Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Kudis pada Kulit

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Mei 2024

“Untuk mencegah kudis, biasakan diri untuk menjaga kebersihan tubuh, sering-sering mencuci dan jangan berbagi barang pribadi, hingga menjaga kebersihan rumah. Selain itu, gunakan juga obat-obatan seperti Salep Nosib 14 g dan Hydrocortisone Cream 2.5% 5 g yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Kudis pada KulitIni 5 Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Kudis pada Kulit

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat-Obatan untuk Basmi Kudis 


Halodoc, Jakarta – Kudis adalah kondisi munculnya ruam disebabkan oleh tungau bernama Sarcoptes Scabiei. Tungau ini membuat liang di bawah kulit dan menyebabkan benjolan merah kecil yang terasa amat gatal. Kudis mudah menular dari orang ke orang. Apalagi jika tinggal berdekatan dengan pengidapnya. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Ada sejumlah kebiasaan sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah kudis. Semua kebiasaan ini berhubungan erat dengan kebersihan, baik kebersihan diri atau kebersihan lingkungan. Sebab tungau penyebab kudis  bisa juga menyebar dari kontak dengan barang-barang. Yuk simak sama-sama ulasannya! 

Beberapa Kebiasaan Baik yang Bisa Mencegah Kudis

Untuk mencegah kudis ada beberapa upaya atau kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Jagalah kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan diri sendiri bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Tapi, harus rutin dilakukan. Seperti mencuci tangan dan mandi dengan menyabuni semua bagian tubuh. Apalagi jika kamu baru pulang dari luar atau melakukan aktivitas yang membuat berkeringat. Mandi secara teratur setiap harinya dapat membuang kotoran, minyak, serta tungau penyebab kudis. 

Saat mandi, perhatikan area tubuh yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya tungau, seperti sela-sela jari, di bawah kuku, serta di bawah pinggang. Utamakan membersihkan area-area ini dengan lebih teliti untuk mengurangi risiko infeksi.  

Jika kamu mulai merasakan gejala kudis atau punya anggota keluarga yang sedang terserang kudis, kamu bisa cari obat-obatan yang ampuh dengan baca artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Gudik yang Ampuh dan Aman di Apotek”.

2. Rutin mencuci pakaian dan seprai

Ada satu cara mencuci yang ampuh untuk mengusir tungau kudis, yaitu dengan menggunakan air sabun panas. Mencuci sprei, baju, atau bahkan barang pribadi lain seperti handuk dengan air yang bersuhu tinggi bisa membunuh tungau kudis dan juga telurnya. 

Sebaiknya, kamu mencuci barang-barang ini setelah tiga hari pemakaian agar pencegahan bisa lebih cepat dilakukan.

3. Jangan berbagi barang pribadi

Terkadang kita memang harus bisa menolak meminjamkan  barang-barang milik kita kepada orang lain. Apalagi barang yang pemakaiannya bersentuhan langsung dengan kulit. Seperti baju, pakaian dalam, dan handuk. Sebab, kebiasaan ini memicu penularan kudis. 

Tungau kudis bisa bertahan di waktu yang singkat pada barang-barang tersebut. Makanya, penting untuk tidak berbagi dengan orang lain agar kudis tidak menyerang. 

Kudis juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami lho! Yuk cari tahu lebih lanjut di sini: “5 Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Kudis

4. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

Tak hanya barang pribadi yang penting untuk dijaga, kebersihan barang-barang di dalam rumah  kita juga tak kalah penting sebagai upaya pencegahan kudis. Mulai dari furniture, karpet, meja makan, sampai sofa harus rutin kita bersihkan, sehingga tungau kudis dan telurnya tidak hinggap. 

Biasakan membersihkan bagian permukaan, karena area tersebut sering tersentuh banyak orang dan kemungkinan tungau dan telurnya tinggal di sana.  Kamu bisa menggunakan vakum untuk menghilangkan kerak yang bisa jadi disebabkan oleh tungau. 

5. Menghindari kontak dengan pengidap kudis

Cara terakhir untuk mencegah kudis adalah dengan tidak melakukan kontak dengan orang yang sedang terserang kudis. Kondisi ini bisa menular dari kontak kulit ke kulit, terlebih jika kita bersentuhan dalam waktu yang lama. 

Jika orang terdekat menjadi pengidap kudis, sebaiknya kamu memisahkan diri atau pindah ke area yang agak jauh sampai kondisinya membaik. Tapi, jika terlanjur bersentuhan, sebaiknya kamu segera memeriksakan keadaanmu dan melakukan perawatan. Terkadang, kudis bisa muncul tanpa gejala. 

Rekomendasi Obat-Obatan untuk Basmi Kudis

Setelah menghindari beberapa kebiasan di atas, ada baiknya kamu juga memiliki obat kudis agar kamu dapat bertindak cepat jika tiba-tiba merasakan gejalanya. 

1. Salep Nosib 14 g

Rekomendasi obat kudis yang pertama adalah Salep Nosib 14 g. Produk ini mengandung acidum salicylum, acidum benzoicum, sulfur praecipitatum, serta mentholum. 

Sejumlah kandungan inilah yang dapat membantu mengobati kudis, kurap, jamur, panu, kutu air, dan masih banyak lagi. 

Kamu dianjurkan untuk mengoleskan Salep Nosib 14 g 3 kali sehari di bagian kulit yang terkena kudis. 

Kisaran harga: Rp14.100 per pot. 

Dapatkan Salep Nosib 14 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Kalpanax Krim 10 g

Kalpanax Krim 10 g adalah obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit kulit akibat infeksi jamur. 

Cara kerja krim ini cepat, dingin di kulit, tidak membuat kulit terkelupas, serta aman digunakan di daerah sensitif. 

Produk ini juga aman untuk digunakan anak-anak dan tidak lengket di kulit. 

Untuk penggunaannya sendiri, kamu cukup oleskan krim ke kulit yang terinfeksi saat kering sebanyak 2 kali sehari (pagi dan malam hari), atau oleskan jika merasakan gatal 

Kisaran harga: Rp27.800 per tube. 

Dapatkan Kalpanax Krim 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Claritin 10 mg 5 Tablet

Claritin 10 mg 5 Tablet adalah obat dengan kandungan loratadin, piperidin atau antihistamin non-sedatif kerja panjang yang secara selektif menghambat reseptor histamin H1. 

Obat ini dapat mengatasi gejala rhinitis alergi dan biduran. Serta bisa juga membantu mengobati kudis. 

Kamu dapat meminum obat ini sebelum, saat, atau sesudah makan dengan tetap mengikuti dosis berikut: 

  • Dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun : 10 mg sekali sehari atau 5 mg, 2 kali sehari. 
  • Anak usia 2-12 tahun : 5 mg, 1 kali sehari (berat badan kurang dari 30 kg)  dan 10 mg, 1 kali sehari (berat badan lebih dari 30 kg). 

Rentang harga: Rp52.900 – Rp60.500 per strip. 

Dapatkan Claritin 10 mg 5 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Hydrocortisone Cream 2.5% 5 g

Hydrocortisone Cream 2.5% 5 g adalah obat adrenokortikal steroid yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti alergi dan anti pruritus pada jaringan kulit. 

Obat ini dapat  mengobati eksim, inflamasi, kemerahan, serta gatal-gatal pada kulit. 

Beberapa jenis infeksi kulit seperti dermatitis alergi, dermatitis kontak, dermatitis atopik, pruritus anogenital, neurodermatitis juga bisa produk ini atasi. 

Untuk pemakaiannya, kamu hanya perlu mengoleskan produk ke kulit yang terinfeksi secara tipis-tipis sebanyak 1 sampai 2 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp11.000 per tube. 

Dapatkan Hydrocortisone Cream 2.5% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Salep 2-4 30 g

Rekomendasi obat kudis yang terakhir adalah Salep 2-4 30 g. Produk ini dapat diandalkan untuk mengatasi gejala masalah kulit yang berkaitan dengan infeksi jamur. 

Salep 2-4 30 g sebaiknya dioleskan 2 kali sehari pada kulit yang terkena kudis. 

Kisaran harga: Rp11.400 per pot. 

Dapatkan Salep 2-4 30 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa kebiasaan sehat yang bisa membantu mencegah kudis dan rekomendasi obat-obatan untuk mengatasinya.

Jika setelah melakukan cara-cara di atas, kudis masih menyerang, kamu bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. SCABIES: TIPS FOR MANAGING.  
CDC. Diakses pada 2024. Parasites – Scabies Prevention & Control
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Scabies. Parasites – Scabies
Prevention & Control. 
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Scabies. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Scabies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan