Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Luka Lecet Anak agar Tidak Infeksi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2024

"Luka lecet pada anak perlu diatasi dengan cepat dan tepat agar tak menimbulkan infeksi. Caranya mulai dari membersihkan luka, menghentikan pendarahan, mengoleskan antiseptik, dan menutup luka untuk menghindari dari paparan kuman atau bakteri."

Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Luka Lecet Anak agar Tidak InfeksiIbu, Ini 5 Cara Mengatasi Luka Lecet Anak agar Tidak Infeksi

Halodoc, Jakarta – Memiliki anak yang aktif tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para ibu. Namun di sisi lain, anak yang aktif bermain juga lebih rentan untuk terluka. Tidak hanya itu, kebiasaan anak yang suka bereksplorasi juga dapat meningkatkan risiko luka lecet.

Kulit anak yang cenderung tipis masih sensitif sangat rentan terhadap gesekan, iritasi, maupun luka. Ditambah juga kurangnya koordinasi motorik anak yang menyebabkan anak sering terjatuh.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi luka lecet pada anak?

Cara Mengatasi Luka Lecet pada Anak

Setiap anak yang mengalami luka tentu akan mengalami rasa sakit yang berbeda dari yang ringan hingga yang terbilang parah. Nah, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat luka pada anak.

1. Tenangkan anak terlebih dahulu

Ketika mengalami luka lecet, tak jarang anak akan menangis. Penting bagi Ibu untuk menenangkan anak terlebih dahulu agar proses pengobatan selanjutnya tidak terganggu. Di sisi lain, menenangkan anak dengan cara memberikan emosi positif juga dapat membantu tumbuh kembang anak, lho!

2. Bersihkan luka

Sebelum membersihkan luka anak, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu untuk meminimalisir bakteri tangan berpindah ke tubuh anak melalui luka. Setelah itu, bersihkan luka secara perlahan dengan air mengalir atau larutan saline.

Kedua cairan tersebut baik untuk perawatan luka karena tidak menyebabkan iritasi yang sekiranya bisa merugikan jaringan tubuh. 

Mau tahu apa saja obat-obatan agar luka cepat kering? Baca di artikel ini: “Ini 5 Pilihan Obat Luka yang Ampuh untuk Keringkan dan Sembuhkan Luka”. 

3. Hentikan pendarahan

Apabila terjadi pendarahan pada anak, bersihkan darah yang muncul dan tekan bagian luka dengan menggunakan kain kasa secara perlahan. Apabila pendarahannya terus berlanjut, segera bawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat.

4. Oleskan antiseptik dan tutup luka 

Antiseptik berguna untuk membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Antiseptik yang dioleskan pada area sekitar luka dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen atau parasit yang dapat memicu infeksi. Contoh antiseptik yang umum digunakan untuk mengobati luka adalah betadine, dan alkohol 70 persen.

Setelah antiseptik dioleskan, jangan lupa untuk menutup luka agar bakteri dari luar tidak masuk. Penting juga untuk mengganti perban secara rutin untuk menghindari pembusukan pada luka.

5. Amati tanda-tanda infeksi

Terakhir, pantau terus kondisi anak setelah luka diobati. jika Ibu melihat tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, nyeri yang meningkat, atau keluar cairan kuning atau hijau dari luka, segera tanyakan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mengobati luka lecet pada anak. Ibu sebaiknya jangan melarang anak untuk terus bereksplorasi, ya! Namun, orang tua harus tetap waspada dan mengawasi anaknya ketika bermain. 

Masih bingung terkait dengan tempat beli obat yang praktis dan terpercaya? Cek Toko Kesehatan Halodoc untuk mendapatkan obat terbaik sesuai dengan kondisimu!

Referensi:
Optum. Diakses pada 2024. First-aid guide for kids: How to treat scrapes, cuts, minor burns, and more.
Verywell Family. Diakses pada 2024. Basic First Aid Tips for Kids All Parents Should Know

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan