat ini tidak disarankan bagi orang yang memiliki kondisi tertentu. Contohnya orang dengan riwayat hipersensitif pada betamethasone dan obat golongan kortikosteroid lainnya, orang yang baru menerima vaksin, pengidapTB kulit, serta penderita infeksi atau jamur. 

Rentang harga: Rp4.600-Rp7.000

Dapatkan Orsaderm Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Benoson 0,1% Cream 5 g

Terakhir ada Benoson 0,1% Cream 5 g untuk mengatasi penyakit kulit seperti eksim dan dermatitis. Obat dermatitis ini bekerja dengan cara meringankan inflamasi, sehingga nantinya kulit yang mengalami peradangan akan terasa lebih nyaman. 

Benoson mengandung Betametason (valerat) 0.1% dan termasuk dalam golongan obat keras. Penggunaannya harus di bawah pengawasan medis atau berdasarkan resep dokter. 

Aturan pakainya, cukup dengan dioleskan ke bagian kulit yang mengalami peradangan sebanyak 2-3 kali sehari. Saat menggunakannya, kamu perlu menghindari area yang sensitif seperti mata, hidung, dan mulut. 

Kisaran harga: Rp19.400 per tube. 

Dapatkan Benoson 0,1% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat dermatitis ampuh dan efektif yang bisa dicari di apotek. Jika kamu ragu terkait penggunaan dan dosis obat di atas, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi dokter di Halodoc. 

Selain obat-obatan tersebut, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Tak perlu repot, karena produknya akan dikirim dari apotek terpercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Dermatitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Dermatitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan