Ini 5 Makanan Terbaik untuk Tambah Berat Badan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 November 2020
Ini 5 Makanan Terbaik untuk Tambah Berat BadanIni 5 Makanan Terbaik untuk Tambah Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya kelebihan berat badan, nyatanya kondisi kekurangan berat badan pun banyak menimbulkan risiko gangguan kesehatan. Mulai dari kondisi malnutrisi, hingga menurunnya imunitas tubuh. Untuk itu, sebaiknya jangan sepelekan masalah kekurangan berat badan yang dapat memengaruhi kualitas hidup maupun kesehatan kamu.

Baca juga: Ini Cara Sehat Menambah Berat Badan

Berbagai faktor menjadi penyebab seseorang mengalami kesulitan untuk menambah berat badan, seperti genetik hingga kondisi kesehatan mental. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar berat badan bertambah secara alami, mulai dari rutin berolahraga, hingga memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi. Nah, tidak ada salahnya ketahui beberapa jenis makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk menambah berat badan, di sini!  

Inilah Makanan yang Bisa Tambahkan Berat Badan

Bagi sebagian orang, menambahkan berat badan merupakan hal yang sulit, meskipun berbagai usaha telah dilakukan. Ada berbagai pemicu yang dapat menyebabkan kamu sulit menambah berat badan, meskipun telah makan dengan porsi yang banyak, seperti genetik, terlalu banyak aktivitas, memiliki penyakit kronis, hingga mengalami kondisi stres.

Selain berolahraga, kamu juga perlu mengatur kembali pola makan agar kenaikan berat badan dapat kamu rasakan secara alami. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk mengonsumsi jenis makanan terbaik yang bisa membantu kamu untuk menambah berat badan secara alami.

1.Daging Merah

Daging merah menjadi salah satu makanan terbaik yang bisa membantu kamu menambah berat badan. Hal ini disebabkan daging merah memiliki kandungan leusin didalamnya yang dapat menstimulasi sintesis protein otot dan menambah jaringan otot yang baru. Penambahan otot inilah yang dapat membantu kamu untuk menambah berat badan. Kandungan kalori dalam daging merah pun terbilang tinggi sekitar 456 kalori dan 49 gram protein.

2.Alpukat

Tidak ada salahnya konsumsi buah alpukat untuk menambah berat badan secara sehat. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan kalori yang cukup tinggi sekitar 200 kalori. Dengan mengonsumsi alpukat, kamu bisa menambah asupan kalori untuk menambah berat badan serta memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Satu buah alpukat mengandung kalium, vitamin K, dan juga serat yang cukup tinggi.

Baca juga: Badan Terlalu Kurus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3.Susu

Susu menjadi salah satu jenis minuman yang dapat membantu kamu untuk menaikkan berat badan secara alami. Mengonsumsi susu secara rutin baik untuk memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, hingga lemak. Susu juga menjadi sumber kalsium dan vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

4.Kentang

Kentang menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung pati. Kandungan pati pada kentang dapat membantu kamu untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan otot, serta menambah berat badan secara alami dan sehat.

5.Pasta

Tentunya hampir semua orang menyukai pasta karena proses masaknya yang cukup mudah. Pasta menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, sehingga baik untuk membantu kamu menambah berat badan. Cukup tambahkan keju dan sayuran kesukaan kamu, agar kamu bisa menikmati makan siang atau malam dengan pasta.

Untuk mengetahui pola makan sehat yang bisa dijalankan, tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar pola makan dan asupan gizi yang dibutuhkan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Waspada Kekurangan Berat Badan

Sebaiknya jangan sepelekan kondisi berat badan yang terlalu rendah. Hampir sama dengan kelebihan berat badan, kekurangan berat badan pun rentan menyebabkan seseorang mengalami berbagai gangguan kesehatan yang cukup berbahaya, seperti:

  1. Malnutrisi yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi tubuh.
  2. Menurunnya imunitas tubuh yang menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap paparan virus, bakteri, maupun penyakit lainnya.
  3. Kekurangan berat badan tingkatkan risiko gangguan kesuburan pada wanita. Bahkan, kekurangan berat badan dapat menyebabkan gangguan menstruasi.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Orang Kurus yang Ingin Gemuk

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi ketika mengalami kekurangan berat badan. Selain mengonsumsi makanan sehat, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin untuk membentuk otot, sehingga kamu dapat menambah berat badan dengan cara yang tepat. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih, tetapi hindari minum terlalu banyak sebelum makan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How Do You Gain Weight Quickly and Safely?
Very Well Fit. Diakses pada 2020. 8 Best Foods to Help You Gain Weight.
National Health Service. Diakses pada 2020. Underweight Adults.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan