Hati-Hati, Ini 4 Bahaya Memberikan Makanan Basi pada Kucing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 Juli 2021
Hati-Hati, Ini 4 Bahaya Memberikan Makanan Basi pada KucingHati-Hati, Ini 4 Bahaya Memberikan Makanan Basi pada Kucing

“Memberikan makanan basi atau kedaluwarsa pada kucing bukan sebuah ide yang baik. Hal ini bisa memicu masalah pada tubuhnya, terutama pada sistem pencernaannya. Jangan heran bila kucing mengalami muntah atau diare ketika diberikan makanan basi.”

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya, terdapat cara menjaga kesehatan kucing peliharaan di rumah. Contohnya dengan menyediakan minuman dan makanan bergizi, memberikan tempat tinggal yang nyaman, menyediakan mainan untuk dirinya, hingga rutin mengajarkan bermain. 

Nah, menyoal makanan bergizi ini semestinya tidak boleh ditawar-tawar lagi. Kucing bisa mengalami berbagai masalah kesehatan bila dirinya kekurangan asupan gizi. Di samping itu, kamu juga mesti cermat dalam memilih makanan kucing. Pastikan makanan tersebut belum kedaluwarsa atau bahkan tidak basi.

Memangnya, apa sih bahaya memberikan makanan basi pada kucing?

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

Kenali Bahaya Memberikan Makanan Basi pada Kucing

Mulai dari masalah pencernaan hingga terkontaminasi bakteri dan jamur, kenali bahaya memberikan makanan basi pada kucing, yaitu: 

1. Masalah Pencernaan

Memberikan makanan basi pada kucing bisa menimbulkan masalah pada tubuhnya, salah satunya gangguan pada sistem pencernaan kucing. Makanan basi seperti daging atau makanan lainnya bisa menyebabkan diare, bahkan muntah yang parah pada kucing kesayanganmu.

2. Kekurangan Asupan Gizi

Meskipun kamu mungkin berpikir kucing dapat mengonsumsi makanan basi atau kedaluwarsa, seperti nenek moyang mereka yang hidup di alam liar, tapi hal dapat memicu masalah kesehatan bagi dirinya. Makanan kucing yang kedaluwarsa dapat memiliki banyak risiko, seperti kontaminasi, pembusukan, dan kehilangan nutrisi.

Makanan kucing yang telah kedaluwarsa atau basi tidak lagi memiliki kualitas nutrisi yang tinggi. Imbasnya, asupan gizi harian kucing bisa saja tidak terpenuhi, sehingga menimbulkan masalah kesehatan dan pertumbuhannya.

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

3. Kontaminasi Bakteri dan Jamur

Memberikan makanan basi pada kucing juga bisa membuat dirinya mengalami infeksi bakteri atau jamur. Ingat, makanan basi, kedaluwarsa, atau yang tidak disimpan dengan benar dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri.

Nah, kontaminasi bakteri dan jamur pada makanan basi ini bisa membuat kucing mengalami berbagai keluhan. Mulai dari mencet, muntah, hingga kelesuan pada kucing.

4. Ancaman Serangga dan Cacing

Belatung atau lalat pada makanan kucing yang sudah basi juga dapat membawa beberapa penyakit pada kucing kesayanganmu, dirimu, dan anggota keluarga lainnya yang ada di rumah.

Nah, agar makanan kucing tetap segar cobalah simpan makanan tersebut dengan benar. Pastikan makanan tersebut jauh dari ‘tamu-tamu’ yang tidak diinginkan, seperti hama, jamur, semut atau kecoak.

Sebaiknya simpan makanan kucing dalam keadaan tertutup dan simpan di tempat kering yang sejuk sampai siap digunakan. Contohnya seperti  lemari dapur, pantry, atau lemari utilitas yang berfungsi dengan baik.

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

Ingat, jangan sekali-kali memberikan makanan basi atau kedaluwarsa pada kucing kesayanganmu. Jenis makanan ini berpotensi terkontaminasi jamur, bakteri, belatung, atau serangga yang bisa menimbulkan penyakit pada kucing. 

Nah, andaikan kucing kesayanganmu mengalami berbagai masalah kesehatan akibat makanan kedaluwarsa atau basi, segeralah temui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa memeriksakan kucing kesayanganmu ke rumah sakit hewan terdekat melalui aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan?

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Cat Food Expiration Dates
Whiskas. Diakses pada 2021. Can cats eat old meat?
Excited Cats. Diakses pada 2021. Is It OK to Feed My Cat Expired Cat Food? What You Need to Know!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan