Ibu, Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun bagi Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Maret 2022

“Minyak zaitun terkenal akan kandungan berbagai vitamin, antioksidan, dan lemak baik. Manfaat minyak zaitun bagi anak cukup banyak. Mulai dari mendukung perkembangan otak, menurunkan risiko obesitas, hingga meredakan gejala ADHD.”

Ibu, Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun bagi AnakIbu, Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun bagi Anak

Halodoc, Jakarta – Menggunakan minyak zaitun untuk makanan anak-anak bisa menjadi pilihan yang lebih sehat. Sebab, manfaat minyak zaitun untuk anak ternyata banyak sekali, lho. Yuk, simak pembahasannya!

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun bagi Anak

Berikut beberapa keuntungan sehat yang bisa didapatkan dari penggunaan minyak zaitun pada makanan anak:

  1. Sumber Vitamin untuk Kesehatan Anak
sumber vitamin

Anak-anak membutuhkan vitamin untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin. Termasuk vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B untuk perkembangan otak, vitamin D untuk kesehatan tulang, serta vitamin E.

  1. Menunjang Kesehatan Rambut dan Kulit
menunjang kesehatan rambut dan kulit

Sejumlah antioksidan terkandung dalam minyak zaitun, termasuk squalene. Antioksidan jenis ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit anak.

  1. Mengurangi Risiko Obesitas
mengurangi risiko obesitas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terbiasa mengonsumsi minyak zaitun cenderung tidak mengalami obesitas. Sebab, minyak zaitun mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh.

Salah satu penelitian yang membuktikan hal ini diterbitkan pada 2011 di European Journal of Endocrinology. Penelitian ini dilakukan terhadap 18 anak perempuan dan 74 anak laki-laki berusia 13–166 bulan.

  1. Mendukung Perkembangan Otak
mendukung perkembangan otak

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mendukung perkembangan otak anak. Hal ini karena minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3.

  1. Meredakan Gejala ADHD
meredakan gejala adhd

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD dapat membuat anak jadi kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut riset yang dilaporkan di jurnal Redox Report pada 2013, diungkapkan bahwa minyak zaitun dapat membantu anak-anak mengatasi gejala ADHD dengan lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan perkembangan anak. Selain minyak zaitun, penting juga untuk mengenalkan berbagai variasi makanan sehat lainnya pada anak.

Jika anak mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit, ya!

Referensi:
European Journal of Endocrinology. Diakses pada 2022. Children Whose Diet Contained Olive Oil Had a Lower Likelihood Of Increasing Their Body Mass Index Z-Score Over 1 Year.
Redox Report. Diakses pada 2022. The Effect Of Polyphenolic Extract From Pine Bark, Pycnogenol® On The Level Of Glutathione In Children Suffering From Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).
Moms Junction. Diakses pada 2022. 7 Amazing Benefits Of Olive Oil For Kids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan