Ini 5 Khasiat Jika Rajin Konsumsi Andrographis Paniculata

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 September 2022

“Ada beberapa khasiat yang diyakini dapat diperoleh dari mengonsumsi andrographis paniculata. Salah satunya adalah membantu kesehatan jantung, karena daun ini dinilai mampu mencegah penggumpalan sekaligus penyempitan pembuluh darah.”

Ini 5 Khasiat Jika Rajin Konsumsi Andrographis PaniculataIni 5 Khasiat Jika Rajin Konsumsi Andrographis Paniculata

Halodoc, Jakarta – Sambiloto atau andrographis paniculata merupakan tanaman herbal yang berasal dari beberapa negara di kawasan Asia Selatan. Di Indonesia sendiri, daun dan batang dari tanaman ini dianggap sebagai makanan sehat sehingga kerap dijadikan sebagai bahan ramuan herbal. 

Sebab, daun andrographis paniculata memiliki berbagai kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya seperti antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, hingga senyawa peningkat kekebalan imun tubuh. 

Lantas, kira-kira apa saja khasiat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi andrographis paniculata? Yuk, simak informasinya di sini!

Khasiat Konsumsi Andrographis Paniculata

Berikut adalah beberapa khasiat yang diyakini dapat diperoleh jika kamu rajin mengonsumsi andrographis paniculata: 

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Salah satu khasiat dari mengonsumsi andrographis paniculata adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1994 silam. Di mana penelitian tersebut menjelaskan bahwa daun tanaman herbal ini dinilai mampu mencegah penggumpalan sekaligus penyempitan pembuluh darah. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun tanaman herbal ini. Kendati demikian, pastikan juga untuk selalu menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. 

2. Mengobati flu 

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, dan kerap menyerang di musim penghujan. Nah, khasiat yang dipercaya dapat diperoleh dari konsumsi daun andrographis paniculata selanjutnya adalah mengobati flu. 

Sebab, daun sambiloto diketahui bersifat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dipercaya dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan pada seseorang yang mengidap flu. Meski begitu, penelitian dan data ilmiah yang lebih mendalam masih diperlukan guna memastikan efektivitasnya. 

3. Meredakan gejala osteoarthritis 

Osteoarthritis merupakan peradangan yang bersifat kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, tidak ada obat untuk menyembuhkan masalah persendian ini. Alhasil, pengobatan osteoarthritis hanya dilakukan untuk meredakan gejalanya. 

Nah, ekstrak daun andrographis dikabarkan dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi pada pengidap osteoarthritis. Baik pada osteoarthritis ringan maupun sedang pada lutut. Meski menjanjikan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu penggunaan ekstraknya dengan dokter. 

4. Membantu menyembuhkan infeksi 

Manfaat dari daun andrographis paniculata selanjutnya adalah diyakini dapat membantu menyembuhkan infeksi. Hal ini lantaran daun tersebut memiliki senyawa antibakteri. Nah, mengonsumsi daun ini setiap harinya dikabarkan dapat mengatasi infeksi tenggorokan dan amandel atau tonsillopharyngitis. 

Daun andrographis paniculata dan senyawa antibakterinya akan bekerja selayaknya acetaminophen, sehingga dapat mengurangi demam dan nyeri, akibat penyakit tersebut. 

5. Mencegah diabetes

Daun andrographis paniculata diduga kuat dapat mencegah penyakit diabetes. Hal ini merujuk pada penelitian yang dipublikasikan pada Indian Journal of Pharmacology. Di mana penelitian tersebut menunjukkan bahwa daun sambiloto mampu menurunkan kadar trigliserida, glukosa, dan kolesterol pada seekor tikus. Kendati demikian, penelitian lebih mendalam yang dilakukan pada manusia masih diperlukan, guna mengetahui efektivitas daun ini dalam mencegah diabetes. 

Itulah beberapa khasiat yang diyakini dapat diperoleh dari daun andrographis paniculata. Meski potensi khasiatnya masih memerlukan penelitian dan data ilmiah lebih mendalam, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun ini. 

Namun, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter, sebelum kamu mengonsumsinya, ya. Pasalnya, daun sambiloto juga berisiko menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu efek sampingnya adalah masalah pencernaan seperti diare dan muntah. 

Selain itu, pastikan juga untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, sebagai bagian dari pola hidup sehat. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisimu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2022. Andrographis – Uses, Side Effects, and More. 
Chinese Medical Journal. Diakses pada 2022. Prevention of Atherosclerotic Arterial Stenosis and Restenosis After Angioplasty with Andrographis Paniculata Nees and Fish Oil. Experimental Studies of Effects and Mechanisms.
Indian Journal of Pharmacology. Diakses pada 2022. Antidiabetic and Antihyperlipidemic Effect of Andrographis Paniculata (Burm. f.) Nees and Andrographolide in High-Fructose-Fat-Fed Rats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan