Ibu Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Busung Lapar pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Oktober 2022

“Ada beberapa cara yang dinilai efektif untuk mengatasi busung lapar. Mulai dari perubahan pola makan, pemberian suntikan vitamin, hingga mengatasi gejala yang mendasari, apabila disebabkan oleh kondisi medis tertentu.”

Ibu Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Busung Lapar pada AnakIbu Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Busung Lapar pada Anak

Halodoc, Jakarta – Di Indonesia, busung lapar diketahui masih menjadi momok menakutkan pada beberapa kawasan. Busung lapar atau malnutrisi edematous sendiri merupakan jenis gangguan gizi yang kerap menyerang anak-anak. Khususnya daerah yang minim bahan pangan, mengalami kekeringan, dan kemiskinan. Perlu diketahui bahwa kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan protein, pada makanan yang dikonsumsi. 

Selain itu, busung lapar juga diketahui menunjukkan beberapa gejala khas. Mulai dari penampilan yang sangat kurus pada semua bagian tubuh, dan perut yang membengkak dengan cairan. Kondisi ini tentunya tidak boleh disepelekan dan perlu segera diatasi. Namun, kira-kira bagaimana cara mengatasi busung lapar pada anak? Yuk, ketahui penjelasannya di sini! 

Cara Mengatasi Busung Lapar pada Anak

Busung lapar dapat diatasi dengan optimal, terutama jika pengobatan dimulai sedari dini. Nah, berikut adalah beberapa cara yang dinilai efektif untuk mengatasi busung lapar: 

1. Perubahan pola makan 

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi malnutrisi edematous pada anak adalah dengan melakukan perubahan pola makan. Biasanya, dokter akan merekomendasikan perubahan dalam diet anak, seperti menambahkan kalori, protein, atau vitamin dan mineral tertentu. Biasanya, anak mungkin terlebih dahulu diberi lebih banyak kalori dalam bentuk karbohidrat, gula, dan lemak. 

Setelah kalori ini memberikan energi, anak akan diberikan makanan dengan protein. Namun, hal ini dilakukan secara perlahan. Sebab, pengidap busung telah lama tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, sehingga tubuh mungkin perlu menyesuaikan dengan peningkatan asupan.

2. Suntikan vitamin 

Beberapa gangguan kesehatan diketahui dapat menyebabkan malanutrisi atau busung lapar. Salah satunya adalah penyakit pencernaan yang membuat anak tidak nafsu makan, atau tubuhnya mengalami hambatan untuk menyerap nutrisi dengan baik. Jika hal ini terjadi, maka dokter juga akan melakukan pendekatan lain untuk mengatasi busung lapar. 

Pendekatan lain tersebut dapat dilakukan melalui pemberian suntikan vitamin B12 dan D untuk memasukan nutrisi tersebut langsung ke tubuh. Khususnya jika anak tidak dapat meminumnya atau jika penyerapan nutrisi pada tubuh masih terganggu. 

3. Mengatasi gejala yang mendasari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebagian busung lapar diakibatkan oleh kondisi tertentu yang membuat anak menjadi mual atau sulit makan. Jika hal ini terjadi, dokter akan meresepkan pengobatan yang dapat meredakan gejala gangguan kesehatan yang mendasarinya. 

Sebagai contoh, memberikan obat mual apabila busung lapar disebabkan oleh masalah pencernaan yang bersifat kronis. Contoh lain, jika busung lapar disebabkan oleh kondisi gangguan mental, seperti depresi, maka dokter akan mengatasi kondisi yang mendasarinya terlebih dahulu. 

Komplikasi yang Perlu Diwaspadai

Meski ditangani dengan pengobatan, anak-anak yang mengidap busung lapar juga masih memiliki risiko mengalami komplikasi. Komplikasinya dapat berupa kemungkinan anak yang tidak dapat mencapai potensi pertumbuhan dan tinggi badan mereka secara penuh. 

Jika pengobatan tidak dilakukan sedari dini, seorang anak mungkin mengalami cacat fisik dan mental permanen. Sebab, kurangnya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh selama pertumbuhan, dapat berdampak pada perkembangan fisik dan kognitif anak. Lebih parahnya lagi, jika sama sekali tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan koma, syok, atau kematian.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi busung lapar pada anak. Mulai dari perubahan pola makan, pemberian suntikan vitamin, hingga mengatasi gejala yang mendasari, apabila busung lapar disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Karena itu, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan anak dan memastikan bahwa nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya terpenuhi dengan baik. 

Nah, selain dari pemberian makanan sehat bergizi seimbang, ibu juga dapat memberikan suplemen kesehatan. Jika saat ini ibu membutuhkannya, ibu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen kesehatan untuk anak, melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Kwashiorkor?
NHS. Diakses pada 2022. Malnutrition. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Malnutrition: What you need to know. 
Verywell Health. Diakses pada 2022. An Overview of Malnutrition. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan