Ini 5 Cara Mengatasi Cedera Hamstring Saat Berolahraga

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 September 2021
Ini 5 Cara Mengatasi Cedera Hamstring Saat BerolahragaIni 5 Cara Mengatasi Cedera Hamstring Saat Berolahraga

“Hamstring merupakan sekelompok otot yang terletak di bagian belakang paha. Cedera hamstring umum terjadi saat olahraga sepak bola hingga maraton. Kasus cedera hamstring yang ringan  bisa diatasi dengan penanganan seperti mengistirahatkan kaki sejenak hingga melakukan peregangan otot.”

Halodoc, Jakarta – Cedera hamstring umum terjadi saat berolahraga, terutama olahraga yang sebagian besar gerakannya berlari, seperti sepak bola, bola basket, atau maraton. Hamstring adalah sekelompok otot yang terletak di bagian belakang paha.

Kasus cedera hamstring yang ringan, penanganannya bisa dengan istirahat sejenak dari olahraga, mengonsumsi obat bebas resep, atau mengompres area yang sakit dengan es. Namun, kasus cedera hamstring yang lebih parah mungkin penanganannya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sembuh. 

Baca juga: 4 Fakta Hamstring yang Sering Menimpa Atlet

Bagaimana Mengatasi Cedera Hamstring saat Berolahraga?

Untungnya, cedera hamstring ringan hingga sedang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan serius. Kamu hanya perlu beristirahat beberapa waktu. Untuk mempercepat penyembuhan, cara penanganan yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Istirahatkan Kaki

Hindari meletakkan beban pada kaki sebaik mungkin. Jika sakitnya parah, mungkin diperlukan kruk atau alat bantu jalan sampai cederanya hilang. Tanyakan pada dokter atau ahli terapi fisik jika diperlukan.

Baca juga:  Jangan Asal Tangani Cedera Hamstring, Begini Tipsnya

  1. Kompres Cedera dengan Es
kompres dengan es

Mengompres kaki dengan es bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak. Lakukan selama 20-30 menit setiap tiga sampai empat jam selama dua sampai tiga hari, atau sampai rasa sakitnya hilang. 

  1. Tinggikan Kaki
tinggikan kaki

Letakkan posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Kamu bisa menggunakan bantal saat sedang duduk atau berbaring. Bisa juga dengan menyandarkan kaki ke tembok saat berbaring. 

  1. Obat Bebas Resep
obat bebas resep

Minum obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen akan membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan. Namun, gunakan obat ini dalam jangka pendek, karena mungkin memiliki efek samping. 

Baca juga: Inilah Metode untuk Mendiagnosis Cedera Hamstring

  1. Stretching
stretching

Lakukan latihan peregangan dan penguatan jika dokter/ terapis fisik merekomendasikannya. Penanganan ini berguna untuk memperkuat otot paha belakang, sebagai salah satu cara untuk melindungi dari cedera hamstring

Itulah penanganan yang bisa dilakukan saat cedera hamstring. Jika cedera hamstring yang kamu alami cukup parah, segera hubungi dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Performance Health. Diakses pada 2021. Runners: How to Treat & Prevent Hamstring Pain
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Hamstring Pain and How’s It Treated?WebMD. Diakses pada 2021. Hamstring Strain

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan