Ini 5 Daftar Obat Pengencer Darah yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juni 2024

“Obat pengencer darah bertujuan untuk mencegah pembekuan darah berlebihan. Beberapa rekomendasinya, yaitu Ascardia, Cardio Aspirin, Simarc, hingga Aptor."

Ini 5 Daftar Obat Pengencer Darah yang Ampuh di ApotekIni 5 Daftar Obat Pengencer Darah yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Pengencer Darah di Apotek


Halodoc, Jakarta – Pengencer darah adalah obat yang bekerja mencegah pembentukan bekuan darah. Obat tidak memecah gumpalan darah yang sudah ada, tapi menghentikan terbentuknya pembengkakan gumpalan. 

Mencegah terbentuknya penggumpalan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga stroke. Mau tahu apa saja rekomendasinya? Berikut ulasannya! 

Rekomendasi Obat Pengencer Darah di Apotek

Obat pengencer darah mampu menurunkan kemampuan darah untuk membeku. Jenis obat ini dikenal dengan sebutan antikoagulan dan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk obat oral atau injeksi.

Obat pengencer darah terbukti mampu mengatasi dan mencegah kondisi yang bisa mengancam jiwa akibat pembekuan darah. Misalnya, stroke, serangan jantung, dan emboli paru. Hal yang perlu ditegaskan, obat pengencer darah hanya dapat dikonsumsi berdasarkan resep dan anjuran dokter. Ini beberapa rekomendasinya:

1. Ascardia 80 mg

Rekomendasi obat pengencer darah yang pertama adalah Ascardia 80 mg yang tersedia dalam kemasan strip isi 10 tablet. Obat ini mengandung acetylsalicylic acid atau yang juga bisa disebut dengan aspirin.

Aspirin adalah senyawa analgesik non-steroid yang memberikan efek analgesik, antipiretik, antiinflamasi, dan antiplatelet. Obat bekerja dengan menghambat pembentukan trombus pada sirkulasi arteri.  Obat ini juga hanya dapat dikonsumsi berdasarkan resep dokter. 

Rentang harga: Rp8.900 – Rp13.500 per strip.

Dapatkan Ascardia 80 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cardio Aspirin 100 mg 10 Tablet

Cardio Aspirin dengan kemasan stip isi 10 tablet secara umum memiliki kegunaan untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Obat pengencer darah ini bekerja dengan cara menghambat kinerja sel darah trombosit untuk melakukan pembekuan.

Obat ini juga dapat menjadi obat terapi dan menjaga aliran darah ke otak dan organ tubuh lainnya. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa konsumsi obat ini memerlukan pengawasan dari dokter.

Tiap tablet yang dikonsumsi mengandung Acetylsalicylic Acid 100 mg dan dapat dikonsumsi setelah makan. Dilarang mengunyah, memotong, dan menghancurkan obat ini dan dianjurkan untuk langsung menelan obatnya secara utuh.

Rentang harga: Rp17.600 – Rp31.100 per strip.

Dapatkan Cardio Aspirin 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Simarc 2 mg 10 Tablet

Simarc tablet adalah obat antikoagulan atau obat yang mencegah terjadinya penggumpalan darah. Obat ini warfarin sodium sebanyak 2 mg. Warfarin sodium bekerja dengan cara mengurangi efektivitas vitamin K dalam tubuh, sehingga memperlambat proses pembekuan darah.

Penggunaan obat ini wajib dipantau oleh dokter dan dosisnya harus disesuaikan berdasarkan kondisi pasien untuk menghindari risiko perdarahan yang berlebihan.

Rentang harga: Rp11.400 – Rp24.400 per strip.

Dapatkan Simarc 2 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Aptor 100 mg 3 Strip

Rekomendasi obat pengencer darah lainnya datang dari merek Aptor 100 mg yang berisi 10 tablet dalam satu stripnya. Obat ini memiliki kandungan zat aktif berupa acetylsalicylic acid sebanyak 100 mg, yang salah satu kegunaanya adalah untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Acetylsalicylic acid dalam obat ini bekerja dengan cara menghambat tromboksan A2, senyawa yang memiliki peran dalam penggumpalan darah. Oleh karena itu, obat ini dapat mengurangi risiko pembentukan darah beku.

Penting diingat bahwa obat ini merupakan golongan obat keras yang penggunaanya perlu diawasi oleh dokter.

Rentang harga: Rp7.800 – Rp9.800 per strip.

Dapatkan Aptor 100 mg 3 Strip  di Toko Kesehatan Halodoc.

5. CPG 75 mg 10 Tablet

CPG 75 mg memiliki bentuk tablet yang dijual dalam kemasan per strip isi 10 tablet. Obat pengencer darah ini mengandung zat aktif clopidogrel sebanyak 75 mg yang berfungsi sebagai antiplatelet, atau obat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. 

Obat ini bekerja dengan cara menghambat reseptor ADP, atau reseptor yang dapat ditemukan pada trombosit yang memiliki peranan dalam pembekuan darah.

Obat ini merupakan golongan obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Rentang harga: Rp264.500 – Rp303.100 per strip.

Dapatkan CPG 75 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Obat pengencer darah dapat kamu beli di Toko Kesehatan Halodoc. Obat yang kamu pesan akan langsung dikirimkan di hari yang sama ke rumahmu.

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter dan segera hubungi dokter spesialis kardiovaskular apabila gejala dan rasa sakitnya masih berlanjut.

Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Blood Thinners.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Anticoagulants.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan