Hati-Hati, Ini Bahaya Termakan Silica Gel bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2023

“Secara tidak sengaja memakan gel silika pengering seharusnya tidak membuat seseorang sakit. Meski begitu, hal ini tidak menjamin kalau mengonsumsi gel silika sepenuhnya tanpa risiko.”

Hati-Hati, Ini Bahaya Termakan Silica Gel bagi KesehatanHati-Hati, Ini Bahaya Termakan Silica Gel bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Silica gel atau gel silika merupakan drying agent atau zat pengering yang sering ditempatkan produsen dalam kemasan kecil. Tujuannya untuk menjaga kelembapan agar tidak merusak produk tertentu dalam kemasannya. Sebab, kelembapan diketahui dapat memancing pertumbuhan bakteri atau jamur yang dapat merusak produk atau makanan dalam kemasan. 

Silica gel biasanya tidak beracun, tetapi bisa menimbulkan bahaya jika tertelan, terutama untuk anak kecil. Karena alasan inilah, paket gel silika sering diberi label “jangan dimakan” karena risiko tersebut. 

Bahaya Termakan Silica Gel bagi Kesehatan

Mengingat usianya yang lugu dan penuh rasa penasaran, anak-anak dapat salah mengira gel silika sebagai makanan atau permen. Akibatnya, banyak kasus anak-anak malah memakan gel silika yang ada di dalam kemasan. Namun, tak hanya pada anak-anak, orang dewasa juga terkadang tanpa sengaja mengonsumsinya. Akibat salah mengira paket gel silika sebagai paket garam atau gula yang biasa ditemukan dalam makanan. 

Secara tidak sengaja memakan gel silika pengering seharusnya tidak membuat seseorang sakit. Sebab, silica gel bersifat inert secara kimiawi, yang berarti tidak akan rusak di dalam tubuh dan menyebabkan keracunan. Selain itu, sebagian besar silika gel akan melewati tubuh tanpa efek berbahaya. Meski begitu, hal ini tidak menjamin kalau mengonsumsi gel silika sepenuhnya tanpa risiko. Sebab, ada risiko tersedak khususnya bagi anak-anak yang tidak sengaja menelannya. 

Selain itu, jika tak sengaja dimakan dalam jumlah banyak, gel silika pengering dapat menyebabkan obstruksi usus. Inilah sebabnya mengapa produsen sering memberi label pada paket dengan “Jangan dimakan” atau “Dibuang setelah digunakan”.

Sementara itu, silica gel juga diketahui juga dapat mengandung komponen beracun pada kemasannya. Misalnya, kobalt klorida dan alkali kuat. Karena itu, penting untuk memeriksa gejala apapun, misalnya muntah dan sakit perut setelah kamu atau anak-anak tidak sengaja memakan gel silika. 

Hal yang Perlu Dilakukan jika Tak Sengaja Menelannya

Jika kamu atau Si Kecil secara tidak sengaja memakan silika gel, penting untuk minum air dalam jumlah yang banyak. Hal ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan membantu gel tersebut masuk ke perut sehingga cepat dicerna. 

Kemudian, pastikan untuk senantiasa memantau gejala apa pun yang mungkin muncul. Jika anak tersedak, segeralah cari pertolongan medis darurat dan lakukan manuver Heimlich dengan langkah berikut:

  • Duduk dan tempatkan anak dalam posisi telungkup menghadap ke bawah. Pastikan posisi tenggorokan Si Kecil lebih rendah dibandingkan dada.
  • Berikan dorongan menggunakan bagian bawah telapak tangan sebanyak lima kali.
  • Jika cara ini belum berhasil, ubah posisi anak agar menghadap ke atas atas dengan posisi tenggorokan masih lebih rendah dari dadanya.
  • Kemudian, tekan bagian dada menggunakan jari manis dan jari tengah dengan kuat.
  • Lakukan hal ini hingga anak batuk atau objek asing penyebab tersedak keluar dari tenggorokan.

Kapan Perlu ke Dokter?

Kamu perlu mencari perhatian medis jika kamu atau anak:

  • Silica gel yang tak sengaja tertelan memiliki manik-manik gel berwarna biru atau merah muda (dilapisi dengan kobalt klorida).
  • Kamu atau anak yang tak sengaja menelannya muntah berulang kali atau tidak bisa menahan makanan.
  • Mengalami sakit perut dan/atau tidak bisa buang angin atau buang air besar.
  • ‌Merasakan sakit perut dan ketidakmampuan untuk mengeluarkan gas atau tinja. Sebab, kondisi ini dapat mengindikasikan obstruksi usus, yang mungkin disebabkan oleh paket gel silika.

Itulah penjelasan mengenai bahaya tidak sengaja menelan silica gel. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar risiko ini atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What Happens If You Eat Silica Gel?
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Desiccant Silica Gel. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Heimlich Maneuver.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan