Ini 4 Bahan Alami untuk Pertolongan Pertama Sengatan Kalajengking

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Juni 2023

“Untuk meredakan rasa nyeri akibat sengatan kalajengking, kamu bisa menggunakan bahan alami. Namun, hal ini hanya dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengobati sengatan kalajengking diperlukan bantuan dokter.”

Ini 4 Bahan Alami untuk Pertolongan Pertama Sengatan KalajengkingIni 4 Bahan Alami untuk Pertolongan Pertama Sengatan Kalajengking

Halodoc, Jakarta – Kalajengking menjadi salah satu serangga yang paling ditakuti karena sengatannya. Biasanya hewan ini dapat ditemukan di pekarangan rumah, gudang, atau bahkan kamar mandi. 

Apalagi, kini beberapa wilayah di Indonesia kerap kali diguyur hujan. Hal ini dapat mengundang berbagai serangga untuk naik ke permukaan, termasuk kalajengking.

Nah, untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu mengetahui cara memberikan pertolongan pertama dalam mengobati sengatan kalajengking.  

Bahan Alami untuk Mengatasi Sengatan Kalajengking

Sengatan kalajengking bisa sangat menyakitkan dan menimbulkan reaksi yang instan. Contohnya bengkak, mati rasa, dan kesemutan.

Meskipun jarang menyebabkan komplikasi yang serius, racun kalajengking dapat menimbulkan gejala yang lebih parah jika tidak segera mendapatkan penanganan. Karena itu, kamu harus segera menghubungi dokter begitu terkena sengatan kalajengking.

Nah, selagi menghubungi dokter, kamu bisa menggunakan bahan alami berikut ini untuk memberikan pertolongan pertama:

1. Es batu

Jika kamu tersengat kalajengking, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meletakkan es batu di area yang terkena. Es batu dikenal efektif untuk mengurangi nyeri dan bengkak. 

Sebab, suhu dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan menurunkan sirkulasi di area yang sakit. Sebelum mengompres, kamu harus membersihkan luka dengan sabun yang lembut dan air mengalir.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Bumbu dapur ini bermanfaat untuk membantu menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit dari sengatan kalajengking. 

Untuk menggunakan cara ini, tumbuklah beberapa siung bawang putih hingga teksturnya berubah menjadi pasta, kemudian letakkan bawang putih di area yang tersengat sampai tertutup sempurna. 

Mengoleskan bawang putih pada area yang terluka akan terasa panas pada awalnya, tetapi tenang saja karena sensasinya akan mereda seiring waktu. Selain itu bawang putih juga memiliki manfaat lainnya, cari tahu lebih lanjut di sini, “Inilah 7 Manfaat Bawang Putih.”

3. Frankincense oil

Frankincense oil adalah obat tradisional yang populer di seluruh dunia untuk mengobati gigitan dan sengatan serangga. Minyak ini mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan antiseptik, yang membantu mengatasi rasa sakit dan bengkak. Jika kamu tersengat kalajengking, tuang beberapa tetes frankincense oil di area yang terkena dan gosokan secara perlahan.

4. Soda kue

Soda kue membantu membersihkan sengatan dan meredakan rasa sakit secara instan. Kamu bisa gunakan soda kue biasa atau pasta gigi yang mengandung baking soda

Jika kamu menggunakan soda kue, larutkan dengan air lalu aduk hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Sementara itu, jika kamu menggunakan pasta gigi, oleskan ke seluruh permukaan untuk mengurangi rasa sakit.  

Itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi sengatan kalajengking. Namun, bahan-bahan tersebut hanya meredakan luka, tetapi tidak benar-benar menyembuhkannya. 

Jadi, kamu harus tetap menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena jika hanya mengandalkan bahan alami, ada kemungkinan rasa sakit akan kembali atau bahkan bertambah parah.

Cara Melindungi Rumah dari Kalajengking

Karena racun kalajengking dapat mengakibatkan reaksi yang serius, penting sekali bagi kamu untuk menjaga rumah dari serangga yang satu ini. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar kalajengking tidak masuk dalam rumah:

  • Bersihkan pekarangan dari rumput-rumput liar. Sebab rumput dan tanaman yang menjuntai di atas tanah, merupakan habitat alami bagi para serangga.
  • Pastikan semua ruangan di rumah mendapatkan cukup udara dan matahari karena kalajengking menyukai area yang gelap dan lembap.
  • Rapikan barang-barang yang menumpuk.
  • Bersihkan ruangan di mana serangga banyak berkumpul, karena kecoa dan laba-laba merupakan makanan yang disukai kalajengking. 
Referensi:
Mayoclinic. Diakses pada 2023. Scorpion sting.
AZ Big Media. Diakses pada 2023. Here’s how to treat scorpion stings at home.
Agro Pest Control. Diakses pada 2023.  12 Easy Tips to Get Rid of Scorpions in Your Home and Garden.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan