Ibu Hamil Dilarang Minum Air Es? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Juni 2022

“Sebenarnya, boleh saja ibu hamil minum air es. Namun, pastikan es batunya higienis dan batasi konsumsi minuman manis, ya.”

Ibu Hamil Dilarang Minum Air Es? Ini FaktanyaIbu Hamil Dilarang Minum Air Es? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Tinggal di negara tropis seperti Indonesia tentu membuat ibu hamil rentan kegerahan dan ingin minum yang segar-segar. Namun, ada anggapan bahwa jika ibu hamil minum air es, akan berdampak buruk bagi janin. 

Salah satunya membuat janin lahir besar atau memiliki berat badan di atas normal. Apakah mitos ini benar? Yuk simak penjelasannya!

Boleh Saja Ibu Hamil Minum Air Es

Jika larangan minum air es saat hamil karena akan membuat bayi lahir besar, ini bisa dibilang hanya mitos. Sebab, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan sebab-akibat keduanya. 

Bayi yang lahir besar dapat disebabkan oleh banyak faktor lain. Seperti faktor genetik, masalah kesehatan yang dialami ibu, dan hal-hal lainnya. Bisa dipastikan bahwa minum air es saja tidak akan membuat bayi lahir dengan berat badan di atas normal. 

Minum air es saat cuaca sedang terik dapat membantu tubuh ibu hamil terasa segar dan terhidrasi. Kekurangan cairan atau dehidrasi justru dapat membahayakan ibu dan janin yang sedang tumbuh dalam kandungan. 

Pada dasarnya, baik air dingin maupun air biasa hampir tidak ada bedanya selain soal suhu. Pada ibu hamil, anjuran minum air setiap hari adalah sekitar 8 hingga 12 gelas (2 – 3 liter per hari).

Tetap Tidak Boleh Sembarangan

Meski boleh saja jika ibu hamil ingin minum air es, tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kebersihan es batu yang digunakan untuk mendinginkan air. 

Pastikan es batu yang digunakan higienis, dibuat dari air yang sudah dimasak, sehingga bebas dari kotoran, kuman, dan zat berbahaya. Setiap infeksi dan masalah kesehatan yang terjadi pada ibu hamil dapat memengaruhi janin.

Jadi, penting untuk hati-hati jika ibu hamil ingin minum air es. Hindari membeli es dari tempat yang tidak bisa dipastikan kebersihannya. Sebaiknya, buatlah es batu sendiri di rumah, dengan menggunakan air minum atau yang sudah direbus.

Selain kebersihan es batu, penting juga untuk memahami bahwa yang aman dikonsumsi adalah air putih dengan es. Tanpa tambahan pemanis. Jika yang dikonsumsi adalah minuman dingin yang manis, seperti soda, tentu lain cerita. 

Terlalu banyak mengonsumsi air es yang manis dapat menyebabkan banyak masalah pada ibu hamil dan janin. Inilah yang membuat bayi berpotensi lahir besar. Jadi, bukan es yang jadi masalah, melainkan gula. 

Melahirkan bayi besar dapat menyebabkan komplikasi seperti kebutuhan untuk operasi caesar dan kelahiran prematur. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mencermati asupan gula harian, termasuk dari minuman. 

Pilihan Minuman Sehat untuk Ibu Hamil

Jika ibu hamil ingin minum air es, pilihlah jenis minuman yang tepat. Tentunya, minuman utama yang wajib dan paling baik adalah air putih. Air sangat penting untuk kesehatan sel darah, serta untuk mencegah dehidrasi.

Selain air putih, beberapa minuman sehat lainnya yang bisa jadi pilihan:

  • Air kelapa. Ini adalah minuman isotonik alami, yang juga bermanfaat untuk mengisi kembali garam alami dalam tubuh. 
  • Air lemon. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi. Air lemon juga kaya akan vitamin C dan dapat membantu meredakan morning sickness.
  • Susu. Segelas susu sehari dapat membantu ibu hamil tetap sehat dan bugar. 
  • Jus buah. Kaya akan vitamin dan berbagai nutrisi penting untuk kehamilan. Sebaiknya buat sendiri jus buah tanpa gula, ya.

Nah, itulah pembahasan mengenai boleh tidaknya ibu hamil minum air es. Pastikan kebutuhan cairan tercukupi selama hamil. Jika mengalami keluhan kesehatan, segera download Halodoc untuk buat janji medis dengan dokter kandungan dengan mudah.

Referensi:
Pregnant. Diakses pada 2022. Pregnancy myths: No cold drinks or foods in the first trimester?
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Foods and Beverages to Avoid During Pregnancy – What Not to Eat.
Pregnancy Birth & Baby. Diakses pada 2022. Having a Large Baby.
Mom Junction. Diakses pada 2022. How Much Sugar In Pregnancy Is Too Much And Its Effects.
Mom Junction. Diakses pada 2022. 7 Healthy Beverages You Should Drink During Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan