Ini 4 Gerakan Senam SKJ yang Sehat untuk Jantung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Agustus 2022

“Secara umum tahapan gerakan senam kesegaran jasmani adalah pemanasan, inti, peralihan, dan pendinginan. Setiap tahapan gerakan dari senam tersebut bermanfaat untuk jantung, berdasarkan pembakaran kalori yang terjadi selama senam.”

Ini 4 Gerakan Senam SKJ yang Sehat untuk JantungIni 4 Gerakan Senam SKJ yang Sehat untuk Jantung

Halodoc, Jakarta – SKJ atau senam kesegaran jasmani adalah olahraga senam yang disertai dengan iringan musik dalam durasi serta bentuk gerakan tertentu. Senam kesehatan jasmani sendiri merupakan salah satu olahraga yang paling umum dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. 

Nah, sesuai dengan namanya, gerakan SKJ tentunya diperuntukkan untuk menyehatkan jasmani seseorang. Tanpa terkecuali manfaatnya untuk organ vital pada tubuh, seperti jantung. Namun, kira-kira apa saja gerakan senam kesegaran jasmani yang sehat untuk jantung? Yuk, simak informasinya di sini! 

Gerakan Senam SKJ yang Sehat untuk Jantung

Secara umum, tahapan gerakan senam kesegaran jasmani adalah pemanasan, inti, peralihan, dan pendinginan. Setiap tahapan gerakan dari senam tersebut bermanfaat untuk jantung, berdasarkan pembakaran kalori yang terjadi selama senam. Nah, berikut adalah penjabaran mengenai beberapa gerakan tersebut: 

1. Pemanasan 

Untuk tahap paling awal dari SKJ adalah pemanasan, di mana gerakan ini bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku, sebelum transisi ke gerakan inti yang lebih cepat. Di sisi lain, pemanasan juga dilakukan untuk mengurangi risiko cedera ketika seseorang melakukan senam. 

Untuk gerakannya sendiri, tahapan pemanasan SKJ dilakukan dengan menggerakan kedua kaki secara bergantian. Gerakan ini juga mengharuskan seseorang untuk mengayunkan kedua tangan ke depan dan ke belakang, secara bergantian. 

2. Gerakan Inti 

Setelah melakukan pemanasan, gerakan SKJ dilanjutkan dengan tahapan gerakan inti. Perlu diketahui bahwa setiap gerakan inti pada senam ini diawali dan diakhiri dengan gerakan peralihan. Nah, gerakan ini dimulai dengan mengangkat lutut kaki setinggi paha, lalu mengayunkan lengan setinggi dada ke arah dagu, secara bergantian. 

Kemudian, pada hitungan delapan terakhir, gerakan akan kembali ke sikap awal. Kendati demikian, ketika sudah kembali ke sikap awal, pastikan untuk tidak membiarkan tangan dalam keadaan mengepal. 

3. Tahapan Peralihan

Setelah melakukan gerakan inti, maka gerakan SKJ akan dilanjutkan ke tahapan peralihan. Gerakan peralihan ini dilakukan dengan mengombinasikan gerakan jalan, tepuk tangan, maju dan mundur. Selanjutnya, gerakan ini juga biasanya disertai dengan teriakan, guna meningkatkan semangat para pesenam. 

4. Gerakan Pendinginan

Tahapan selanjutnya dari gerakan senam kesegaran jasmani adalah gerakan pendinginan. Perlu diketahui bahwa pendinginan merupakan bagian terpenting dalam rangkaian gerakan SKJ. 

Sebab, tujuan dari gerakan pendinginan adalah menormalkan kembali denyut jantung yang sudah sempat meningkat pada gerakan inti dan peralihan. Untuk gerakannya sendiri, gerakan pendinginan umumnya dimulai dengan gerakan cepat ke lambat, serta gerakan yang berat ke ringan. 

Manfaat SKJ Bagi Tubuh

Pada dasarnya, aktivitas fisik atau olahraga seperti senam dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi risiko beberapa penyakit serius. Misalnya seperti kanker, diabetes tipe 2, hingga penyakit kardiovaskuler, seperti jantung. 

Selain itu, aktivitas fisik seperti senam juga dapat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak. Alhasil, melakukan SKJ secara rutin, juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal, sehingga membuatmu terhindar dari risiko obesitas. Cobalah untuk menerapkan senam ini setiap harinya, minimal 30 menit, agar dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. 

Itulah penjelasan mengenai gerakan senam SKJ yang sehat untuk jantung. Secara umum, tahapan gerakan senam kesegaran jasmani adalah pemanasan, inti, peralihan, dan pendinginan. Pada dasarnya, setiap tahapan gerakan dari senam tersebut bermanfaat untuk jantung. 

Sebab, setiap gerakan dari SKJ akan membantu membakar kalori tubuh jika dilakukan dengan benar. Selain itu, jantung akan terpacu sedari pesenam melakukan pemanasan hingga gerakan inti. Nantinya, ketika sudah memasuki gerakan pendinginan, maka denyut jantung akan kembali normal. 

Selain rutin berolahraga, pastikan juga untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan. Nah, jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisi, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Kompas. Diakses pada 2022. Tahapan Senam Kesegaran Jasmani atau SKJ. 
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Physical activity – it’s important. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan