Idap Gejala Fibroadenoma? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2024

“Fibroadenoma bisa ditangani melalui tindakan pembedahan. Kamu bisa menghubungi dokter bedah di Halodoc terkait manfaat dan prosedur dari operasi pengangkatan fibroadenoma.”

Idap Gejala Fibroadenoma? Segera Hubungi Dokter IniIdap Gejala Fibroadenoma? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Apa Gejala Tumor Fibroadenoma?
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Tangani Fibroadenoma

Halodoc, Jakarta – Fibroadenoma merupakan salah satu jenis tumor jinak yang paling sering ditemukan pada payudara. Tumor ini punya ciri khas mudah bergerak saat disentuh. 

Pasalnya, fibroadenoma umumnya berbentuk padat dengan tekstur yang kenyal atau keras serta permukaan yang licin. Ukurannya dapat bervariasi dan bisa berubah-ubah, baik membesar maupun mengecil.

Banyak orang mengalami kesulitan membedakan antara fibroadenoma dan tumor kanker payudara. Perbedaannya, fibroadenoma tidak tumbuh seiring waktu dan tidak menyebar ke organ lain seperti halnya kanker payudara.

Apa Gejala Tumor Fibroadenoma?

Setiap pengidapnya kondisi ini dapat memiliki lebih dari satu fibroadenoma dengan ukuran yang bervariasi.

Ada fibroadenoma yang sangat kecil, yakni kurang lebih 8 milimeter sehingga tidak dapat dirasakan dengan tangan. 

Fibroadenoma jenis ini hanya dapat terlihat melalui USG atau mamografi.  Pada ukuran yang lebih besar, tumor ini umumnya menimbulkan tanda-tanda berikut: 

  • Benjolan tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Berbentuk bundar dengan tepi yang jelas.
  • Mudah digerakkan saat disentuh.
  • Benjolan bisa terasa kenyal atau agak keras.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, Apakah Fibroadenoma Termasuk Penyakit Berbahaya? Simak penjelasan melalui artikel tersebut.

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Tangani Fibroadenoma

Jika kamu atau orang terdekat butuh konsultasi dengan dokter bedah untuk mengatasi fibroadenoma, gunakan Halodoc saja. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Dokter-dokter ini juga telah mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Devid Ruru Sp.B

Dokter Devid Ruru Sp.B merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2010 dan 20189.

Saat ini, ia sedang menjalani praktik di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 14 tahun, dr. Devid Ruru Sp.B mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah untuk mengatasi fibroadenoma.

Chat dr. Devid Ruru Sp.B dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Julcrithno Irawan Sp.B

Pilihan dokter lain yang bisa dihubungi adalah dr. Julcrithno Irawan Sp.B. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2012 dan 2022.

Dokter Julcrithno Irawan Sp.B kini sedang menjalani praktik di Mamuju, Sulawesi Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Julcrithno Irawan Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang operasi pengangkatan fibroadenoma.

Chat dr. Julcrithno Irawan Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi selanjutnya, yaitu dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang tindakan bedah untuk menangani fibroadenoma.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Lantas, apakah Benjolan pada Payudara, Perlu Dioperasi? Ketahui penjelasan selengkapnya.

4. dr. Ngurah Rai Sp.B

Kamu juga dapat menghubungi dr. Ngurah Rai Sp.B yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2015 dan Universitas Udayana pada 2023.

Dokter  Ngurah Rai Sp.B saat ini berpraktik di Gianyar, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 10 tahun, dr. Ngurah Rai Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai prosedur bedah, termasuk untuk mengatasi fibroadenoma.

Chat dr. Ngurah Rai Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B

Dokter Srigunda Arisya Fadilla Sp.B merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2014 dan 2023.

Saat ini, ia sedang berpraktik di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 10 tahun, dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang pembedahan untuk menangani fibroadenoma.

Chat dr. Srigunda Arisya Fadilla Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis bedah yang bisa kamu hubungi untuk konsultasi terkait penanganan fibroadenoma melalui tindakan bedah.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Fibroadenoma of the breast: Symptoms, treatment, and complications.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Fibroadenoma.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan