Ini 3 Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan beserta Risikonya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Akupunktur merupakan pengobatan tradisional yang bisa membantu menurunkan beberapa gejala penyakit. Selain itu, pengobatannya yang fleksibel menjadikan manfaat akupunktur menjadi lebih beragam.”

Ini 3 Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan beserta RisikonyaIni 3 Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan beserta Risikonya

Halodoc, Jakarta – Kondisi nyeri atau stroke yang tidak kunjung membaik dipercaya bisa diatasi dengan penggunaan perawatan tradisional, seperti akupunktur. Pengobatan ini merupakan salah satu pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok, dengan menggunakan jarum-jarum tipis sebagai alat pengobatan.

Sebaiknya ketahui lebih banyak mengenai manfaat akupunktur untuk kesehatan. Pastikan juga kamu tidak melakukan pengobatan ini di sembarang tempat. Sebab, meskipun jarang terjadi, akupunktur dapat menyebabkan risiko pada kesehatan. Yuk, simak lebih banyak mengenai manfaat dan risiko yang bisa terjadi akibat akupunktur.

Inilah Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan

Akupunktur adalah pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan jarum tipis yang dimasukkan ke dalam kulit untuk merangsang titik tertentu pada tubuh. Biasanya, pengobatan ini digunakan untuk meringankan gejala dari suatu penyakit yang dialami seseorang.

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengenai cara kerja pengobatan ini, seperti:

  • Akupunktur dapat merangsang pelepasan hormon endorfin yang merupakan bahan kimia penghilang rasa sakit dalam tubuh.
  • Akupunktur dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan penempatan jarum pun dapat memengaruhi pernapasan, tekanan darah, dan detak jantung.

Tentunya manfaat yang dirasakan pun akan berbeda pada setiap individu. Namun, ada beberapa manfaat akupuktur yang bisa kamu rasakan ketika menjalani tindakan ini, seperti:

1. Membantu meredakan beberapa penyakit

Akupunktur bisa menjadi salah satu pengobatan non obat yang membantu kamu meredakan beberapa keluhan kesehatan akibat penyakit tertentu. 

  • Nyeri punggung. Pengobatan ini mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi punggung yang lebih baik setelah perawatan.
  • Migrain. Melakukan akupunktur secara rutin mampu menurunkan risiko munculnya gejala migrain. Selain itu, pengobatan ini juga bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit migrain. 
  • Osteoarthritis lutut. Pengobatan akupunktur mampu meningkatkan fungsi lutut dalam jangka pendek pada pengidap osteoarthritis lutut.

2. Bisa digunakan bersama pengobatan lain

Akupunktur merupakan pengobatan tradisional yang bisa dilakukan bersama dengan pengobatan utama yang wajib kamu lakukan secara medis.

3. Pengobatan yang terbilang fleksibel untuk dilakukan

Pengobatan tradisional ini cukup fleksibel untuk dilakukan sekaligus dalam mengatasi keluhan kesehatan. Saat melakukan akupunktur, jarum hanya akan diletakkan pada titik-titik yang mengalami masalah. Sehingga memungkinkan untuk diletakkan pada beberapa titik sekaligus.

Akupunktur hanya dilakukan sebagai perawatan atau pengobatan tradisional saja. Jika berbagai penyakit yang kamu alami tidak membaik setelah melakukan akupunktur, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan secara medis. 

Kamu bisa pilih rumah sakit menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Waspada Risiko yang Terjadi saat Akupuntur

Jika kamu melakukan pengobatan tradisional ini dengan praktisi akupunktur yang tepat, pengobatan ini terbilang aman untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya untuk membicarakan riwayat kesehatan dengan praktisi sebelum kamu melakukan pengobatan ini.

Meskipun jarang terjadi, ada beberapa risiko yang bisa dialami ketika kamu melakukan akupunktur, seperti:

  • Perdarahan, lebam, hingga bengkak pada bagian yang mendapatkan tusukan jarum.
  • Kondisi jarum atau kulit yang tidak steril bisa memicu infeksi.
  • Jarum dapat patah dan menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit yang mendapatkan tusukan.

Pengobatan ini seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang menusuk. Segera tanyakan pada praktisi akupunktur jika kamu mengalami nyeri atau sakit yang sangat menusuk selama pengobatan. Biasanya, rasa sakit yang terjadi akibat posisi jarum yang tidak sesuai atau tidak tepat.

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2023. How Does Acupuncture Work?

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Acupuncture.

Very Well Health. Diakses pada 2023. The Benefits and Side Effects of Acupuncture.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan