Ini 4 Gerakan Senam Lantai untuk Menurunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juni 2022

“Russian twist, handstand, plank, dan leg raise adalah gerakan senam lantai yang efektif menurunkan berat badan. Kombinasikan gerakan ini dengan latihan kardio untuk mendapatkan hasil maksimal.”

Ini 4 Gerakan Senam Lantai untuk Menurunkan Berat BadanIni 4 Gerakan Senam Lantai untuk Menurunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta –  Walaupun terlihat seperti tidak menggunakan banyak tenaga saat melakukannya, akan tetapi rutin senam lantai bisa menurunkan berat badan. Beberapa gerakan senam lantai justru bisa memangkas kalori ekstra dan membakar penumpukan lemak secara strategis. 

Memasukkan senam lantai ke dalam latihan fisik rutin akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Beberapa gerakan senam lantai yang efektif menurunkan berat badan melibatkan gerakan kaki, perut, dan menahan berat badan. Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Russian Twist

Russian twist adalah gerakan senam lantai  yang dapat membangun kekuatan inti dada dan bahu. Gerakan ini sangat membantu menurunkan berat badan. Walaupun terkesan sederhana, gerakan ini membutuhkan ketahanan dan tenaga ekstra untuk melakukannya. Semakin lama kamu bisa bertahan melakukan pengulangan gerakan ini, maka akan semakin besar pula kalori yang terbakar. 

2. Handstand

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebanyakan gerakan senam lantai terkesan sederhana. Namun gerakan ini perlu dilakukan dengan daya tahan dan kekuatan tubuh yang besar sehingga bisa membakar kalori. Penelitian dari American Council on Exercise memperkirakan bahwa kombinasi latihan handstand dan push-up selama 20 menit dapat membakar sebesar 164 kalori. 

3. Plank

Senam lantai adalah latihan variasi dan dibutuhkan kombinasi supaya memenuhi target yang diinginkan. Bagi kebanyakan orang, plank dapat membakar antara dua dan lima kalori per menit. Plank meningkatkan otot dan meningkatkan metabolisme, sehingga membantu mempertahankan tingkat pembakaran kalori yang lebih tinggi selama istirahat atau ketika tidak berolahraga.

4. Leg Raise

Gerakan senam lantai leg raise dapat melatih perut bagian bawah sekaligus membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, latihan leg raise dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan pinggul dan punggung bagian bawah, yang bermanfaat besar untuk kamu yang sering menghabiskan banyak waktu dengan duduk di depan meja. Melakukan leg raise selama kurun waktu 10 menit diyakini bisa membakar 40 – 53 kalori. 

Kalau kamu punya permasalahan kesehatan spesifik yang ingin didiskusikan dengan dokter, kamu bisa buat janji pemeriksaan lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthfully. Diakses pada 2022. The Calories Burned Doing Handstands and Pushups.
Healthline. Diakses pada 2022. How Many Calories Does Planking Burn?
Better Me.world. Diakses pada 2022. Plank Calories Burned: An Effective Exercise For Weight Loss.
Livestrong.com. Diakses pada 2022. Calories Burned in Leg Lifts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan