Ibu, Ini Tips Memilih Daycare yang Tepat untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2022

“Daycare adalah fasilitas penitipan anak dengan ilmu dan aktivitas yang disesuaikan dengan usia Si Kecil. Adapun tips memilih tempat yang tepat, yakni meriset dan memastikan lingkungannya bersih serta aman.”

Ibu, Ini Tips Memilih Daycare yang Tepat untuk AnakIbu, Ini Tips Memilih Daycare yang Tepat untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Daycare adalah tempat penitipan anak dengan berbagai macam fasilitas. Di dalamnya terdapat tempat bermain, ruang tidur, ruangan khusus bayi, dapur dan loker penyimpanan barang.

Daycare kerap dipilih oleh orang tua yang bekerja dan tidak memiliki asisten rumah tangga. Staff guru dan nannies di sini terlatih mengasuh anak serta dapat menggantikan peran orang tua dalam mengurus Si Kecil.

Semua ilmu dan aktivitas yang tersedia di daycare disesuaikan dengan usia Si Kecil. Untuk memilih tempat yang tepat, ibu disarankan melakukan riset terlebih dulu. Pastikan lingkungannya bersih dan aman.

Tips Memilih Daycare untuk Si Kecil

1. Melakukan Riset

Pertama-tama, ibu bisa mencoba menanyakan pada orang-orang di sekitar. Jika mereka pernah menggunakannya, cari tahu pengalaman menitipkan anak di sana. Ibu juga bisa melakukan riset via website atau sosial media.

Pelajari setiap informasi yang ibu dapatkan. Kemudian, periksa secara langsung dengan mendatangi fasilitas tersebut. Pastikan informasi yang tertera sesuai dengan aslinya. Jika tidak sesuai, lanjutkan riset ke fasilitas lainnya.

2. Tanyakan Jumlah Pengasuh 

Idealnya, satu orang pengasuh mengurus 3 sampai 4 bayi atau balita. Untuk anak balita, satu orang pengasuh mampu mendampingi 6 hingga 9 anak.

Rasio tersebut memastikan bahwa anak mendapatkan perhatian yang cukup. Tujuannya guna mendukung perkembangan sosial dan emosionalnya. Ibu juga perlu memastikan bahwa pengasuh benar-benar telaten dalam mengawasi anak.

3. Kualitas Guru dan Pengasuh 

Di setiap daycare memiliki guru dan pengasuh. Mereka berasal dari tenaga profesional yang sudah mendapat pelatihan. Mereka juga telah memiliki keterampilan yang mumpuni guna mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

4. Lingkungan yang Aman dan Sehat 

Alangkah baiknya jika daycare yang ibu pilih memiliki kebijakan terkait dengan imunisasi, kesehatan anak dan perihal mengganti popok. Ibu juga perlu menanyakan bagaimana penanganan keselamatan anak dalam kondisi darurat.

Setelah semua sesuai, ibu juga perlu mempelajari informasi yang tertera dalam lembar kontrak kerja sebelum menandatanganinya. Ibu akan mendapatkan pelayanan sesuai yang tertuang di dalamnya.

5. Perhatikan Program Pembelajaran dan Pengembangan

Daycare yang baik harus memiliki ruang yang tertata dengan baik dan mainan yang sesuai dengan usia anak. Selain itu, tempat penitipan anak harus diisi oleh banyak kegiatan, seperti seni, musik, membaca atau bermain drama. 

Tak lupa dengan aktivitas membaca setidaknya dua kali sehari. Selebihnya, ibu bisa menyiapkan daftar pertanyaan yang kepada penyedia layanan guna mempelajari lebih lanjut tentang program dan cara merawat Si Kecil. 

6. Memiliki Visi Misi yang Sama dengan Orang Tua

Tips terakhir, yakni fasilitas penitipan anak memiliki visi dan misi yang sama dengan orang tua. Misalnya tentang pola asuh anak dan nilai-nilai tatakrama. Selebihnya, ibu bisa mengkomunikasikan program dengan fasilitas tersebut.

Guna menunjang kesehatan Si Kecil, ibu bisa memberinya suplemen yang diperlukan oleh tubuh. Caranya gampang, yakni download Halodoc dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2022. 8 Tips for Choosing Child Care.
What to Expect. Diakses pada 2022. Day Care 101: How to Choose the Best Day Care Facility for Your Family.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan