Hamil Tanpa Gejala, Ini Penjelasan Medisnya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Desember 2021
Hamil Tanpa Gejala, Ini Penjelasan MedisnyaHamil Tanpa Gejala, Ini Penjelasan Medisnya

“Tahukah kamu jika ada segelintir wanita yang tidak mengetahui kehamilannya karena gejala yang tidak muncul? Kondisi tersebut ternyata bisa disebabkan oleh gangguan fisik maupun psikologis, lo.”

Halodoc, Jakarta – Menurut studi yang dituangkan dalam Journal of Royal Society of Medicine, 1 dari 475 wanita tidak menyadari kehamilannya hingga 20 minggu, dan 1 dari 2.500 wanita baru mengetahui kehamilannya setelah melahirkan.

Sampai di sini, mungkin ibu sendiri bertanya-tanya, bagaimana bisa hamil tetapi tidak menyadarinya? Berikut ini beberapa contoh kondisi yang membuat seseorang tidak menyadari jika ia tengah hamil:

1. Takut Kehamilannya Ditolak

Penolakan sendiri merupakan mekanisme terkuat, yang memungkinkan seseorang berbicara dengan diri sendiri. Kondisi tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang melakukan hubungan intim sebelum menikah.

2. Perubahan Berat Badan

Pengurangan atau penambahan berat badan yang sering terjadi membuat seorang wanita tidak menyadari kehamilannya. Pada wanita gemuk, kehamilan cenderung membuat bentuk tubuhnya tidak berubah.

3. Gangguan Siklus Menstruasi

Gangguan menstruasi membuat wanita merasakan hamil tanpa gejala. Gangguan tersebut umumnya dipicu oleh stres, pengaruh obat tertentu, obesitas, atau PCOS. Telat atau tidak menstruasi pada beberapa orang tersebut menjadi hal biasa.

4. Tidak Merasakan Gerakan Bayi

Merasakan gerakan bayi menjadi salah satu tanda kehamilan. Jika tidak, kondisi tersebut membuat seorang wanita mengalami hamil tanpa gejala. Hal tersebut juga bisa menjadi pertanda jika plasenta berada di depan atau di luar rahim.

5. Alat Kontrasepsi

Mengonsumsi atau menggunakan alat kontrasepsi seringkali membuat wanita hamil tanpa gejala. Mereka menganggap telat menstruasi adalah hal yang biasa karena penggunaan kontrasepsi.

Untuk mengetahui kehamilan yang pasti, ibu bisa tanya dokter secara langsung melalui aplikasi Halodoc. Hal penting lainnya adalah kurangi stres agar kehamilan tetap terasa menyenangkan. Ibu juga bisa membaca informasi terkait kehamilan lainnya dengan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Grow by WebMD. Diakses pada 2021. Can You Be Pregnant and Not Know It?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan