Ini 4 Cara Efektif untuk Memanjangkan Rambut dengan Cepat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Januari 2022

“Faktanya, rambut tumbuh rata-rata sekitar 15 sentimeter setiap tahunnya, tetapi terkadang bisa jauh di bawah angka tersebut. Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Salah satunya adalah dengan rutin membersihkan kulit kepala.”

Ini 4 Cara Efektif untuk Memanjangkan Rambut dengan CepatIni 4 Cara Efektif untuk Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Halodoc, Jakarta – Setiap orang pasti pernah salah memilih gaya potongan rambut yang tidak cocok dengan penampilannya. Hal ini pastinya membuat kamu ingin tahu cara memanjangkan rambut dengan cepat agar tampilan kembali seperti sebelumnya. 

Namun, bagaimana sih cara yang paling mudah untuk dilakukan? Nah, jika kamu ingin mengetahuinya, baca ulasan berikut!

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Saat kamu mencoba menumbuhkan rambut agar lebih panjang dan lebih tebal, tentu prosesnya dapat memakan waktu yang tidak sebentar. Faktanya, rambut tumbuh rata-rata sekitar 15 cm setiap tahunnya, tetapi terkadang bisa jauh di bawah angka tersebut. Bahkan, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh jumlah rambut yang hilang setiap harinya sekitar 50-100 helai.

Selain itu, kebiasaan harian yang dilakukan juga dapat memengaruhi seberapa cepat pertumbuhan rambut. Beberapa kebiasaan harian seperti penggunaan sikat rambut, pengering rambut, vitamin rambut, hingga sarung bantal. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara memanjangkan rambut dengan cepat dan tentunya secara alami.

Apa saja sih cara memanjangkan rambut dengan cepat?

1. Rutin Membersihkan dan Merangsang Kulit Kepala

Salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat adalah dengan memperhatikan sumber pertumbuhannya, yaitu kulit kepala. Sebab, kulit kepala yang meradang dapat menyebabkan kerontokan atau penipisan pada rambut. 

Peradangan ini dapat memengaruhi kualitas pertumbuhan rambut. Maka dari itu, pastikan untuk rutin membersihkannya dengan sampo dan merangsang kulit kepala dengan pijatan pada kulit kepala.

2. Konsumsi Suplemen Penumbuh Rambut

Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen penumbuh rambut, seperti kolagen dan biotin, untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan nutrisi pada elemen tersebut sangat dibutuhkan sebagai bahan pembangun rambut bagi tubuh. 

Kolagen dan biotin mengandung asam amino yang tinggi sehingga mampu mengelola kesehatan kulit kepala. Namun sebelum konsumsi suplemen ini, ada baiknya berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Cara lainnya untuk memanjangkan rambut dengan cepat adalah dengan selalu menjaga kelembapan kulit kepala. Jika kamu ingin mengurangi kerontokan pada rambut, pastikan rambut dan kulit kepala tidak kering. 

Rambut yang kering dapat disebabkan oleh kutikula yang terbuka dan membuat kelembapan dan nutrisi hilang dengan mudah. Maka dari itu, pastikan kulit kepala tetap lembap dengan penggunaan conditioner.

4. Mengoleskan Minyak Esensial

Kamu bisa menggunakan minyak esensial sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat. Campurkan beberapa tetes minyak ini ke dalam sampo, lalu gunakan secara rutin setiap harinya. 

Jangan mengoleskan minyak ini langsung ke kulit. Cara ini memang sudah terbukti mampu membantu pertumbuhan rambut agar lebih cepat panjang. Selain minyak esensial, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa dan minyak bunga matahari.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Pastikan kamu melakukan semua rutinitas tersebut sehingga hasilnya benar-benar terlihat. Dengan begitu, rambut panjang yang kamu cita-citakan dapat terjadi dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan yang diperkirakan.

Referensi:
MBG Lifestyle. Diakses pada 2021. How To Make Your Hair Grow Faster: 8 Natural Hair Growth Tips For Long Strands.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Grow Hair Faster: 6 Tips for Growth.
GH. Diakses pada 2021. 15 Simple Ways to Make Your Hair Grow Longer, Faster, According to Experts.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan