Ingin Menjalani Chemical Peeling? Diskusikan Dulu dengan Dokter Ini

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Agustus 2024

“Salah satu cara untuk mencerahkan kulit adalah dengan melakukan prosedur chemical peeling. Jika hendak melakukan chemical peeling, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit di Halodoc untuk menentukan jenis yang paling cocok.”

Ingin Menjalani Chemical Peeling? Diskusikan Dulu dengan Dokter IniIngin Menjalani Chemical Peeling? Diskusikan Dulu dengan Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Prosedur untuk Melakukan Chemical Peeling
  2. Hubungi Dokter Ini Sebelum Melakukan Chemical Peeling
    1. dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E
    2. dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E
    3. dr. Halim Perdana Kusuma Sp.D.V.E
    4. dr. Ardelia Dyah Ayu Puspita Sari Sp.D.V.E
    5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah adalah chemical peeling. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengangkat lapisan-lapisan atas kulit yang rusak atau tidak rata.

Tindakan ini menggunakan larutan kimia pada wajah sehingga menyebabkan pengelupasan dan pembentukan kulit baru yang lebih halus dan cerah. Chemical peeling dapat membantu mengurangi garis-garis halus, bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan. 

Prosedur untuk Melakukan Chemical Peeling

Proses melakukan chemical peeling harus dilakukan dengan dokter spesialis kulit yang telah berpengalaman.

Prosedur ini bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, komedo, hingga keriput.

Prosedur chemical peeling terbagi menjadi tiga sesuai dengan jenis dari chemical peeling tersebut, yaitu peeling ringan (superficial peel), peeling sedang (medium peel), dan peeling dalam (deep peel).

Sebelum memulai prosedur ini, bagian rambut dan mata akan ditutup terlebih dahulu. Kemudian, dokter akan memulai dengan membersihkan wajah terlebih dahulu.

  1. Peeling ringan
    • Pertama, dokter akan mengoleskan larutan kimia dengan bola kapas, spons, atau kain kasa.
    • Sesudah di oles, kulit akan memutih dan terasa sedikit perih
    • Setelah didiamkan beberapa saat, dokter mengoleskan larutan penetral untuk menghilangkan larutan kimia.

Setelah selesai, kulit akan menjadi kemerahan, kering, dan iritasi. Untuk meminimalisir hal tersebut, dokter biasanya akan memberikan salep seperti petroleum jelly.

  1. Peeling sedang
    • Dokter akan mengoleskan larutan kimia dengan menggunakan aplikator yang memiliki ujung kapas atau kain kasa.
    • Setelah beberapa menit, dokter akan melakukan kompres dingin untuk membuat kulit menjadi rileks.
    • Kulit mungkin akan mengalami rasa perih dan terbakar selama 20 menit.

Berbeda dengan peeling ringan, peeling sedang dapat menyebabkan pembengkakan. 

Sama seperti halnya peeling ringan, dokter juga akan memberikan resep salep untuk melembapkan kulit dan membuat wajah terasa lebih nyaman.

Setelah melakukan prosedur ini, kamu baru bisa menggunakan kosmetik setelah 5 hingga 7 hari.

  1. Peeling dalam
    • Untuk melakukan peeling dalam, dokter akan memberikan cairan intravena (IV). Setelah itu, detak jantung kamu akan dipantau secara ketat.
    • Aplikator yang memiliki ujung kapas akan digunakan dokter untuk mengoleskan asam karbol (fenol) ke kulit.
    • Kulit yang diolesi tersebut akan berubah warna menjadi abu-abu atau putih.
    • Untuk menghindari paparan atau efek samping fenol, dokter akan membagi prosesnya menjadi beberapa sesi dengan interval 15 menit. Dengan cara ini, setiap bagian wajah hanya terpapar fenol dalam waktu yang singkat

Berbagai prosedur chemical peeling tersebut bergantung pada jenis chemical peeling yang akan dilakukan.

Setiap jenis chemical peeling tersebut memiliki fungsi dan tujuan masing-masing secara spesifik, tetapi secara umum bertujuan untuk mencerahkan kulit.

Namun, meskipun memiliki manfaat yang jelas untuk mencerahkan kulit, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc terlebih dahulu jika hendak melakukan prosedur ini.

Sebab, efek samping dari prosedur ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada wajah.

Hubungi Dokter Ini Sebelum Melakukan Chemical Peeling

Apabila kamu atau orang terdekat hendak melakukan chemical peeling, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc untuk berkonsultasi terkait cara, manfaat, dan efek samping dari prosedur tersebut.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter spesialis kulit di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E

Dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2007 dan 2015..

Saat ini, dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E sedang menjalani praktik di Manado, Sulawesi Utara. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 16 tahun, dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc sebelum kamu memutuskan chemical peeling.

Bukan cuma itu, ia juga dapat memberikan konsultasi seputar kulit sensitif, ruam kulit dan gigitan serangga, estetika, kulit anak dan bayi, serta masalah jerawat. 

Chat dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E dari Rp 60.000,- di Halodoc. 

Catat, Ini 5 Manfaat Prosedur Chemical Peeling untuk Kulit Berjerawat.

2. dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dokter Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2012 dan Universitas Udayana pada 2020. 

Ia kini berpraktik di Surabaya, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 11 tahun, dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara melakukan chemical peeling.

Ia juga bisa memberikan solusi terkait penyakit kelamin, kulit anak dan bayi, jerawat, ruam kulit dan gigitan serangga, serta estetika. 

Chat dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E mulai dari Rp 60.000,- di Halodoc. 

Setelah melakukan chemical peeling, Ini Pantangan untuk Cegah Efek Samping Chemical Peeling. 

3. dr. Halim Perdana Kusuma Sp.D.V.E

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Halim Perdana Kusuma Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatra Utara pada 2005 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2021. 

Dokter Halim Perdana Kusuma Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Kotabaru Gondokusuman, Yogyakarta, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 20 tahun yang ia miliki, dr. Halim Perdana Kusuma Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang chemical peeling.

Chat dr. Halim Perdana Kusuma Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Ardelia Dyah Ayu Puspita Sari Sp.D.V.E

Dokter kulit lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Ardelia Dyah Ayu Puspita Sari Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret pada 2019. 

Ia kini berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 15 tahun, dr. Ardelia Dyah Ayu Puspita Sari Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang manfaat chemical peeling.

Chat dr. Ardelia Dyah Ayu Puspita Sari Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi  dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar informasi lengkap chemical peeling.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis kulit yang bisa kamu hubungi jika hendak melakukan chemical peeling.

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Chemical Peel.
Healthline. Diakses pada 2024. What You Should Know About Chemical Peels.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Chemical Peels.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan