Idap Balanitis? Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Agustus 2024

“Balanitis atau peradangan pada ujung kepala penis dapat ditandai dengan berbagai gejala, seperti gatal, nyeri, hingga pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan. Jika mengalaminya, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis urologi di Halodoc agar mendapat penanganan yang tepat.”

Idap Balanitis? Ini Dokter yang Bisa Bantu PerawatannyaIdap Balanitis? Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatannya

DAFTAR ISI

  1. Apa Saja Gejala Balanitis?
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Bantu Perawatan Balanitis
    1. dr. Adryansyah Can Sp.U
    2. dr. Ben Mantiri Sp.U
    3. dr. Ali Husein Sp.U

Halodoc, Jakarta – Salah satu masalah yang bisa terjadi pada area genital laki-laki yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan nyeri adalah balanitis. Gangguan ini terjadi pada ujung kepala penis (glans penis) yang mengalami peradangan karena infeksi atau hal lainnya.

Faktor utama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami balanitis adalah kebersihan pada area alat kelamin yang kurang terjaga, terlebih pada laki-laki yang belum dikhitan.

Sebab, kotoran atau smegma yang terbentuk di bawah kulup ujung penis yang tidak dikhitan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya balanitis.

Apa Saja Gejala Balanitis?

Balanitis atau peradangan pada ujung kepala penis ini secara umum menyebabkan gejala kemerahan pada area tersebut yang dapat atau tidak disertai oleh lepuhan.

Selain kemerahan, berikut beberapa gejala balanitis:

  • Munculnya rasa nyeri, sakit, dan terjadi iritasi di sekitar kepala penis.
  • Gatal pada kulit kepala penis.
  • Mengalami nyeri ketika buang air kecil.
  • Terjadi pembengkakan pada kepala penis.
  • Bau tidak sedap dari penis.
  • Adanya luka pada kepala penis.
  • Keluar cairan putih tebal di bawah kulup.
  • Mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan.

Jika gejala-gejala tersebut kamu alami, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sebab, berbagai gejala tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga memerlukan penanganan medis.

Hubungi Dokter Ini untuk Bantu Perawatan Balanitis

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala balanitis seperti di atas, segera hubungi dokter spesialis urologi di Halodoc.

Mereka bisa memberikan saran perawatan dan penanganan yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Selain itu, dokter spesialis urologi tersebut telah berpengalaman lebih dari 10 tahun serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter spesialis urologi di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Ben Mantiri Sp.U

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Ben Mantiri yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana pada 2011 dan Universitas Indonesia pada 2023.

Ia berpraktik di Jakarta Selatan, dan tergabung sebagai anggota Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) dengan nomor STR 3111106322134860.

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ben Mantiri Sp.U memberikan informasi melalui Halodoc seputar penanganan balanitis.

Chat dr. Ben Mantiri Sp.U mulai dari Rp 150.000,- di Halodoc. 

Fimosis merupakan salah satu faktor yang dapat membuat seseorang mengidap balanitis. Ketahui selengkapnya tentang Fimosis – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya.

2. dr. Adryansyah Can Sp.U

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Adryansyah Can Sp.U  yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada 2011 dan Universitas Indonesia pada 2022. 

Ia berpraktik di Palembang, Sumatera Selatan, dan tergabung sebagai anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dengan nomor STR 3111106323131947.

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Adryansyah Can Sp.U memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait pengobatan balanitis.

Chat dr. Adryansyah Can Sp.U mulai dari Rp 80.000,- di Halodoc.

3. dr. Ali Husein Sp.U

Kemudian, ada dr. Ali Husein Sp.U yang merupakan lulusan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2013 dan Universitas Indonesia pada 2022. 

Kini, ia berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dengan nomor STR FO00001019509466.

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Ali Husein Sp.U bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait gangguan balanitis.

Chat dr. Ali Husein Sp.U mulai dari Rp 80.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis urologi yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan balanitis. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2024. What Is Balanitis?

Drugs.com. Diakses pada 2024. Balanitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan