Ibu, Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Perlu Ada di Rumah

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juli 2024

"Penggunaan obat batuk anak perlu disesuaikan dengan jenis batuknya, misalnya batuk kering, berdahak, atau alergi. Beberapa rekomendasi obat batuk anak di antaranya Obat Batuk Cap Ibu & Anak, OBH Herbal Junior, OBH Tropica Plus Anak, Hecosan, hingga Herbakof yang dibeli di Halodoc.”

Ibu, Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Perlu Ada di RumahIbu, Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Perlu Ada di Rumah

DAFTAR ISI

Berbagai Rekomendasi Obat Batuk Anak


Halodoc, Jakarta – Batuk adalah kondisi yang umum terjadi pada anak, yang disebabkan oleh masalah infeksi saluran pernapasan, alergi, asma, sinusitis, refluks asam, hingga benda asing yang mengiritasi saluran napas. 

Nah, salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan memberikan obat batuk khusus anak. Obat batuk untuk anak tentunya memiliki formulasi yang berbeda dengan obat batuk dewasa. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik tubuh anak, serta sistem kekebalan tubuh mereka yang masih berkembang. 

Ibu sedang cari rekomendasi obat batuk untuk anak? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Berbagai Rekomendasi Obat Batuk Anak

Perlu diketahui, beberapa jenis obat batuk yang aman untuk orang dewasa, tak jarang memiliki efek yang lebih kuat pada anak-anak. Karena itu, penting untuk ibu memilih obat batuk khusus anak, yang sesuai dengan usia dan berat badannya.

Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Obat Batuk Cap Ibu & Anak Sirup 150 ml

Obat batuk untuk anak yang pertama ada Obat Batuk Cap Ibu dan Anak Sirup 150 ml. Ini merupakan obat herbal, yang bisa diberikan ke anak untuk membantu meredakan batuk berdahak, melegakan tenggorokan, serta memelihara kesehatan paru-parunya. 

Di dalamnya mengandung bahan herbal, salah satunya yakni Bulbus Fritillariae Cirrhosae (BFC) yang punya efek meredakan dahak, menurunkan demam, serta mengatasi penyakit lain yang berhubungan dengan batuk. 

Berikut dosis umum yang bisa diberikan pada anak: 

  • Anak usia di atas 12 tahun, 3 kali per hari, sebanyak 1 sendok takar (15 ml). 
  • Anak usia 7-12 tahun, 3 kali per hari, ⅔ sendok takar (10 ml). 
  • Anak usia 3-6 tahun, 3 kali sehari, ⅓ sendok takar (5 ml).

Obat ini disarankan untuk diberikan sesudah makan, caranya bisa dengan meminumnya secara langsung atau dicampur dengan air hangat. 

Kisaran harga: Rp59.600 per botol. 

Dapatkan Obat Batuk Cap Ibu & Anak Sirup 150 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. OBH Herbal Junior 30 Ml

Berikutnya ada OBH Herbal Junior 30 ml, yang bisa diberikan untuk mengatasi batuk pada anak. 

Di dalamnya mengandung bahan alami seperti jahe, jeruk nipis, hingga licorice yang dikenal bisa bantu meredakan batuk, terutama yang disebabkan karena masuk angin. Selain itu, kombinasi bahan herbal tersebut juga mampu memberikan efek hangat bagi tubuh anak, serta melegakan tenggorokan. 

Obat ini bisa diberikan untuk anak usia 6-12 tahun, 3 kali sehari, sebanyak 2 sendok takar (10 ml). Ibu bisa obat ini setelah anak makan. 

Kisaran harga: Rp12.000

Dapatkan OBH Herbal Junior 30 Ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. OBH Tropica Plus Anak Rasa Strawberry Sirup 60 Ml

Biasanya anak paling malas untuk minum obat, karena obat dikenal dengan rasanya yang pahit, sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut. Nah, salah satu cara yang bisa ibu lakukan agar anak mau minum obat, yakni dengan memilih obat batuk yang memiliki rasa familiar, salah satunya OBH Tropica Plus Anak Rasa Strawberry. 

Obat ini bisa bantu meredakan batuk yang disertai dengan gejala influenza seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin. 

Ibu bisa berikan obat ini dengan dosis sebagai berikut: 

  • Anak usia 2-5 tahun: 3 kali sehari, 1 sendok takar (5 ml). 
  • Anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari, 2 sendok takar (10 ml). 

Pada beberapa kondisi, obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti mengantuk, insomnia, gelisah, tremor, aritmia, mulut kering, hingga mual dan muntah. Jika muncul efek samping obat, segera periksakan anak ke dokter, ya. 

Rentang harga: Rp12.900 – Rp25.600 per botol.

Dapatkan OBH Tropica Plus Anak Rasa Strawberry Sirup 60 Ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hecosan Kids Herbal Cough Syrup 60 Ml

Selain tiga rekomendasi di atas, ibu bisa memilih Hecosan Kids Herbal Cough Syrup sebagai obat batuk anak. Ini merupakan obat batuk herbal yang tak hanya efektif melancarkan dahak, tapi juga bisa meredakan sakit tenggorokan pada anak.

Di dalamnya mengandung daun ribwort plantain, akar manis, daun ivy, dan madu, yang sudah sejak lama memiliki khasiat untuk meredakan batuk, termasuk pada anak. 

Kisaran harga: Rp31.300 per botol. 

Dapatkan Hecosan Kids Herbal Cough Syrup 60 Ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Herbakof Kids Sirup Rasa Jeruk 60 ml

Batuk pada anak terkadang dapat menyebabkan pernapasan terganggu dan memicu ketidaknyamanan pada anak. Nah, kandungan herbal alami dengan rasa jeruk dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan tersebut. 

Salah satunya ibu bisa berikan obat batuk Herbakof Kids Sirup Rasa Jeruk pada anak. Ini merupakan obat batuk herbal yang di dalamnya mengandung vitex trifolia folium, zingiber officinale rhizome, serta phaleria macrocarpa fructus. 

Obat ini bisa diberikan sesudah makan, dengan dosis 3 kali sehari sebanyak 5 ml, khusus untuk anak usia 2-12 tahun. Ibu harus menyimpan obat batuk ini dengan baik, di bawah suhu 30 derajat Celcius, agar kualitas obat tak mudah rusak. 

Rentang harga: Rp 11.800 – Rp 22.700 per botol.

Dapatkan Herbakof Kids Sirup Rasa Jeruk 60 Ml di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Hufagrip BP Anak Sirup 60 ml

Selanjutnya ada Hufagrip BP Anak Sirup 60 ml, yang mengandung chlorpheniramin maleat, pseudoefedrin, dan dextromethorphan HBr, yang bisa bantu meringankan batuk tidak berdahak serta pilek pada anak. 

Obat batuk anak ini bisa diberikan setelah makan, dengan dosis sebagai berikut: 

  • Anak di atas usia 12 tahun: 3 kali sehari, 2 sendok takar (10 ml). 
  • Anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari, 1 sendok takar (5 ml). 
  • Anak usia 2-6 tahun: 3 kali sehari, 0,5 sendok takar (2,5 ml). 
  • Anak di bawah usia 2 tahun: harus berdasarkan petunjuk dokter. 

Obat batuk ini tidak bisa diberikan pada orang yang memiliki darah tinggi berat, serta  sensitif terhadap obat simpatomimetik lain seperti efedrin, fenilefrin, dan fenilpropanolamin. 

Kisaran harga: Rp22.300 per botol.

Dapatkan Hufagrip BP Anak Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau)

Terakhir ada Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau) yang bisa jadi salah satu pilihan untuk mengatasi batuk pada anak. Di dalamnya mengandung triprolidine HCl 1.25 mg, pseudoephedrine HCI 30 mg, serta Guaiphenesin 100 mg. 

Berikut dosis umum penggunaan Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau): 

  • Anak-anak di atas usia 12 tahun: 3 x sehari, 1 sendok takar (5 ml). 
  • Anak usia 6-12 tahun: 3 x sehari, ½ sendok takar (2.5 ml). 

Obat batuk anak ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 6 tahun. Selain itu, ibu juga perlu mewaspadai sejumlah efek samping yang muncul seperti. Contohnya mengantuk, sakit kepala, insomnia, tremor, aritmia, mulut kering, kesulitan berkemih, serta jantung berdetak kencang. 

Kisaran harga: Rp69.800 per botol.

Dapatkan Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau) di Toko Kesehatan Halodoc.

Itu adalah rekomendasi obat batuk untuk anak yang bisa kamu dapatkan di  Toko Kesehatan Halodoc. Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

chat dokter anak

Cara Memilih Obat Batuk Anak

Lantas, bagaimana cara memilih obat yang aman dan nyaman untuk anak?

1. Konsultasikan dengan dokter

Sebelum memberikan obat pada anak, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter dapat memberikan diagnosis yang akurat dan merekomendasikan jenis obat yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan anak.

2. Pilih obat sesuai dengan jenis batuk anak

Ada beberapa jenis batuk yang sering terjadi pada anak, antara lain batuk kering, batuk berdahak, dan batuk alergi. Karena itu, pilihlah obat batuk yang tepat agar pengobatannya efektif.

3. Pilih obat yang mengandung bahan aktif yang tepat

Ada beberapa bahan aktif yang umum terdapat dalam obat batuk. Contohnya seperti dekstrometorfan, guaifenesin, atau bromheksin. Bahan aktif ini memiliki mekanisme kerja yang berbeda.

Misalnya, dekstrometorfan bertindak sebagai penghambat batuk, sementara guaifenesin membantu melonggarkan dahak. Pilihlah obat yang mengandung bahan aktif yang sesuai dengan jenis batuk anak.

4. Hindari obat kombinasi

Obat batuk kombinasi mengandung beberapa bahan aktif dalam satu produk. Namun, penggunaan obat kombinasi pada anak dapat meningkatkan risiko efek samping dan overdosis. Sebaiknya, gunakan obat batuk tunggal yang sesuai dengan kondisi anak.

5. Perhatikan efek samping

Setiap obat batuk memiliki potensi efek samping, meskipun jarang terjadi pada dosis yang direkomendasikan. Perhatikan efek samping yang mungkin timbul, seperti kantuk, mual, muntah, atau ruam kulit.

Jika anak mengalami reaksi alergi atau efek samping yang serius, segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan ke dokter di Halodoc.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Do cough medicines for children work?
U.S Food Drug & Administration. Diakses pada 2024. Should You Give Kids Medicine for Coughs and Colds?
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Cold medicines for kids: What’s the risk?
NIH. Diakses pada 2024. Bulbus Fritillariae Cirrhosae as a Respiratory Medicine. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan