Ini 4 Manfaat Planking Saat Berpuasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 April 2022

“Ada banyak jenis olahraga ringan saat puasa yang bisa dilakukan, salah satunya planking. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan gerakan ini, seperti meningkatkan kekuatan otot inti dan membakar kalori.”

Ini 4 Manfaat Planking Saat BerpuasaIni 4 Manfaat Planking Saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang memilih jenis olahraga yang mudah dan singkat untuk dilakukan saat berpuasa. Nah, salah satu olahraga ringan saat puasa yang bisa dipilih adalah planking. Lalu, apa saja sih manfaat dan bagaimana cara melakukannya saat puasa? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca ulasan berikut ini!

Melakukan Olahraga Ringan saat Puasa Berupa Planking

Planking adalah latihan fisik yang gerakannya menyerupai posisi push-up yang dilakukan selama beberapa detik. Gerakan ini melibatkan inti tubuh, bokong, kaki, dan bahu agar punggung dan leher tetap rata dan sejajar. Tahan selama mungkin dengan tubuh yang lurus sebelum tubuh meletakkan lutut ke lantai. Kamu bisa mengulangi gerakan ini sebanyak tiga kali selama berpuasa.

Olahraga ringan saat puasa ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, tentu manfaatnya sangat terasa, terlebih saat sedang berpuasa. Berikut beberapa manfaat dari planking:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot Inti

Planking dapat membuat semua otot inti di tubuh terlibat saat dilakukan. Dengan begitu, kekuatan otot inti semakin meningkat. Gerakan ini dapat mengencangkan otot perut, mengecilkan lingkar pinggang, dan membuat latihan fisik lebih efektif. Maka dari itu, lakukan planking secara rutin untuk memperkuat otot tubuh, tulang belakang, dan tulang punggung.

2. Membakar Kalori dan Lemak

Kombinasi puasa dengan planking dapat ampuh untuk membakar kalori dan lemak yang menumpuk di tubuh, terutama di perut. Memang, perut yang buncit sudah menjadi masalah bagi banyak orang. Maka dari itu, cobalah untuk rutin melakukan planking selama puasa agar berat badan turun secara signifikan. Cara ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

3. Fleksibilitas Tubuh yang Lebih Baik

Manfaat lainnya dari planking adalah mampu meningkatkan fleksibilitas pada tubuh. Hal ini karena gerakannya yang membuat otot-otot di tubuh bergerak secara maksimal. Dengan begitu, fleksibilitas tubuh terjaga dengan baik serta membuat otot lebih sehat dan tingkat stresnya berkurang.

4. Memperbaiki Keseimbangan dan Postur Tubuh

Olahraga ringan saat puasa ini dilakukan dengan cara menahan berat badan dan menjaga tubuh tidak terjatuh. Dengan begitu, manfaatnya yang dapat dirasakan adalah keseimbangan dan postur tubuh yang lebih baik. Maka dari itu, lakukan gerakan ini secara rutin selama puasa.

Kamu juga perlu tahu berbagai jenis planking yang bisa dilakukan selama berpuasa, yaitu:

1. Basic planking

Pilihan yang pertama ini adalah gerakan yang paling dasar dan umum dilakukan. Berikut cara melakukannya:

  • Pertama, letakkan kedua tangan di lantai dengan bertumpu pada siku. Luruskan kaki dan buka selebar pinggul, lalu angkat tubuh dengan kedua kaki sebagai penyangga.
  • Kedua, pastikan posisi tubuh dalam posisi lurus sejajar dengan punggung dan bokong lebih tinggi.
  • Posisikan kepala menghadap ke lantai, kunci bagian perut, dan atur napas secara normal.
  • Tahan gerakan ini selama 30 detik atau sesuaikan dengan kemampuanmu.
  • Setelah itu, turunkan tubuh untuk beristirahat sebentar lalu ulangi kembali.
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kali per hari.

2. Side Planking

Untuk gerakan ini dilakukan dengan posisi miring ke kanan yang ditopang pada satu siku. Tumpuk kaki kiri di atas kaki kanan, lalu dorong tubuh ke atas hingga membentuk segitiga di lantai. Pastikan posisi bahu kiri tetap lurus dan tahan posisi tersebut 30 detik atau sesuai dengan kemampuan. Istirahat sejenak dan ulangi hingga 3 kali.

3. Skydive

Untuk melakukan gerakan ini, awali dengan berbaring rata di lantai dan posisi menghadap ke bawah. Kedua lengan harus berada di samping badan atau angkat ke atas, diikuti perlahan angkat dada dari lantai. Tahan posisinya selama 30 detik atau sesuai keinginan. Setelah itu, istirahat dan ulangi hingga 3 kali.

Itulah pembahasan mengenai planking, olahraga ringan saat puasa yang bisa dilakukan. Dengan mengetahui berbagai manfaat dan jenis gerakannya, kamu bisa lebih semangat untuk melakukannya selama puasa. Pastikan untuk melakukan gerakan ini secara rutin agar manfaatnya terasa.

Kamu juga bisa menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc terkait segala olahraga ringan saat puasa yang bisa dilakukan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc dan nikmati interaksi dengan ahli medis langsung melalui smartphone pribadi. Maka dari itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
India Times. Diakses pada 2022. Are planks better than crunches to cut belly fat?
Arab News. Diakses pada 2022. Five simple exercises to try while fasting during Ramadan.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan