Ini 3 Manfaat Grapeseed Oil untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Oktober 2022

“Ada beberapa manfaat potensial dari grapeseed oil untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, bermanfaat untuk kecantikan kulit, hingga bermanfaat untuk rambut.”

Ini 3 Manfaat Grapeseed Oil untuk Kesehatan TubuhIni 3 Manfaat Grapeseed Oil untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Minyak biji anggur atau grapeseed oil  merupakan minyak yang dibuat dari biji anggur, sebagai produk sampingan proses pembuatan wine. Kini, minyak biji anggur lazim dipergunakan sebagai minyak goreng alternatif. Sebab, minyak ini memiliki sifat yang mirip dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau minyak sayur yang memberikan banyak manfaat kesehatan. 

Perlu diketahui bahwa grapeseed oil mengandung berbagai nutrisi penting seperti asam lemak omega-6 dan tinggi asam lemak tak jenuh ganda. Kandungan tersebut diyakini berkontribusi pada beberapa manfaat kesehatan, seperti kecantikan kulit. 

Lantas, kira-kira apa saja manfaat grapeseed oil untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Grapeseed Oil untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat potensial dari minyak biji anggur untuk kesehatan: 

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak biji anggur mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Nah, kandungan tersebut telah terbukti berkontribusi pada pengurangan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas dalam tubuh. Perlindungan ini tentunya dapat membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu, mengganti makanan kadar lemak jenuh tinggi dengan yang mengandung lemak tak jenuh ganda juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Bermanfaat untuk kecantikan kulit

Perlu diingat bahwa radikal bebas dan faktor lingkungan seperti matahari, angin, dan polusi dapat mempengaruhi kulit. Beberapa faktor tersebut dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan menyebabkan kulit kering dan perubahan warna. Nah, minyak biji anggur dikabarkan dapat memberikan banyak manfaat kecantikan berkat kandungan vitamin E dan omega-6 di dalamnya. 

Sebab, vitamin E dapat membantu memerangi radikal bebas, sehingga membantu memperbaiki kulit, jika kamu mengonsumsi minyak biji anggur. Manfaat yang sama juga mungkin dapat dirasakan ketika minyak tersebut dioleskan pada kulit. 

Sementara itu, asam lemak omega-6 dan omega-3 sangat penting untuk fungsi dan penampilan kulit. Bahkan, asam lemak omega-6 juga diperlukan tubuh untuk sebagai pelindung kulit. Hal ini lantaran omega-6 PUFA utama dalam minyak biji anggur adalah asam linolenat. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan di lapisan tengah dan luar kulit.

Menariknya lagi, grapeseed oil ternyata mengandung pelembap alami yang mudah diserap oleh kulit. Penggunaan secara teratur akan menjadikan wajah lembap tapi tidak berminyak. 

3. Manfaat grapeseed oil untuk rambut

Grapeseed oil juga diyakini dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala seseorang. Salah satunya adalah mengatasi ketombe yang umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Nah, mengoleskan minyak biji anggur ke kulit kepala dapat mengendurkan kulit mati dan mengembalikan kelembapan. Menariknya lagi, grapeseed oil juga dapat menambah kekuatan dan kilau rambut secara alami. 

Jika dibandingkan dengan minyak lain yang juga baik untuk rambut, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, grapeseed oil dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Sebab, grapeseed oil tidak akan membuat rambut dan kulit kepala terbebani, karena sifatnya yang ringan. Karena itu, cobalah untuk meneteskan beberapa sendok makan grapeseed oil (disesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut) ke rambut dan kulit kepala, sembari dipijat. 

Itulah beberapa manfaat grapeseed oil untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, bermanfaat untuk kecantikan kulit, hingga bermanfaat untuk rambut. 

Berdasarkan beberapa manfaatnya yang potensial, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi atau mengoleskannya pada kulit atau rambut untuk mendapatkan manfaatnya. Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, sebagai langkah pola hidup sehat. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihanmu untuk memeriksakan kesehatan. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2022. The health and beauty benefits of grapeseed oil. 
WebMD. Diakses pada 2022. Grapeseed Oil: Are There Health Benefits?
Merdeka. Diakses pada 2022. Grapeseed Oil? Ini 7 Manfaat Luar Biasanya untuk Kecantikan. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan